vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Efektifitas latihan gitar | seni gitar tingkat lanjutan

Efektifitas dalam melatih Picking Pada Gitar

Tentang seni dalam latihan gitar yang efektif

Pada bagian terakhir kalian mempelajari dan mempraktikkan serangkaian latihan untuk membantu kalian mengembangkan dasar terbaik dalam Teknik gitar. Ini merupakan tahap pertama kalian dalam memahami keterampilan dasar yang harus kalian kuasai, dan bagaimana usaha kalian dalam mencapainya. Namun, pada titik tertentu kalian mungkin harus meninggalkan sebagian besar latihan ini.

Seperti ibarat kata, "Tidak ada dua orang yang persis sama, sekalipun itu kembar". Masing-masing dari kita memiliki kelebihan dan kekurangan kita sendiri.  Dan juga masing-masing orang tentu memiliki selera musiknya sendiri. Oleh karena itu kita akan belajar frase yang berbeda, dan ketika kita membuat musik kita sendiri, masing-masing dari kita akan bermain secara berbeda sesuai penjiwaan yang kita punya. Seharusnya jelas bahwa jika kita masing-masing memainkan hal yang berbeda, maka tentu diri kita masing-masing akan membutuhkan serangkaian latihan untuk kita sendiri. Belajarlah menemukan titik dari inti masalah kita sendiri, lalu menganalisisnya, dan kemudian merancang latihan untuk memperbaikinya merupakan salah satu hal terpenting untuk dipelajari. Lalu dalam kata lain, kita akan menjadi guru bagi diri kita sendiri.

Cara berlatih dengan cara yang efektif merupakan hal terpenting yang harus kalian pelajari. Sistem teknik latihan ini mengajarkan kalian hal itu. Gunakan kapan pun kalian ingin memainkan sesuatu yang lebih cepat atau lebih baik. kalian akan belajar membuat latihan sendiri untuk mengatasi setiap kesulitan yang menghalangi kalian dan musik yang menjadi sumber inspirasi kalian. Tidak ada dua gitaris yang menyelesaikan latihan yang sama persis. Buatlah tujuan kalian untuk mengetahui apa yang kalian butuhkan untuk dapat melakukannya dengan lebih baik, dan rancang sistem latihan kalian sendiri untuk membantu kalian melakukannya.

Pada bagian ini kalian akan mempelajari sistem lengkap untuk latihan yang efektif termasuk cara menganalisis musik untuk titik-titik masalah dan cara membuat variasi dan juga latihan untuk mengatasi masalah tersebut. Kemudian kalian dapat berhenti untuk membuat kesalahan yang sama dan berulang-ulang agar ilmu yang kalian dapat benar-benar meningkat.

Beberapa teknkk latihan gitar

Teknik-teknik yang saya berikan di bawah dapat membentuk sistem latihan yang lengkap. Masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda, memberi kalian segudang "ilmu" untuk berperang, bahkan pada beagian-yang sulit. Latihan dibawah ini bekerja dengan sangat baik jika diterapkan sesuai urutan dibawah ini. Namun, setelah kalian menguasainya, kalian dapat menggunakannya secara terpisah saat kalian merasa perlu mengerjakan hanya satu aspek musik.

Tujuan dari latihan ini adalah:

  • Pisahkan Kesulitannya
  • Buat Variasi
  • Waktu Transisi
  • Dinamika
  • Berlatih dengan semangat

Untuk menunjukkan kepada kalian bagaimana teknik latihan ini bekerja, masing-masing teknik ini diterapkan pada tema "The Flight of the Bumblebee," yang ditunjukkan di bawah (seluruh bagian mengunakan bagian ini). Pertama-tama luangkan beberapa menit untuk mempelajari ke mana jari-jari kalian seharusnya akan berpindah.

Mengisolasi kesulitan 

Mengisolasi kesulitan berarti tidak hanya menemukan bagian musik atau lick yang paling sulit, tetapi juga harus tahu mengapa hal itu sulit.  Pergi ke bagian yang perlu kalian tingkatkan dan "pisahkan tangan." Kedua tangan kiri dan kanan kalian masing-masing harus mampu melakukan bagian ini tanpa ada bantuan dari tangan yang lainnya. (Satu tangan dapat membantu untuk melakuan tekhnik "Pull-off", dan pasti tangan yang lain melalui bagian yang sulit.)

Kesulitan Mulailah dengan nada yang menyinggung dan latih hanya bagian tangan kiri dengan hanya mengggunaknpan tekhnik hammer-on dan pull-off.  (Untuk contoh dibawah ini, asumsikan bahwa bagian ini adalah yang paling sulit.) Kemudian tambahkan not di kedua arah.

Kemudian lihat picking tangan kanan. Pertama, kalian harus memastikan bahwa kalian melakukan gerakan memetik yang benar secara konsisten dan stabil. Temukan beberapa nada kunci dan tentukan apakah itu akan menjadi nada turun atau naik. Saat kalian bermain dengan tempo yang lambat, perhatikan diri kalian terutama pada nada-nada ini untuk memastikan pilihan memetik dengan tangan kanan kalian sudah benar.

Perhatikan jenis gerakan memetik apa yang kalian gunakan. Apakah kalian mengarah ke string baru dengan gaya ke bawah atau ke atas? Memilih petikan di dalam atau di luar? Jika mekanisme pengambilan senar silang, tentu saja akan menahan kalian, analisis yang mana dan latihlah.
Sekarang, kumpulkan semuanya mulai dari bagian yang sulit dan bangun pada kedua arah.

Buat Variasi

Pada halaman sebelumnya, kalian telah menganalisis tentnag apa gerakan tangan kiri dan kanan yang dirasa sulit. Sekarang, manfaatkan pengetahuan ini dengan membuat variasi yang bahkan akan merasa lebih sukit. Buat latihan kalian sendiri untuk mengatasi masalah yang lebih spesifik pada diri kalian. Kemudian kalian dapat berlatih teknik yang sama secada berulang kali, tetapi kalian akan memainkan bagian musik yang berbeda.  Dengan sedikit kreativitas, kalian dapat berlatih satu teknik saja mungkin sampai beberapa jam, dan sampai benar-benar dirasa sudah berhasil.

Misalnya, masalah tangan kiri yang kita lihat sebelumnya disebabkan oleh kurangnya kemandirian antara jari ketiga dan keempat tangan kita. Khususnya, mengangkat jari keempat ke senar baru langsung setelah jari ketiga membuat nada.  Buatlah latihan yang membuat kalian melakukan ini atau yang membuat kalian melakukan versi yang lebih sulit lagi. (tambahkan senar baru di antara dua nada sulit itu, atau ulangi dua kali sebelum melanjutkan ke nada berikutnya.) Kemudian, keluarkan metronom Anda dan mulai bekerja!

Beberapa latihan untuk mengatasi masalah tangan kiri ini mungkin termasuk:


Masalah tangan kanan adalah gerakan memetik senar yang mengarah dengan pukulan ke atas pada setiap perpindahan ke senar baru yang akan dipetik. Analisis gerakan memetik dan buat latihan yang memiliki gerakan memetik yang sama, tetapi gunakan pola not dan scale yang berbeda pada panjarian tangan kiri kalian. Di bawah ini, kesulitan memetik diisolasi, diikuti oleh variasi yang menggabungkannya,


Ketukan terakhir dari segmen dari "Penerbangan" menggunakan pukulan ke bawah untuk mengarah ke senar yang lebih tinggi. Jika ini sulit bagi kalian, berikut adalah beberapa latihan untuk membantunya.
Lihat apa yang bisa kalian hasilkan, Cobalah untuk sekreatif mungkin dalam bermusik sambil tetap mempertahankan esensi suatu latihan. kalian dapat membuat beberapa hal yang sangat bagus untuk digunakan sebagai lick atau melodi karya diri sendiri!

Waktu Transisi

"Waktu transisi antar nada" mengacu pada sinkronisasi tangan kiri dan kanan kalian, yaitu seberapa baik keduanya dalam bekerja sama. Semakin baik sinkronisasi kalian, maka akan semakin cepat dalam bermain dengan lancar dan tentunya dengan nada jelas.

Jika kalian mengambil kecepatan tinggi tentang diri kalian yang memainkan sesuatu dengan cepat dan melihatnya dengan sangat lambat, kalian akan menemukan bahwa untuk setiap nada, pilihan kalian di hammer-on terlebih dahulu laku diikuti oleh jari yang lainnya atau sebaliknya. Diagram di bawah menunjukkan empat nada yang dimainkan. Area terbuka menunjukkan waktu membunyikan not yang sebenarnya, sedangkan area yang diarsir menunjukkan jumlah "waktu transisi" di antara not (yaitu, "noise," atau tidak adanya nada yang jelas).

Saat kalian bermain dengan tempo yang lebih cepat, nadanya lebih pendek, tetapi waktu transisinya tetap sama. Hasilnya yang terdengar adalah berombak.

Untuk bermain dengan cepat dan jelas, kalian perlu mempercepat waktu transisi, bukan hanya nadanya.

Mainkan not secara perlahan, tetapi saat kalian memainkan sebuah not maka itu harus dilakukan dengan cepat. Artinya, biarkan nada-nada itu berbunyi, tetapi ketika tiba waktunya untuk memainkan nada-nada berikutnya, lakukanlah secepat dan setajam mungkin, dan Nada-nada itu akan mengalir bersama, dan sangat terhubung. Jangan bermain terlalu cepat. Semakin cepat kalian bermain, semakin kalian harus berkonsentrasi pada ke mana jari-jari kalian pergi, alih-alih mendapatkan sebanyak mungkin not yang dimainkan eh malah menghasilkan suara yang tidak jelas. Pikirkan kualitas, bukan kuantitas. Not kalian akan terdengar lebih mudah dipahami dan artikulasinya lebih jelas. Dan pada saatnya kalian akan mempunyai sinkronisasi yang lebih baik yang memungkinkan kalian dapat bermain dengan tempo yang lebih cepat!

Biasakan untuk berlatih seperti ini setiap kali kalian memainkan sesuatu dengan lambat.

Dinamika

Belajar mengendalikan dinamika kalian dengan memetik dari yang sangat lembut hingga sekeras mungkin, akan memberi kalian lebih banyak kontrol dalam bermain gitar.

Dinamika volume ditunjukkan sebagai berikut:

kalian juga harus mempelajari simbol dinamis yang sangat penting ini:

Aturlah ampli kalian untuk dengan suara 'Clean' untuk melakukan latihan berikut.

Sekarang coba kalian nyalakan distorsi dan mainkan latihan ini, Meskipun distorsi memanfaatkan suara dan sebagian besar menghilangkan dinamika volume, volume dan nada akan sedikit berubah saat kalian bermain lebih keras atau lebih pelan. (Berapa banyak perubahannya tergantung pada nada kalian dan jumlah overdrive yang kalian gunakan.) Saat menggunakan suara yang terdistorsi, kalian dapat membantu dinamika kalian dengan melakuan palm mute dengan telapak tangan kanan kalian (dalam jumlah yang bervariasi). Dan Juga aksen dapat dicapai dengan menggunakan harmonik (atau biasa disebut harmonik pick) pada nada, selain memetiknya lebih keras.

Berlatih di Burst

Teknik ini merupakan salah satu favorit saya.  Tujuan utama berlatih "speed" adalah untuk menjadi cepat!  Sangat cepat. Latihan ini hanya akan bekerja dengan baik jika kalian telah menghabiskan cukup waktu dalam dasar bermain dengan tempo yang perlahan dan mantap (yang dicapai dengan teknik latihan sebelumnya).

Konsep di sini adalah berlatih secara singkat, mengulangi "speed" nada. Dengan teknik ini, alih-alih memainkan nada panjang dengan kecepatan yang nyaman dan meningkatkan kecepatan kaliam secara bertahap, Anda mulai dengan urutan yang sangat pendek, bermain secepat mungkin, dan menambahkan satu nada pada satu waktu, Dengan memberi diri kalian sendiri waktu istirahat di antara setiap latihan, maka dari itu pikiran kalian dapat "berkumpul kembali" dan bersiap untuk rangkaian catatan berikutnya. Dorong diri Anda untuk bermain cepat, tetapi jangan terlalu cepat sehingga kalian mulai membuat kesalahan.

Pertama, teknik ini diterapkan pada tema dari "flight of the bumble bee." Berikut cara latihannya:

Sekarang, cobalah beberapa mekanisme latihan memetik lainnya dan lihat apakah kalian dapat meningkatkan kecepatan kalian.
Sekarang kalian sudah mempunyai kemampuan dengan semua yang kalian butuhkan untuk mengerjakan picking bergantian yang dapat kalian bayangkan (dan mungkin bahkan beberapa yang tidak dapat kalian bayangkan) Pada halaman berikut adalah hal yang harus kalian uji sendiri. Karya klasik "Flight of the Bumblebee" menggunakan beberapa pola tangan kanan dan kiri yang sangat sulit.

Penggunaan teknik latihan tertutup. (kalian akan membutuhkannya dan ini tidak mudah!) Pelajari bagian pendek sekaligus, hafalkan, dan mainkan perlahan (70 hingga 90 BPM). Kemudian gunakan teknik latihan sebagai berikut: 
  • Pisahkan kesulitan - pisahkan tangan, lalu bangun di kedua arah.
  • Buat variasi - dan latihan yang berbagi atau bahkan membesar-besarkan kesulitan.
  • Latihan pada Waktu Transisi - dengan bermain perlahan tapi membuat gerakan cepat dan tajam.
  • Latihan pada Dinamika -Berimprovisasi dengan dinamika yang berbeda serta yang ditunjukkan.
  • Latihan kecepatan - Perluas setiap ukuran menjadi latihan kecepatan - untuk memainkan bagian dengan cepat, kaloan  harus dapat memainkan setiap bagian dengan cepat.
Ketika kalian telah mengerjakan setiap bagian hingga kecepatan yang wajar (setidaknya 132 BPM), cobalah menyatukannya kembali. Idealnya, lakukan sampai tempo sekitar 160 +

The Flight of the Bumblebee
Nicolai Rimsky-Korsakov (1844–1908) 
Posting Komentar

Posting Komentar