vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara Menghilangkan pesan Error php Pada Codeigniter

Saat ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara menyembunyikan error pada codeigniter, dimana hal ini sangatlah penting bagi kalian yang sedang membangun suatu website saat dihosting maupun dilokal, mungkin disaat web sudah siap untuk di terbitkan namun kalian belum mengecek pada tiap-tiap page dan script controlles atau views ketika anda atau user sedang mengakses web dan terdapat debug atau tampilan pesan error pada script php yang dimana itu merupakan salah satu celah untuk seorang hacker untuk dapat meretas web kita dari error tersebut.

cara Menghilangkan pesan Error php

Cara Menghilangkan pesan Error php  pada Codeigniter


Kita biasa menyembunyikannya dengan menggunakan script default php yakni error_reporting(0); atau E_ALL & ~E_NOTICE namun pada framework codeigniter script tersebut sudah tersedia dan dibuat lebih mudah lagi untuk digunakan yakni dengan Handling Multiple Environments yang dimana kalian bisa mengatur kebutuhan project kalian. terdapat 3 handling yang bisa digunakan yakni :  
  • Development
  • Testing
  • Production
Development, dimana pada environments development ini biasanya digunakan pada saat kalian sedang membuat sebuah project yang masih dalam tahap pengembangan, sehingga setiap error maupun warning akan muncul untuk memberitahu kita bahwa ada yang salah dari script php yang kita buat, maka kita set environments menjadi development.

Testing, dari document user guide memang tidak dibahas tentang environments testing namun mungkin maksud nya environments testing ini kita bisa custom sendiri untuk handling environments.

Production, saat web kita sudah masuk kedalam tahap running atau publish maka kita bisa mengaktifkan environments production untuk menyembunyikan pesan error pada web kita saat sedang berjalan. 

Langkah-langkag untuk mengubah environments pada codeigniter adalah sebagai berikut.

  1. Buka folder project kalian.
    folder project codeigniter
  2. Lalu buka file index.php dengan menggunakan software editor kesayangan anda.
    index.php codeigniter
  3. Ubah environments development menjadi production untuk handling error pada web kita.
    environment developer

    handling error codeignoter
Selesai dan coba kalian testing pada web kalian, buatlah dengan sengaja sebuah kesalahan script php dan coba ubah environments antara production dan development.Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua..
Posting Komentar

Posting Komentar