vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Pengaruh sering mengganti template blog

Di dalam dunia ngeblog suatu tampilan yang menarik merupakan salah satu faktor yang membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama di blog kalian. Mengeluarkan uang agar bisa membeli tema atau tampilan blog agar menarik dan terlihat keren adalah suatu pilihan.

Pengaruh sering mengganti template blog

Padahal untuk tampilan blog seperti Blogspot dan Wordpress sudah di suguhkan secara geratis dan tidak perlu untuk banyak mengatur tata letak di dalam blog yang kita miliki.

Ada berbagai jenis template dan ribuan template di dunia internet yang dapat kita pakai, dari mulai yang gratis sampai premium, bahkan dari harga yang murah sampai yang termahal, tergantung dari selera para blogger itu sendiri.

Sebagai para blogger sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mengganti template, terlebih lagi bagi mereka yang tergolong masih pemula sama sekali. Sebagian besar dari mereka masih cenderung mengutamakan tampilan blog nya saja daripada kualitas konten atau artikel yang ada di dalamnya.

Pengaruh dan akibat dari sering mengganti template blog

Banyak sekali hal yang membuat para blogger memutuskan untuk mengganti templatenya dengan yang baru, alasannya karena template blog yang lama kurang responsive, mempunyai tampilan yang kurang nenarik, atau mungkin template yang digunakan tidak sesuai dengan niche blog dan masih banyak lagi hal-hal yang kemungkinan membuat para blogger memutuskan untuk mengganti templatenya.

Beberapa blogger lainnya pun pasti mempunyai jawabannya sendiri ketika ditanya kenapa mesti mengganti templatenya, dan tidak menutup kemungkinan sebagian faktor yang saya sebutkan di atas. Tetapi gimana jika sudah bosan? Apakah kalian pernah mengalami hal sperti ini?

Bagi seorang blogger pemula, memang sangat sensitif dengan mencari-cari template blog yang SEO dan responsive gratis, atau mungkin yang gratisan. Kalian tidak perlu menutupi hal ini, saya kira bukan hanya kalian dan saya sendiri pun melakukan hal macam ini.

Alasan kenapa mengganti template blog

Setiap blogger lovers pastinya mempunyai alasan tersendiri kenapa mesti mengganti template blog. Dan ini tentunya menjadi sebhah pertanyaan yang sangat unique menurut saya sendiri.

Karena pertanyaan seperti ini akan menghasilkan banyak jawaban yang berbeda-beda, tergantung bagaimana tujuan dari seorang blogger itu sendiri. Saya sendiri mempunyai berbagai jawaban yang akan saya sebutkan, ketika saya mendapati pertanyaan seperti di atas tersebut.

Dan terkadang inilah yang membuat saya merasa bingung, dan muncul rasa ingin mengganti tempilan blog kita dengan temabyang baru.

Menurut pelajaran yang saya dapat dari pengalaman belajar blogging atau terjun dalam dunia blog. Sebenarnya pertanyaan di atas tidaklah terlalu penting. Tetapi jika kalian mempertanyakannya, maka kalian bisa mendapatkan jawabannya di bawah ini, yang telah saya tulis dengan rinci.

Haruskah dan wajibkah mengganti template blog?

Seiring dengan majunya zaman dan semakin gampangnga mengakses internet. Dunia blogging otomatis akan semakin tumbuh dan semakin menjamur, karena banyak blogger baru atau pemula seperti saya yang mulai memiliki sebuah web atau blog sendiri.

Ada yang hanya sekedar menulis, ada yang cuman iseng-iseng saja atau bahkan demi kepentingan sebuah materi atau mencari suatu penghasilan. Mengganti template bukanlah hal yang asing lagi, karena hampir setiap blogger pasti pernah melakukannya. Namun jika mengganti template terlalu sering atau bahkan sampai berlebihan, ini kebiasaan yang mesti di pikirkan dan bisa jadi mesti segera di hentikan. Karena kalian telah melakukan beberapa kesalahan yang akan berakibat buruk pada blog kalian sendiri.

Inilah alasan wajib kenapa harus mengganti template blog

Mengganti template merupakan sebuah keharusan bagi beberapa blogger, jika template yang digunakan oleh para blogger:

  • Template blog banyak menyumbangkan error, terlebih dari struktural data Webmaster.
  • Template yang tidak Valid
  • Template tidak SEO
  • Template tidak Responsive
  • Template tidak Mobile Friendly
  • Template tidak Fast Loading

Jika template blog yang sedang digunakan oleh kalian para blogger mempunyau kriteria di atas, maka wajib mengganti template blog kalian.

Dan kalian para blogger lovers ingin terus dapat bersaing  dalam dunia blogging. Tetapi jika kalian masih baik dan tidak ada masalah, maka saya sarankan tidak perlu untuk terlalu sering mengganti template blog.

Dan mengganti template bukan hanya sekedar merubah tampilan blog saja. Tetapi kalian akan melepas dan memasang kembali beberapa struktur kode yang sifatnya penting yang telah tertanam pada kode HTML blog kalian.

Dan tentunya ini harus disiapkan terlebih dahulu. Menerapkan widget blog dan merapihkan kembali tempilan blog kalian supaya sesuai dengan template yang baru di pasang, dan tentunya akan memakan waktu yang yang tidak sedikit. Jika tidak, maka tampilan akan semakin berantakan.

Sehingga dalam meilih tenplate blog yang tepat di awal akan membuat blog kalian sangat terbantu untuk tetap konsisten dalam mengurus beberapa hal lain yang lebih penting. Maka putuskanlah di awal dalam memlih template blog kalian, seperti apakah tampilan yang akan di gunakan.

Akibat dan pengaruh mengganti template

Di awal saya pun tidak menyadari apa yang telah terjadi dengan blog saya, alasan pertama disebabkan oleh minimnya pengetahuan saya dalam dunia blogging. Saya menyadari bahwa saya masih blogger pemula yang cuman menulis dan sedikit wawasan tentang dunia blogging dan manfaat tentang CODING, CSS, JS, HTML dan yang lainnya.

Pada awalnya saya terjun kedalam dunia blogging hanya untuk menulis dan berbagi tentang apa yang saya ketahui, supaya bisa di berbagi informasi yang bermanfaat dengan para pembaca. Namun nyatanya, tidak semua artikel yang saya tulis mendapat respon yang baik oleh para pengunjung. Bahkan ada sama sekali tidak di baca oleh para pengunjung blog saya.

Ini bukan tetang masalah template, tapi disebabkan oleh waktu yang terbuang dengan sia-sia dikarenakan terlalu banyaj waktu yang saya pakai untuk memilih milih template blog yang ingin saya terapkan. Sehingga pada akhirnya saya tidak sempat menulis artikel atau postingan yang bisa saya publikasikan.

1. Traffic Blog Turun

Pernahkah kalian membandingkan dalam satu hari ada berapa pengunjung yang mampir pada blog kalian? Atau membandingkan saat ini memperolah pageview berapa? Meningkat atau turun? jika mengalami kejadian buruk dengan blog kalian mungkin salah satunya bisa disebabkan karena sering mengganti template dan mengotak-atik beberapa widget dan bongkar pasang kode HTML.

Efek dan akibat jika blog sering mengganti template

Jika kegiatan blogging kalian ingin mendapat peningkatan, maka kalian harus memperhatikan hal kecil seperti ini dengan sangat teliti dan cermat. Faktanya, sukses dalam dunia blogging kalian bisa ditentukan oleh hal di atas. Bukan dikarenakan template atau tampilan blog yang mungkin kurang profesional (pendapat anda sendiri).

Jika kalian mencari di internet, efek dari sering mengganti template, maka jawaban yang paling banyak ditemukan adalah traffic blog yang turun, ada yang eturun secara drastis bahkan parahnya lagi ada yanv tidak mendapag kunjungan sama sekali. Bagaimana, menakutkan bukan?

Kenapa hal seperti ini bisa terjadi? Silahkan kalian baca dengan pelan-pelan, nanti kalian akan mendapat jawabannya sendiri.

2. Blog Terlihat Tidak Profesional Dan Tidak Mempunyai Ciri Khas Sendiri

Masalah profesional atau bukan, itu tidak terletak tengang bagaimana kalian mengganti template blog, tetapi menurut saya adalah tengang bagaimana kalian membuat tampilan blog yang sederhana tapi mudah untuk digunakan dan tentunya fungsinya pun dapat memudahkan para pengunjung blog.

Fungsi sebuah widget bukan hanya menjadi sebuah penghias blog saja. Jika kalian hanya memilih untuk mempercantik tempilan blog, sedangkan kualitas konten artikel kalian di terlantarkan, bagaimana mau ada pengunjung yang datang? Pengunjung datang bukan karena melihat tampilan blog kalian yang keren atau cantik, tetapi karena kualitas konten yang sangat baik, mudah dimengerti dan dipelajari oleh para pengunjung blog kalian.

Dan begitu juga tentang sebuah menu navigasi, tombol share medsos, related post, back to top, dan beberapa widget lainnya bukan cuman sekedar penghias blog kalian, namun lebih tepatnya untuk membantu memudahkan para pengunjung blog untuk mengakses artikel kita, dan tidak terlepas dari beberapa fungsi yang lainnya.

Blog yang sering mengganti template itu tidak profesioanl, bahkan bisa saya katakan mereka tidak mempunyai pendirian yang kuat dan otomatis tidak mempunyai ciri khas nya tersendiri. Tentunya pendapat ini juga banyak di sebutkan oleh para blogger lainnya. Dan inilah yang menjadi suatu penyesalan tersendiri bagi saya pribadi  karena saya selama ini sering melakukan hal ini. Dan janganlah kalian mengikuti pengalaman seperti saya ini ya..

Jika kalian sering menganti template blog, maka pengunjung akan beranggapan bahwa kalian tidak mempunyau ciri khas dan dianggap tidak profesioanl, karena tidak mempunyai pendirian. Dan sampai disitu, mereka datang kembali karena para pengunjung berharap akan memperoleh informasi dan pelajaran baru. Tetapi setelah mereka datang, ternyata mereka tidak menemukan apa-apa. Inilah penyebab utama blog kalian menjadi sepi pengunjung.

3. Waktu yang terbuang sia-sia

Beberapa template blog sudah dibekali dengan beberapa fungsi yang berbeda-beda oleh para designer templatenya. Beda template, beda pula dengan fitur yang akan disuguhinya. Dan tentu itu semua sudah diperhitungkan oleh para pembuatnya.

Bukan hanya sekedar tampilan saja yang diutamakan oleh para desainer template, tetapi saya kira mereka sudah memperhitungkan bagaimana kegunaan dari template itu sendiri ketika digunakan oleh para blogger.

Rasa bosan dan iri dengan tampilan blog lain harus kita buang jauh-jauh. Para blogger pemula dan beberapa blogger lainnya juga pasti mempunyai perasaan seperti ini.

Pada zaman seperti sekarang ini, hampir semua template blog yang ada sudah menerapkan Meta Tag SEO, lebih responsive, menggunakan open Graph Sosmed, mempunyai fitur fast loading dan beberapa fitur lainnya yang banyak di cari oleh para pengguna template blogger. Kenapa? karena pada zaman modern seperti sekarang ini, dunia internet sudah hampir 50% dapat diakses oleh smartphone atau ponsel dan ada hampir jutaan user baru yang memulai membuat blog dan situs web. Sehingga secara tidak langsung para pengambang atau desainer template harus bisa menyesuaikan template yang mereka buat untuk bisa menyesuaikan perkembangan ini, dan memenuhi permintaan para blogger dan pemilik website yang ada dalam dunia internet.

Jika kalian terlalu lama mencari template blog yang SEO, responsive dan lain sebagainya atau terlalu sibuk memikirkan tampilan blog kalian dan hanya sibuk mengganti template blog, maka kapan waktu untuk kalian membuat sebuah artikel yang bisa dibaca oleb para visitor kalian?

Pengalaman saya, waktu yang dibutuhkan untuk memodifikasi template blog dan memperindah tampilan itu lebih lama daripada membuat satu buah tulisan artikel. Jika kalian tidak percaga silahkan saja kalian coba sendiri dan pelajari tentang hal ini. Ya, mungkin karena saya tidak mempunyai ilmu seputar dunia coding web. Jika kalian sama dengan saya, maka sudah dipastikan kalian juga mempunyai pendapat yang sama.

Rumus blogging:
Waktu = Uang
Membuang waktu = Membuang uang

Ini adalah rumus permainan adsense dan earning yang baik menurut saya, jika kalian ingin menghasilkan pendapat yang baik agau ingin cepat sukses dalam dunia blog. Maka kalian harus bisa mengatur waktu yang baik dan memanfaatkan waktu yang ada untuk membuat konten, belajar dan memperbaiki konten blog kalian. Jangan membuang waktu hanya untuk mengganti-ganti template dan hanya mengedit tampilan blog kalian.

Sukses dalam dunia blogging semuanya adalah tentang waktu, seiring dengan berjalannya waktu dan kesabaran serta ketekunan, akan membuat sebuah konten yang berkualitas. Maka waktu ini yang akan membuktikan jika kalian bisa menjadi blogger yang sukses dengan kegiatan bloggingnya.

Bukan cuman membuang waktu yang ada, tetapi kalian juga akan mengalami beberspa efek dan perubahan pada blog kalian. Silahkan kalian simak lagi tulisan dibawah ini.

Kenapa traffic blog bisa turun?

Para pengunjung bisa datang pada blog kalian jika mereka sedang mencari sumber informasi yang tepat, akurat, menarik, unik dan dapat dipercaya untuk membantu berbagai kebutuhan para pengunjung.

Pada dasarnya para pengunjung hanya mampir pada blog kalian karena mereka sedang mencari sebuah informasi, cara, petunjuk untuk dijadikan acuan mereka dalam melakukan berbagai hal yang terkait dengan kebutuhan mereka masing-masing. Sehingga sampai akhirnya ada sebagian para pengunjung blog atau web yang tertarik dan menyukai artikel kalian.

Kenapa ini bisa terjadi? karena mereka berpendapat bahwa konten kalian sangatlah unik, menarik dan dapat mereka terapkan atau dapat membantu mereka memecahkan beberapa masalah. Sehingga mereka akan kembali menjadi pembaca setia blog kalian.

Para pengunjung blog yang setia inilah yang akan selalu berkunjung dalam satu jam, satu hari, satu minggu, atau mungkin satu bulan. Dan bahkan mereka akan senantiasa menunggu konten baru yang akan kalian publikasikan.

Jika waktu yang seharusnya kalian gunakan untuk membuat sebuah konten yang bisa lebih bagus, lebih unik, lebih segar lagi, ternyata malah kalian gunakan hanya untuk mengoprek template kalian, mencari template, oprek-oprek widget, sibuk memasang dan mempercantik tampilan blog melalui tenplate. Maka bisa dibilang waktu kalian akan terbuang percuma, waktu yang seharusnya bisa menarik banyak pengunjung yang datang pada blog kalian, akhirnya terbengkalai begitu saja.

Dan tidak menutup kemungkinan juga para pengunjung setia kalian akan merasa kecewa dan pergj meninggalkan bloga kalian, karena setiap kali mereka berkunjung pada blog kalian, mereka tidak mendapatkan apapun. Hanya perubahan tampilan blog kalian saja yang dapat mereka lihat.

Dengan kejadian seperti ini, bisa dipastikan blog kalian akan mendapatkan penurunan traffic  secara drastis. Jika hal seperti ini sudah terjadi, maka sudah dipastikan kalian adalah seorang blogger yang bermain adsense, affiliate marketer dan periklanan lainnya, maka hal ini akan sangat mempengaruhi penghasilan blog kalian.

4. Dapat Merusak Kualitas SEO Dan SERP Blog

Pada dasarnya semua script dan kode penting blog yang berfungsi untuk meningkatkan hasil dari mesin pencari terdapat di dalam template HTML blog kita. jika kita sering mengganti template, maka sudah pasti ada beberapa kode yang terkadang lupa kita pasang kembali pada template blog yang baru.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, beda template maka beda pula susunan tag HTML nya. Ini disebabkan karena bagaimana desainer template blog itu sendiri dalam membuatnya.

Yang perlu kalian tahu ialah setiap kali mengganti template blog, maka akan butuh sekitar satu minggu untuk googlebot meng'Crawl kembali terhadap keberadaan konten dan blog kalian. Dan tentunya ini akan membuat blog kalian menjadi turun dama hasil penelusuran mesin pencari.

Dan dampaknya adalah traffic blog akan menurun baik secara signifikan dan yang lebih parahnya lagi akan turun drastis karena tidak ada visitor pada blog kita.

5. Blog berantakan

Bukan hanya mentata kembali tampilan blog agar lebih sesuai dengan template yang baru dipasang pada blog. Hal seperti ini akan menyita waktu yang mungkin tidak sedikit, jika kalian tidak mempunyai cara yang efektif untuk menerapkan template blog.

Blog dan struktur kode yang terdapag pada HTML nya pun akan sedikit berantakan, karena kita telah mengganti dan memasang kembali beberapa meta tag konten, open graph sosial media, widget, java script, kode CSS, dan beberapa kode penting yang mesti kita taruh dengan benar untuk mendapatkan fungsi yang terbaik pada template baru.

Dan ini juga bisa mempengaruhi beberapa hal yang terdapat pada blog kita, seperti Menurunkan SEO dan SERP blog, menurunkan traffic blog, menurunkan pendapatan blog dari adsense, para pengunjung setia blog akan pergi dari blog anda, beberapa CSS dan JS tidak berfungsi dengan baik.

Nah itu merupaka dari efek dan akibat jika sering mengganti template blog. Ini merupakan sebuah pengalaman pribadi dan pelajaran bagi saya, dan semoga pelajaran ini dapat diambil manfaatnya dan mempu menjadikan pelajaran bagi kita semua. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Saran saya:
Jika blog kalian sudah terindek dengan baik, dan mempunyai banyak pengunjung. Maka jangan sampai terlalu sering mengganti template blog, cukuplah untuk mengoprek bagian tertentu saja yang memang di butuhkan, jangan terlalu sering mencari template baru lalu mencoba masangnya secara keseluruhan. Cari template yang simpel saja dan mempunyai kriteria yang sudah ditetapkan.

Demikian artikel dari saya tentang  Akibat dari sering mengganti template blog dari pengalaman saya dulu. Jangan lupa berikan kritik dan masukan di dalam kolom komenta.. See you byee

Posting Komentar

Posting Komentar