vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Latihan Fingering Gitar Untuk Kebebasan Jari

Untuk latihan dasar tangan kiri, agar mempunyai power dan ketepatan yang maksimal bisa cek pada artikel disini

Latihan untuk kebebasan tiap Jari

Sejauh mana kebebasan masing-masing jari tangan kiri kita dapat membuat gerakan tanpa mempengaruhi jari-jari lainnya disebut "kebebasan jari". Dengan kebebasan jari yang lebih baik, maka tangan kiri kita akan merasa jauh lebih rileks dalam bermain gitar dan sebagai bonusnya maka pola nada baru akan muncul dengan sendirinya "di bawah jari Anda" lebih cepat dan tentunya harus dibarengi dengan sedikit latihan.

Memulai latihan gitar pada jari kiri

Setting ampli kalian untuk suara clean terlebih dahulu, diusahan jangan menggunakan efek yang terdistorsi sehingga kalian akan benar-benar dapat mendengar apa yang dilakukan pada masing-masing jari kalian, untuk ibu jari tangan kiri, tempatkan pada posisi "belakang leher ataun neck gitar". Sama seperti latihan lainnya, wajib berlatih dengan menggunakan tempo yang cukup lambat agar menghasilkan suara yang sempurna, dan rasakan ritme yang stabil tanpa ragu maupun terburu-buru. Kuncinya adalah mengasah akurasi dan kontrol, BUKAN KECEPATAN!

Berkonsentrasilah pada:
  • Menjaga jari-jari kalian agar selalu tetap dekat dengan senar.
  • Membiasakan posisi jari pada senar agar selalu tepat di belakang fret.
  • Bermain menggunakan ujung jari kalian.
  • Mengangkat setiap jari disaat jari berikutnya turun.
Lanjutkan melalui posisi atau kolom 5-6, 7-8, 9-10, lalu turun kembali

Gunakan urutan posisi yang sama seperti di atas untuk mempraktekan latihan di bawah ini:

Latihan Trill untuk melatih kebebasan tangan kiri

Trill merupakan dua nada yang dimainkan secara bergantian dan dimainkan dengan cepat. Pertahankan jari kalian ketika memainkan nada rendah berada di belakang fret. Agar suara senar yang tidak di inginkan hilang (biasanya tersentuk atau terpetik secara tidak sengaja) maka sentuh dengan ringan dan matikan senar yang berdekatan dengan jari kalian, sebagai contoh bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Garis miring (/) artinya mengulang kelompok nada sebelumnya pada satu bar.  Latihan ini menggunakan pola skala pentatonik yang ditunjukkan di bawah ini. Sebagai contoh di bawah saya memberi pola tangga nada dari scale A minor pentatotik
Dibawah ini merupakan tab untuk melatih kekuatan tangan kiri dalam trill pada scale A minor pentatonic
Naikkan pola satu posisi lebih tinggi lalu ulangi kembali skema dari latiham di atas.  Lanjutkan sampai pada ujung neck gitar sampai pada posisi A minor pentatonic dalam satu oktaf yang lebih tinggi (kolom 17 pada neck gitar ).

Latihan selanjutnya menggunakan variasi dalam trill. Jari pertama tetap berada di setiap tangga nada (namun, ada lebih dari dua nada dalam urutan).  Bereksperimenlah dengan pola trill yang berbeda dan lebih bervariasi lagi sesuai imajinasi anda atau bisa juga dengan menggunakan skala yang berbeda.
Latihan selanjutnya akan sangat menyiksa jari kalian! Tetapi ini sangat amat baik dalam mengembangkan ketergantungan dari setiap antar jari kita, ini sangat sulit bagi pemula yang setiap jarinya belum terbiasa. Berkonsentrasi dalam menjaga semua nada, agar setiap nada mempunyai akurasi,tone, volume suara dan tempo yang stabil.  Berlatihlah perlahan dan perlu untuk di ingat, jika terasa tangan kiri merasa sakit, maka segera  hentikan latihannya, karena pada tahap latihan ini akan sangat membutuhkan extra kerja keras


Ulangi pada senar 2, 3, 4, 5, dan 6. Kemudian pindah ke posisi kedua dan ulangi pada senar 6, 5, 4, 3, 2, dan 1.

Hammer On pada senar baru

Hammer-on juga dapat dimainkan pada senar tanpa terlebih dahulu memainkan not yang sebelumnya. Perhatikan suaranya, terdengar sangat begitu halus suara yang dihasilkannya. Coba jauhkan jari kalian ke bawah seperti pada gambar yang ditujukan di bawah ini.  Gunakan jari pertama kalian untuk mematikan suara dari senar yang berdekatan jika itu memang yang diperlukan.
Dibawah ini merupakan delapan pola dalam skala A minor; Belajar berimprovisasi fingering didalam posisi ini sesuai dengan scale yang di gunakan.
Latihan dibawah ini merupakan penggabungkan open string (senar terbuka/tidak di tekan dengan jari kiri). Kalian tidak harus memilih satu not atau nada. (Perhatikan bahwa nada pertama menggunakan tekhnik hammer-on, bukan dipetik.)


Latihan Sequence

Sebuah "Sequence" merupakan serangkaian lick melodi yang dilakukan secara berulang kali dengan identik, kecuali bahwa itu mungkin dimulai pada nada yang lebih rendah atau lebih tinggi.  Skala yang diurutkan dalam kelompok tiga (kembar tiga) dapat membuat latihan tangan kiri semakin sangat baik,

Perhatikan urutan yang digunakan dalam lick di bawah ini. Lick ini, menggabungkan mode Dorian dengan tangga nada "blues", merupakan tipikal atau ciri khas dari gaya permainan utama "West Coast" (yaitu George Lynch, Warren Di Martini.) Tangga nada "blues" merupakan tangga nada pentatonik minor dengan tambahan  nada ke-5. Modes Dorian seperti tangga nada minor, kecuali nada ke-6 dinaikkan setengah nada.

Bending senar untuk gitaris

Membending senar dan vibrato merupakan beberapa Skill yang amat sangat penting untuk dikuasai. Dalam latihan seperti contoh di bawah ini, mainkan nada pertama, lalu tekuk ke atas ke nada yang ditunjukkan. Setelah kalian mencapai nada yang sudah benar-benar dan tepat, tambahkan vibrato sebagai pemanis dalam sebuah lead.

(Vibrato adalah serangkaian bending pendek dan pelepasan yang dipusatkan pada nada tertentu. Setelah Anda membengkokkan senar ke nada yang tepat, lepaskan sedikit bending dan kemudian tekuk kembali ke nada yang tepat, ulangi lagi dan lagi, terus menerus sampai mendapat penijiwaan dari dalam diri kita sendiri. Untuk mencapai vibrato yang sangat halus, budayakan berlatih secara perlahan-lahan pada awal mencoba dan belajar) Latihan Membendinh Senar Untuk menekuk, gunakan posisi dengan ibu jari di atas leher bisa di lihat seperti pada pada gambar nomer 2 ini.


"Rolling" untuk Mengubah Senar

riff mungkin menggunakan dua nada yang terletak pada fret yang sama, tetapi berada pada senar yang berdekatan. Untuk memainkan ini, tanpa membiarkan nada-nadanya berdering bersama (seperti dalam akord), Kalian harus memutar jari kalian ke senar baru dan lepas dari senar sebelumnya tanpa mengangkatnya dari fretboard.  (Mengangkat jari kalian dari fretboard untuk mengganti senar akan membuat jeda singkat di antara not, tidak memungkinkannya terdengar lancar dan terhubung.) Mainkan yang pertama dengan ujung jari kalian, lalu tanpa mengangkat tekanan dari fretboard, gulingkan ke senar ketiga.  Jari pertama Kaliankemudian harus menahan senar keempat, menekan hanya senar ketiga. Rolling dengan setiap jari dengan cara yang sama.

Sebuah tanda bintang menandai setiap tempat untuk menggunakan teknik ini dalam riff berikut.
Okeh sekian dulu tulisan dari saya, latiham di atas sangat efektif jika dilakukan dengan benar, minimal dari semua latihan diatas di mulai dengan tempo yang sangat lambat dan secara bertahap bisa di tingkatkan sedikit demi sedikit, jika ada waktu next saya update lagi, semoga bermanfaat.
Posting Komentar

Posting Komentar