vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Melatih ritme pada gitar | Kemampuan ritme dalam bermain gitar

MELATIH RITME DALAM BERMAIN MUSIK (GITAR)

Perasaan yang kuat dan solid untuk melatih ritme gitar sangatlah penting. Ini merupakan sebuah fondasi tempat semua keterampilan kalian, dan tanpa pengaturan waktu yang baik, tidak ada yang akan terdengar sangat bagus. Sayangnya, bagi sebagian besar pemain gitar, ini merupakan suatu skill yang paling jarang dipraktikkan.

Seorang musisi mengatur suara dalam waktu. Irama, dalam pengertian yang paling umum, mengacu pada aspek musik sepanjang waktu. Kadang-kadang sesuatu dikatakan "berirama" ketika kualitas ritmenya sangat catchy dari adanya pengulangan, tetapi sebenarnya semua musik memiliki ritme, semua musik terdiri dari suara yang diatur dalam waktu.

Dalam arti yang lebih spesifik, "ritme" mengacu pada hubungan waktu tertentu yang digunakan dalam frasa tertentu. Dalam hal ini, ritme adalah urutan tertentu dari nada panjang dan pendek.

Ketika kalian mendengar ritme, maka kalian secara alami akan merasakan denyut nadi yang tampaknya berada "di bawah" ritme. Setiap kali kalian mengetuk kaki kalian (atau mungkin lebih tepat melakukan "headbang") saat kalian mendengarkan musik, kalian merasakan denyut nadi ini. Secara teknis, ini disebut meteran, lebih sering disebut sebagai "ketukan. Seringkali, ritme sesaat akan bertepatan dengan ketukan, kemudian bergerak berlawanan, dan kemudian bergabung kembali. Interaksi antara ritme dan irama ketukan ini yang mendasari adalah dasar musik rock itu, ditemukan di hampir setiap lagu.

Untuk bermain dengan baik (baik di bagian gitar utama atau yang disebut bagian gitar "ritme") kalian perlu mengembangkan kemampuan untuk merasakan ketukan (meter) di setiap saat. Bagaimana kalian bisa memainkan offbeat (not jatuh di antara ketukan) dengan sempurna pada waktunya, jika kalian tidak bisa merasakan di mana letak downbeatnya? Semakin baik kalian mempertahankan perasaan ketukan saat kalian bermain berlawanan dengannya, semakin baik dan akurat kalian maka ritme akan semakin menjadi. Ketika semua orang di band merasakannya, band akan menjadi kencang. Memiliki 'nyawa' yang baik dalam perasaan ketukan biasanya disebut berada di "alur."

Karena kebanyakan orang berorientasi visual, dan pola nada terlihat , mereka mendapatkan sebagian besar perhatian. Tetapi ritme layak mendapat perhatian waktu juga. Semakin baik kalian mempelajari notasi ritme, maka semakin baik kalian mampu memvisualisasikan ritme. kalian akan memahami hubungan khusus setiap not dengan ketukan, dan ini akan membantu kalian memainkan ritme dengan lebih baik, mempelajari ritme baru lebih cepat, mengingatnya dengan lebih baik, dan menciptakan ritme kalian sendiri dengan lebih cepat.

BAGAIMANA MELAKUKAN LATIHAN RITME PADA GITAR?

Sebagian besar gitaris dapat menyimpan irama dalam pikiran mereka saat mereka bermain, tetapi itu bukanlah metode yang dapat kalian untuk menjaga waktu. Seperti yang kalian ketahui, ketika kalian melakukan sesuatu yang kalian nikmati, maka waktu akan terasa berjalan lebih cepat daripada saat kalian bosan. Itu indikasi yang baik bahwa pikiran tidak bisa dipercaya dengan waktu. Saat kalian memainkan sesuatu yang mudah, kalian mungkin bisa mengingat waktu. Namun, ketika musik menjadi sulit, kalian harus lebih berkonsentrasi memainkan nada dan kalian tidak dapat menjaga kesadaran ritme yang sama.

kalian harus bisa merasakan alurnya alih-alih memikirkannya. Dalam latihan berikut, pastikan kalian mengetuk kaki kalian secara merata saat bermain. Sebenarnya, inti dari latihan ini adalah merasakan ketukan (ketukan kaki) pada saat yang sama saat kalian bermain melawannya. kalian sedang berlatih untuk merasakan dua hal yang berbeda sekaligus.

Latihan berikut menggunakan notasi ritme dengan tablature. 

Variasi 12 Bar Gitar blues

DELAPAN NOT DAN UPBEATS

Latihan 140 adalah perkembangan dari 12-bar yang umum. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan merasakan ketukan, dan pada saat yang sama merasakan ritme yang berbeda. Perasaan ketukan yang lebih dalam, datang dari dalam diri kalian, yang menggerakkan kaki dan tangan kalian. Cobalah untuk merasakannya di seluruh tubuh kalian. Tangan kalian, memainkan not kedelapan, harus bergerak dua kali kecepatan kaki kalian, yaitu mengetuk not seperempat. Mainkan semua downstroke, dan gunakan palm mute (tetapi angkat untuk akord beraksen). Ingat: jika kalian tidak mengetuk kaki kalian dengan ketukan, maka kalian tidak di anggap berlatih latihan ini.

Dalam Latihan 141, aksen jatuh pada ketukan empat (dari ketukan sebelumnya) dan diikat ke ketukan satu. Ini dikenal sebagai ritme styncopated. Perhatikan interaksi antara ketukan pelan dan akord beraksen. Jauhkan kaki kalian mengetuk downbeats. Saat kalian memainkan aksen, kaki kalian harus di udara (untuk upbeat). Berlatih bersama metronom.

Latihan 142 menggunakan beberapa ketukan dalam ukuran. Ulangi satu langkah pada satu waktu secara perlahan sampai kalian dapat mengetuk kaki kalian secara merata. Gunakan metronom pada berbagai kecepatan untuk semua latihan ini. Metronom adalah ujian yang baik tentang seberapa stabil ritme kalian sebenarnya,


CUT TIME RITME LAGU

Latihan 143 menggunakan ritme Latihan 141, tetapi memasukkannya ke dalam cut time. Cut time (C) berarti nilai waktu dari semua not terpotong menjadi dua. Not seperempat dimainkan sebagai seperdelapan, seperdelapan sebagai enam belas, dan seterusnya. Mainkan latihan seperti yang kalian lakukan untuk 141, tetapi ketuk kaki kalian hanya pada ketukan 1 dan 3.
Tentu saja, ini juga bisa ditulis dalam 1 langkah yang ditulis pertama kali dalam waktu yang ditentukan, kemudian hal yang sama ditulis dalam 1 waktu. waktu menggunakan not keenam belas. Di bawah, dua yang pertama
Berikut adalah variasi lain pada perkembangan 12-bar dalam cut time.

"Offbeats Ritme Gitar"

SIXTEENTH NOTE "OFFBEATS" PADA GITAR

Seiring ritme menjadi lebih kompleks, kunci pengaturan waktu yang baik terletak pada kemampuan untuk merasakan semua subdivisi ketukan, bahkan yang tidak kalian mainkan. Pada titik ini, kalian harus memiliki pegangan yang baik pada subdivisi nada kedelapan (downbeats dan upbeats). Saat ketukan dibagi menjadi empat bagian (nada keenam belas), ketukan pelan jatuh pada nada keenam belas pertama, sedangkan nada optimis jatuh pada nada ketiga.
Sekarang, kalian dapat melatih aksen pada not keenam belas yang lebih sulit "offbeats" - not keenam belas kedua dan keempat.

Latihan di bawah ini akan membantu kalian merasakan "keanehan" ini. Latihan 145 menekankan keenam belas keempat., Latihan 146 menambahkan hentakan ketukan dua. Kemudian Latihan 147 menambahkan seperenam belas kedua dari ketukan tiga dan ketukan bawah dan ketukan empat. Saat nada tanpa aksen ditinggalkan, kalian memiliki ritme yang ditunjukkan pada Latihan 148.

Ritme di atas sangat umum. Dengarkan trek gitar ritme setelah solo di "Stairway to Heaven" Led Zepplin untuk contoh klasik. Latihan 149, 150, dan 151 mirip dengan latihan di atas, tetapi hanya menggunakan nada pada satu senar.


Berikut adalah beberapa riff berdasarkan ritme ini.

TRIPLET "OFFBEATS" RITME GITAR

Pertama, mainkan Latihan 154 untuk memahami ritme triplet.

Latihan 155 dan 156 membangun ritme "tidak biasa" dalam triplet. Kemudian Latihan 157 menghilangkan nada tanpa aksen.


Ritme ini adalah tiga nada yang berjarak sama dalam dua ketukan. Jika kita membiarkan nada berbunyi alih-alih memainkan istirahat, kita memiliki triplet seperempat nada:


LATIHAN PENGURUTAN IRAMA

Irama Teknik lain untuk membantu kalian memahami berbagai irama adalah "pengurutan berirama". Artinya, kalian memainkan urutan, tetapi kalian memainkannya dalam pengelompokan berirama yang berbeda dari pola nada yang disarankan.Misalnya, Latihan 159 menggunakan urutan dalam kelompok empat nada yang dimainkan di atas ritme triplet. Dengarkan kasetnya dan perhatikan nuansa ritmisnya.


Latihan 160 menggunakan urutan dalam kelompok enam, dimainkan lebih dari enam belas not.

Dalam latihan berikut, pertama-tama mainkan not dalam pengelompokan alaminya, seperti di atas.  Kemudian cobalah dengan waktu yang tertulis.  Teknik ini dapat diterapkan pada hampir semua latihan agar lebih menarik untuk dimainkan.


KASUS KHUSUS DALAM SEBUAH LATIHAN GITAR

Dalam Latihan 163, sebuah triplet dimainkan pada setiap triplet not seperempat, membuat total sembilan not secara merata dengan jarak 9,8 dalam dua ketukan.  Hal ini dapat ditulis seperti ini;

tapi rasakan iramanya seperti ini;
Pasa Latihan 164 bahkan lebih menantang. Pertama, ritme yang mirip dengan 148 ditampilkan. Pada lick kedua, ritme ini diambil, tetapi di setiap ruang dari tiga nada keenam belas yang diikat ada empat nada yang berjarak sama! Ukuran pertama ada hanya untuk membuat Anda merasakan subdivisi not keenam belas sehingga Anda akan dipukul dengan efek penuh dari ritme baru ini.  Kedengarannya seolah-olah semua nada hanya dijejalkan di sana, tetapi entah bagaimana mereka masuk akal dan keluar pada waktu yang tepat!


Latihan 165 perubahan antara triplet dan not keenam belas. Pastikan untuk menggunakan metronom saat kalian mempraktikkan teknik ini.


Irama Lainnya Pada Latihan Ritme Gitar

Gitar Rhythm SHUFFLE

Irama swing atau shuffle umum untuk rock "blues" dan "blues-oriented", tetapi tidak terbatas hanya pada beberapa gaya itu saja. Banyak lagu oleh Stevie Ray Vaughan menggunakan ritme acak, tetapi begitu juga "Satch Boogie" oleh Joe Satriani, "I'm the One" dan "Beautiful Girls" oleh Van Halen, dan "Smokin" oleh Boston, hanya untuk beberapa nama.

Dalam ritme shuffle, upbeat jatuh pada nada ke-3 dari triplet, bukannya tepat di tengah-tengah antara downbeat (seperti dalam ritme nada kedelapan lurus).

Simbol digunakan di awal nada untuk menunjukkan ritme acak .jadi, setiap kali Anda melihat ini di lagu , mainkan seperti ini 

Berlatih Latihan 166 untuk merasakan ritme acak. Latihan 167 menggunakan ritme ini dalam frasa yang lebih panjang. Pastikan pilihan kalian benar atau akan lebih sulit untuk merasakannya.


6/8 TIME RITHME GITAR

6/8 waktu adalah satu meter yang kadang-kadang digunakan dalam heavy metal yang "dipengaruhi secara klasik". Dalam tanda waktu ini, ada enam ketukan dengan nada kedelapan yang menerima satu ketukan:
Berikut adalah versi "cut time" yang lebih umum dimainkan dari 8 dengan hanya dua ketukan:
Ketika nada keenam belas dimainkan di meteran ini, ada enam ketukan 'per  mengalahkan'
Dengarkan contoh-contoh berikut dan perhatikan baik-baik cara pemetikannya.

Bagian awal Caprice ke-10 oleh Niccolo Paganini (1782-1845) menggunakan nada anggun dan getar dalam 6/8 ketukan, membuatnya sangat menantang secara ritmis (dan juga mekanis).  Pertama pergi ke latihan persiapan di bawah ini.

Latihan 170 memperkenalkan "grace note", yang merupakan nada pendek dan cepat, dimainkan dalam waktu yang dicuri dari nada sebelumnya.


Dalam Latihan 171, tidak ada banyak waktu untuk "mencuri" dari not sebelumnya karena hanya seperenam belas. "Squeeze" not yang terbaik yang kalian bisa. Idealnya, ketukan seharusnya dilakukan dengan baik, jika memang ada sedikit keraguan wajar saja tetapi jangan mengorbankan artikulasi demi sebuah kecepatan.


Latihan 172 memperkenalkan getaran. Pertama, ketukan dimainkan tanpa getaran. Biasakan ritme ini sebelum Anda mencoba menambahkan getaran. Perhatikan bahwa getarannya menggunakan semua palu dan tarikan. Jadi pemetikan kalian tidak akan berubah saat kalian menambahkan getarannya. Berkonsentrasilah untuk menjaga agar pilihan kalian tetap sama dan itu akan membantu ritme kalian.


"Caprices No. 10"

(Beginning Section)

Niccolo Paganini (1782-1845)

Posting Komentar

Posting Komentar