vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Latihan tangan kanan | Alternate Picking dan Sweep Picking

Latihan Alternate Picking dan Sweep Picking

Latihan tangan Pick tangan kanan (Alternate Picking)

Alternating Picking vs Sweep Picking

Pada dasarnya ada dua metode yang berbeda untuk memilih. Satu pendekatan adalah alternate picking yang konsisten, yang lainnya adalah pemetikan Sweep atau sapuan (biasa juga disebut dengan istilah "speed" picking atau "selip" picking).

Amat sangat baik didalam belajar menerapkan metode memetik secara bergantian (dalam hal ini saya menggunakan pick gitar) terlebih dahulu, karena itu dapat memunculkan rasa ritme yang sangat baik. Gerakan memetik yang teratur dan konsisten dapat membantu kalian medapatkan timing yang baik, dan mutlak itu harus dikuasai oleh setiap pemain musik. Ini sangat penting karena setiap nada memiliki "pilihan" yang berbeda, alternate picking juga dapat membantu kalian menghasilkan suara dengan artikulasi yang jelas.

Manfaat lain dari mengembangkan teknik alternate picking yang baik adalah memang dengan menguasai itu kalian dapat memainkan urutan dari setiap nada apa pun tanpa harus memikirkan sistem kembalinya posisi pick mau dipetik ke atas maupun dipetik kebawah. Kalian akan lebih merasa bebas saat berimprovisasi suatu melodi, karena kalian tidak perlu membatasi diri pada pola yang sudah diatur sebelumnya. Kalian akan dapat membuat melodi atau bahkan memainkan ide-ide baru tanpa harus mempraktikkan urutan itu secara khusus. Saat memetik Anda tidak memerlukan pemikiran untuk dieksekusi, yang harus kalian pikirkan dan fokuskan hanya tinggal pada musiknya saja.

Manfaat dari Sweep Picking terletak pada penghematan pergerakan tangan kanan, jadi kalian akan semakin sedikit menggunakan pergerakan tangan kanan untuk melakukan suatu lick maka semakin cepat kalian dapat melakukannya. Dengan Sweep Picking, Kalian dapat melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan dengan pemet9ikan bergantian. Ini menjadi sangat jelas ketika beberapa senar disilangkan, dengan satu nada dimainkan per senar.

Karena kedua format memetik ini bertentangan satu sama lain dalam hal apakah nada tertentu harus diturunkan atau dinaikkan, jangan mencoba mengembangkan kedua teknik ini pada saat yang sama pada lick yang sama!  Latihan meningkatkan keterampilan dengan pengulangan. Memberikan sinyal campuran tentang kebiasaan apa yang kalian coba kembangkan hanya akan membingungkan tangan pick Anda.

Sebelum melanjutkan pada latihan praktek di bawah ini, bagi yang belum membaca dan memahami tentang fingering untuk kebebasan jari, kalian bisa membaca terlebih dahulu tentang Latihan fingering untuk kebebasan jari, Inti dari pelajaran kebebasan jari adalah agar jari tangan kiri kalian tidak bergantung pada jari lainnya ketika melakukan pergerakan, agar nantinya kalian bisa dengan cepat menyerap latihan praktek di bawah ini

Memilih Posisi Pick gitar

Hampir setiap gitaris memegang pick yang sedikit berbeda atau bahkan lazim berbeda dengan umumnya. Jari terbuka, jari tertutup, pick dipegang di antara ibu jari dan jari pertama, atau kedua, atau keduanya. itu tidaklah terlalu penting.  Jika kalian telah mengembangkan posisi pick tertentu, mungkin tidak apa-apa. Gunakan apa yang cocok dengan diri dan tangan kalian. Namun, sudut pick yang kalian pegang terhadap senar itu sangat penting. Jika pick miring terlalu jauh (bagian atas pick terlalu ke atas atau kebawah), itu akan menempatkan salah satu dari senar yang bersilangan pada keuntungan dan gerakan yang berlawanan pada suatu gerakan.  Untuk memetik alternate picking, jaga agar pick hampir tegak lurus dengan senar. Bermainlah di depan cermin untuk melihat bagaimana pick kalian terlihat dari sudut seperti yang ditunjukkan pada foto di bawah ini.

Memilih Gerakan tangan kanan

Untuk memetik dengan tempo yang sangat cepat, menggunakan gerakan dari pergelangan tangan mungkin menjadi pilihan yang terbaik.  Beberapa kombinasi gerakan pergelangan tangan dan siku juga bisa berhasil. Saya sarankan untuk menghindari gerakan dari jari / ibu jari. Jika Kalian masih ragu dengan gerakan memetik, lihat beberapa video gitaris yang tekniknya sangat kalian kagumi, dan mencoba untuk menyamai posisi tangan dalam menggunakan pick. Apapun gerakan memetik yang kalian gunakan, itu wajib menggunakan gerakan yang kecil (minimalkan gerakan tangan kanan yang menjauh dari jarak senar gitar maupun bridge gitar) dan tepat (ingat bahwa jarak sama dengan waktu).

Pengambilan String Tunggal Single

Dengan tangan kanan kalian, langkah pertama adalah bergantian pada satu senar. Mainkan downbeat dengan downstroke.  Ini dapat dibalik, tetapi petikan ke bawah secara alami lebih mudah untuk dipetik (dengan gravitasi), yang memberi permainan Anda aliran berirama yang lebih mudah.

Setelah kalian menghafal setiap latihan, cobalah berlatih dengan menggunakan metronom:

  • Mulai dari tempo sekitar 80 per menit (BPM).
  • Gerakkan metronom naikan ke atas dua unit sekaligus hingga kalian mencapai kecepatan yang nyaman.
  • Dorong diri kalian dengan tempo dua unit lebih cepat, lalu perlambat lagi satu unit, dan mainkan secara berulang-ulang.
  • Saat Anda mencapai kecepatan tertinggi, kurangi 20 BPM atau lebih, dan ulangi langkah 3.

(Jika kalian mengalami kesulitan bermain tepat waktu dengan metronom, tetapi kalian dapat bermain lebih cepat tanpa metronom, niscayalah jika kalian telah mengembangkan kecepatan tetapi tidak mempunyai kontrol ritme suatu tempo. Dalam hal ini, hal terbaik yang harus kalian lakukan adalah berlatih dengan metronom secara terus-menerus, sampai kalian dapat bermain dengan kecepatan tinggi dengan tepat waktu dan pastinya mempunyai irama.)

Saat bermain cukup cepat (1 ketukan metronom 16 nada pada tempo 80 sampai 120 BPM atau lebih), Kalian bisa lolos dengan gerakan pick ekstra.  Namun, ketika kalian mencapai sekitaran tempo 144 BPM atau lebih tinggi, terdapat waktu untuk gerakan yang sia-sia.

Oleh karena itu, saat kalian bermain perlahan, berkonsentrasilah untuk membuat gerakan memetik sekecil mungkin (minimalkan gerakan pick agar tetap dekat dengan senar), menghilangkan gerakan ekstra apa pun. Pick kalian hanya bergerak ke atas dan ke bawah saja tanpa menjauh dari senar. Jika kalian telah terbiasa melakukan terlalu banyak gerakan dalam memetik, kalian dapat mencoba melompati hingga sekitar 144 BPM. Ini bisa memaksa pick Anda untuk terbiasa melakukan gerakan yang lebih kecil. Kemudian berkonsentrasi kembali untuk mempertahankan gerakan memetik yang lebih kecil.

Latihan di bawah ini menggunakan open string atau senar tanpa di tekan (seperti beberapa riff dari Iron Maiden dan Gary Moore).

Latihan ini berkonsentrasi pada: 

  • Melakukan gerakan kecil ke atas dan ke bawah dengan pick.
  • Mengikuti petunjuk di atas untuk menggunakan metronom.
Latihan konsentrasi picking gitar 1 senar
Ulangi pada senar 2, 3, 4, 5, dan 6.

Latihan 26 dibawah ini menggunakan barisan kromatik.  (menggunakan setiap setengah langkah daripada mengikuti tangga nada diatonis (tujuh nada)
Latihan kromatik pada gitar
Ulangi pada senar 2, 3, 4, 5, dan 6.

Latihan 27 dibawah ini menggunakan tiga nada per ketukan metronom. Ini mirip dengan lick dari Randy Rhoads live "Suicide Solution" saat solo
tab gitar Randy Rhoads live Suicide Solution
Ulangi pada senar 2, 3, 4, 5, dan 6.

Latihan 28 mirip dengan latihan 25, tetapi menggunakan enam nada per ketukan (sixtuplet).  Kalian dapat menganggap enam nada per ketukan sebagai triplet nada keenam belas, dengan satu triplet tiga nada pada nada downbeat dan satu nada lagi pada nada upbeat. Perlambat metronom yang sesuai.
Nada sixtuplet picking gitar 1 ketukan 6 nada
Ulangi pada senar 2, 3, 4, 5, dan 6.

Latihan 29 dan 30 pergerakan naik turun tangga nada minor pada satu senar, mirip dengan lick dalam gaya permainan Yngwie Malmsteen.
yngwie malmsteen style lick gitar
Klik untuk memperbesar gambar

Latihan 31 dan 32 menggunakan urutan yang berbeda untuk menurunkan skala.
yngwie malmsteen style lick gitar decending
Klik untuk memperbesar gambar

Latihan 33 menggambarkan progresi akor yang menghasilkan suara seperti "Yngwie Malmsteen" yaitu suara klasik.
Neo classic lick gitar
Klik untuk memperbesar gambar

Memetik dengan Downstroke

Di sini kalian akan memainkan perpindahan senar. Pertama, mengarah ke setiap senar baru dengan downstroke(memetik kebawah). Idenya adalah untuk menerapkan gerakan memetik yang sangat kecil seperti yang telah kalian kembangkan di atas, dalam perpindahan senar. Perhatikan tangan kanan kalian saat di cermin, saat kalian berlatih untuk memastikan bahwa pick tidak terlepas dari senar secara mencolok saat kalian berpindah ke setiap senar. Gunakan metronom seperti yang sebelumnya saya katakan.

Latihan 34 Di bawah ini menggunakan urutan dalam tangga nada kromatik (menggunakan setiap setengah langkah) dengan empat nada per senar.  Latihan 35 cukup mengikuti pola empat nada per senar dari frer pertama
Empat nada per ketukan kromatik gitar
Klik untuk memperbesar gambar

Empat nada per satu ketukan kromatik gitar
Klik untuk memperbesar gambar

Memainkan dua nada per senar masih sejenis gerakan yang sama dengan memainkan empat nada per senar. Kalian selalu gunakan downstroke (memetik kebawah) dalam setiap perpindahan senar.
latihan gitar Pentatonik lick
Klik untuk memperbesar gambar

Latihan 37 menggunakan pemetikan yang sama dengan Latihan 36, tetapi satu nada bergerak sementara nada lainnya tetap sama. Ini adalah latihan peregangan yang sangat baik untuk tangan kiri juga.
Latihan gitar peregangan tangan e minor pentatonik
Klik untuk memperbesar gambar

Contoh berikutnya menggunakan jenis urutan yang sama yang sering dimainkan oleh Randy Rhoads di akhir solo "Suicide Solution" live-nya. Perhatikan bagaimana seluruh pola digeser ke atas secara kromatis, dengan nada awal dinaikkan setengah langkah, lalu menarik tiga nada lainnya.
Latihan gitar pentatonik kromatik
Klik untuk memperbesar gambar

Leading with a Upstroke

Semua latihan sebelumnya telah mewakili downstroke setiap perpindahan senar baru. Namun, saat kalian memainkan pola dengan tiga nada per senar, pick akan bersilangan dan mengarah dengan upstroke (petikan ke atas). Perhatikan tangan pemetik kalian di cermin, saat kalian mempraktikkan latihan ini untuk memastikan bahwa tangan kanan untuk memetik tetap dekat dengan senar, tanpa gerakan tambahan yang tidak dibutuhkan.
Leading with a Upstroke gitar
Ulangi pada senar 3, 4 dan 5, 6.

Hafalkan tiga nada per pola tangga nada untuk A minor dalam setiap posisi pada neck gitar.

Tiga latihan di bawah ini menggunakan pola skala pertama dan kedua yang baru saja kalian pelajari sebelumnya.

Mainkan enam nada teratas dari pola pertama, lalu geser ke atas ke pola kedua untuk turun:

Sekarang, tambahkan senar tiga dan senar empat
Tambahkan senar lima dan senar enam
latihan picking 6 senar tangga nada A minor
Klik untuk memperbesar gambar

Sekarang, terapkan ide yang sama yang baru saja kalian gunakan pada latihan di atas ke sisa pola skala yang ditunjukkan pada Latihan 42. 

Pada lick berikut menunjukkan beberapa ide yang dapat kalian kembangkan. Meskipun nadanya berubah, secara mekanis gerakannya tetap sama (kelompok enam). Ini membuatnya relatif lebih mudah untuk bermain dengan cepat, karena yang perlu kalian kuasai hanyalah satu mekanik dasar. memainkan lick berorientasi skala yang menjadi bagian penting dari gaya bermain yang lebih cepat saat ini, sering kali terdiri dari tiga nada per pola senar.
variasi pola picking gitar
Klik untuk memperbesar gambar

Mekanisme Pengambilan Cross-String

Pada dasarnya ada dua cara berbeda untuk melakukan cross antar senar. Saya menyebutnya "petik dalam" dan "petik luar".  Mainkan contoh di bawah ini dan perhatikan perbedaan antara gambar nada pertama dan gambar kedua.


Pada gambar pertama, pick kalian tampaknya melayang di antara dua senar, bergerak keluar dari tengah untuk memetik senar. Gambar kedua merupakan jenis gerakan antar senar (dari dalam). 

Karena setiap gerakan memetik senar harus salah satu dari dua gerakan diatas (di dalam atau di luar), Kalian mungkin berpikir, "Jika saya hanya melatih dua gerakan ini, saya tidak akan kesulitan, kan?"  Sayangnya itu tidak sesederhana itu.

Ya, itu akan membantu, tetapi persilangan antara senar dengan memetik "dalam" terasa berbeda ketika sebagian besar not dimainkan pada senar yang lebih tinggi daripada saat sebagian besar dimainkan pada senar yang lebih rendah. Oleh karena itu, saya telah mengisolasi lima mekanisme pengambilan senar silang yang saya rasa pada dasarnya mencakup semua gerakan yang berbeda.  (Ada lebih banyak jika kalian benar-benar ingin mendapatkan teknis, tetapi yang lain benar-benar dapat dirangkum menjadi lima ini.)

Pertama, di setiap latihan, gerakan memetik ditampilkan (garis mewakili dua senar).  Kemudian pola ini diterapkan pada bentuk seal pentatonik.

Gunakan metronom, dan tentukan mekanik mana yang lebih sulit bagi Anda, dan berkonsentrasilah pada itu. Kecepatan bermain kalian akan meningkat dengan mengerjakan inti dari masalah kaliam. (Jika Kalian mempunyai masalah dengan mekanisme tertentu, maka kalian akan mengalami masalah setiap kali kalian memainkan lick atau melodi tertentu.Tentu saja, Kalian dapat menghindarinya tetapi itu tidak membuat kalian lebih dekat untuk menguasai gitar dan mampu mengekspresikan  sendiri dengan bebas.)
Latihan mekanisme petikan gitar dalam lick
Klik untuk memperbesar gambar

Latihan berikut menggabungkan mekanisme sebelumnya dalam berbagai urutan.

Perhatikan apakah pemetikan senar silang adalah pemetikan "dalam" atau "luar". Dan juga, lihat apakah kalian dapat mengetahui mekanisme mana (1-5) yang digunakan untuk setiap ketukan. (Bila not tidak masuk ke dalam kelompok empat, not tersebut tidak akan benar-benar sesuai dengan mekanisme yang diberikan pada teori sebelumnya. Namun, not tersebut masih akan menyerupai salah satu dari lima, atau dalam beberapa kasus, mereka akan menggabungkan dua dari mekanisme di atas.)
Latihan menggabungkan mekanisme gitar dalam berbagai urutan
Klik untuk memperbesar gambar


Menambahkan hammer-on dan Pull-off
Saat suatu melodi atau lick menggunakan hammer-on atau Pull-off, maka lewati saja gerakan memetik ke bawah atau ke atas untuk nada itu, tetapi jangan merubah pola pemetikan yang lainnya. Berlatihlah dangan contoh gambar di bawah ini sampai kalian merasa nyaman dalam memetik senar.
Lick berikut di bawah ini menggunakan hammer-on dan pull-off yang dikombinasikan dengan teknik alternate picking. Latihan 65 mirip dengan yang dimainkan oleh Randy Rhoads di "Over the Mountain."
Randy Rhoads Over the Mountain lick
Klik untuk memperbesar gambar

Picking untuk pemain Rhythm

Ketika ritme tidak genap, urutan memetik ke bawah dan ke atas dari pick juga akan berubah. Dengarkan setiap ritme dan berlatih. Pastikan kalian melakukannya dengan benar.
Perhatikan bahwa nada keenam belas pertama dan ketiga selalu downstroke, sedangkan yang kedua dan keempat adalah upstroke. Saat memainkan lick berikut, perhatikan bahwa ketika dua nada digunakan, memetik dimulai dengan pukulan ke bawah, tetapi ketika satu atau tiga nada digunakan, memetik dimulai dengan pukulan ke atas.
Lick gitar gabungan downstroke dan upstroke
Klik untuk memperbesar gambar

Latih lick ini sampai pemetikan terasa alami tanpa ada unsur pemaksaan dalam diri. Ini akan membantu kalian dalam membangun fondasi berirama yang sangat kuat. Ingatlah bahwa alternate pickinh tetap konsisten hanya jika semua not dipetik dan dimainkan dalam waktu yang sama. Ketika hammer-ons, pull-offs, atau ritme yang diperkenalkan berbeda, maka pola bergantian memetik tersebut mungkim akan sedikit akan terganggu.

Sekian tulisan tentang cara melatih tangan kanan dalam alternate picking dari saya semoga dapat membantu bagi kalian sedang belajar gitar, Semoga bisa bermanfaat dan bisa di terapkan saat mengisi waktu latihan kalian, nantikan juga upadeyan berikutnya, mohom maaf bila ada salah salah kata.. se you byee
Posting Komentar

Posting Komentar