vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Latihan tangan kiri gitar | Melatih penjarian

Melatih kemampuan jari tangan kiri

Melatih kemampuan jari tangan kiri Pada Gitar

Untuk para gitaris yang benar-benar ingin menguasai gitarnya, maka ia harus mengembangkan teknik yang memungkinkan dapat memainkan imajinasi suara apa pun yang ada dalam benak dan pikiran kita. Latihan penjarian yang konsisten harus dikembangkan, agar kita terbiasa beradaptasi dan melekat pada permainan gitar kita. Daripada kita memainkan suatu lick atau melodi dengan acak atau biasa di sebut dengan noodling, maka kita akan terbiasa dengan melakukannya secara tidak teratur

Di bagian "Teknik Dasar gitar", Latihan tangan kiri dapat meningkatkan kontrol jari, akurasi, dan kebebasan. Kemudian, fokuslah pada pemetikan senar silang secara bergantian. Setiap gerakan diisolasi, dianalisis, dipraktikkan secara terpisah, lalu digunakan saat bermain lick atau melodi.

Selanjutnya, dalam "Seni Latihan penjarian", Kamu akan belajar bagaimana metode berlatih yang paling efektif. Kamu akan belajar bagaimana menentukan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana merancang latihan Kamu sendiri untuk mengatasi kelemahan spesifik pada diri kamu sendiri. Kamu juga akan mempelajari beberapa teknik pelatihan yang berbeda untuk mencapai kejernihan suara, kontrol, dan kecepatan yang lebih baik. Bagian melodi yang berjudul "Bumblebee Flight" melengkapi bagian dasar dari semua ini dan memberi Kamu kesempatan untuk menerapkan teknik latihan ini.


chord aneh pada gitarSelanjutnya, "Membangun kecepetan tangan" ada beberapa  latihan yang dapat mengasah skill, urutan latihan penjarian yang akan membantu menjadikan jari lebih cepat dengan berfokus pada pola berulang tertentu. Terakhir adalah "Sweep Picking", berbagai teknik arpeggio dibahas secara mendetail.

Mekanisme gerakan praktis

Latihan adalah alat untuk meningkatkan keterampilan tertentu. Memungkinkan Kamu untuk fokus langsung pada suatu latihan, sehingga Kamu dapat mengembangkannya lebih cepat dan tentunya dengan suara yang bersih. Dengan mempraktikkan latihan tertentu dengan benar, Kamu dapat menyelesaikan latihan ini dalam beberapa minggu atau bulan, atau mungkin membutuhkan waktu sampai bertahun-tahun (tergantung dari pengembangan diri masing-masing.

Perlahan melatih tangan kiri pada gitar

Mainkan dengan kecepatan yang cukup lambat. Saat Kamu melatih jari Kamu untuk bergerak, jari Kamu akan bergerak. Jika Kamu berlatih seratus kali dengan cepat dan sembarangan atau kecepatan ngasal (tanpa ada tempo yang konsisten), jangan berharap seratus kali pertama latihan tiba-tiba menjadi bersih dan tepat. Akan tetapi, jika Kamu berlatih seratus kali dengan sempurna, Kamu harus yakin jika itu akan menghasilkan tone yang sempurna pada suatu saat nanti. Jika Kamu memainkan nada yang cukup lambat, Kamu mungkin dapat memainkan hampir semua kombinasi nada dengan tone dan tempo yang sempurna.

Jari yang berlatih perlahan (karena lebih akurat) akan lebih stabil dan percaya diri. Jari-jari yang hanya bergerak cepat tanpa tempo dan tone yang jelas akan sangat kehilangan kontrol, dan jika Kamu dalam keadaan grogi, maka jari kamu akan cenderung "membeku". Pertimbangkanlah soal kualitas dan bukan kuantitas.

Hindari gangguan men/tal

Jika Kamu begitu fokus sehingga Kamu mulai gugup, ketegangan dan kecemasan akan meningkat  "maka lakukanlah dengan benar". Tekanan semacam ini justru akan membuat Kamu melakukan lebih banyak kesalahan dan hanya akan menambah frustrasi. Tidak sedang terburu-buru. Pertahankan keseimbangan dan ritme yang mulus saat berlatih. Gerakan alami yang berkaitan dengan ritme berlawanan langsung dengan kekakuan jari, dan kekakuan lah yang menyebabkan keterbelakangan mental kita dalam bermain mental.

Berkonsentrasi pada tujuan latihan.

Sebab latihan dirancang untuk berfokus pada pengembangan keahlian tertentu, Kamu wajib menyadari latihan apa yang sedang di pelajari dan tujuan apa yang ingin dicapai, maka berkonsentrasilah pada saat berlatih.

Jangan menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk satu latihan.

Ibarat seorang atlet mulai mengangkat beban, upaya awal mulanya sangat meletihkan. Dengan istirahat, setelah itu olahraga kembali, setelah itu istirahat lagi, dan dilakukan berulang- ulang, maka seorang atlet akan menjadi lebih kuat. Sama halnya dengan kita dalam berlatih penjarian dalam bermain gitar.

Bila Kamu memainkan suatu berulang- ulang dengan waktu yang sangat lama, Kamu akan merasakan titik jenuh dan bosan, maak mood kita akan menjadi kurang baik. Hal terbaik adalaha dengan mengistirahatkan apa yang sudah Kamu kerjakan. Mainkan dahulu suatu yang berbeda, kemudian kembali lagi nanti, dan Kamu akan kaget betapa mudahnya latihan yang sudah kamu kerjakan itu.

Peringatan: Bila suatu menjadi menyakitkan untuk dicoba, jangan memaksanya dan wajib menghentikannya!

Karena itu bisa mengganggu otot serta tendon yang memerlukan waktu lama untuk sembuh.

Seperti seseorang atlet, pasti akan melakukan pemanasan dengan baik sebelum memulai latihan yang memerlukan banyak kekuatan atau peregangan.

Gerakan dasar jari dalam bermain gitar

Tehnik tangan kiri pada gitar

Posisi Jempol

Terdapat 2 posisi dasar buat tangan kiri: satu dengan ibu jari di balik leher, dan yang lain dengan ibu jari mengait di atas.

Posisi dengan ibu jari di balik leher dapat memberikan Kamu jangkauan yang lebih luas serta memudahkan jari- jari lebih terkendali secara menyeluruh.

Pakai posisi ini buat scale run ataupun intuk memainkan riff yang memerlukan regangan jari yang lebih lebar.

Posisi lain membolehkan lebih banyak kekuatan serta kontrol untuk membending senar.

Posisi fingering gitar
Gambar 1
Posisi ibu jari gitar
Gambar 2


Posisi Jari

Posisi jari dilambangkan dengan angka Romawi( I, II, III, IV, ete) serta mengacu pada fret yang dihuni oleh jari awal( tangan kiri).

Gerakan Jari

Berlatih meregangkan dan menggerakkan jari, dengan tahapan waktu yang mungkin cukup lama yang diperlukan untuk menggapai tujuannya.

Sebab dalam rumus fisika "jarak sama dengan waktu", jaga agar jari-jarimu senantiasa dekat dengan senar, melayang dekat separuh inci di dari setiap atas fretnya.

Singkirkan satu jari yang terlipat ke atas dikala Kamu melakukan teknik 'Hammer On' ataupun 'Pull Off'.

Sudah terlambat untuk membenarkan kesalahan sehabis itu tersusun.

Kamu wajib menghentikannya saat sebelum itu tersusun, bila Kamu mau memperbaikinya.

Bila Kamu tidak dapat dengan aman melindungi jari- jari Kamu senantiasa melayang dalam letaknya yang tidak goyah, sehingga Kamu memerlukan sangat banyak tekanan disaat bermain.

Maka Latihan ekstra ini Akan memperlambat pengembangan skill Kamu.

Latihan Kefasihan nada dan jari (sinkronisasi)

Tangan Kiri mengangkut jari tadinya dikala jari selanjutnya turun.

Ini hendak menolong meningkatkan tangan kiri yang lebih halus serta lebih mengalir, yang dapat membuat perpindahan posisi dalam aliran berjalan lebih natural dan halus.

( Menahan satu jari ataupun lebih pula ialah metode yang sangat universal serta hendak ditutup pula. Kamu akan dapat bermain 2 arah.)

Keakuratan Jari

Biasakan buat menempatkan tiap jari pas di balik batang fret dengan pas dan nyaman, tidak asal menempel di mana saja pada fretboard.

Ini memberikan penjarian tangan kirimu lebih banyak akurasi serta ketepatan.

Mainkan di ujung jari Kamu.

( Kamu masih bisa meletakkan jari- jari Kamu pada sudut yang lumayan buat menahan suara senar yang bersebelahan.) Terdapat pengecualian, namun secara universal, berlatih dengan ujung jari merupakan metode yang terbaik. 

Posting Komentar

Posting Komentar