vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara menghafal Freetboard gitar | Penguasaan Fretboard

Tujuan Menghafal Fretboard Gitar

Pada artikel kali ini Cara menghafal freetboard gitar merupakan latihan yang dirancang untuk menjadikan seluruh fretboard seperti taman bermain bagi kalian. Ya, itu menantang. Artikel ini dibuat dan ditujukan memang untuk pemain menengah hingga profesional yang bertujuan ingin melihat lebih jauh dan membawa musik mereka ke level yang lebih tinggi. dan ini bukan untuk semua orang.

Kita mulai dengan serangkaian latihan telinga untuk membangun hubungan antara telinga bagian dalam dan fretboard. Kemudian saya membahas sejumlah struktur musik yang lebih besar di posisi utama dan melanjutkan latihan telinga untuk mengenalinya secara instan melalui suara dan bentuk dari fretboard yang terkait. Selanjutnya kita melihat bagaimana musik sebenarnya bekerja berkaitan dengan nada suara, progresi akord, melodi, dll. Akhirnya, kita akan memperluas pengetahuan kita ke seluruh fretboard dalam serangkaian pola yang ditumpangkan. Melalui seluruh prosedur ini, kalian akan belajar lebih dari sekumpulan pola titik skala-kalian belajar dan bagaimana benar-benar menggunakan berbagai rangkaian nada ini untuk membuat musik. Semua kunci, semua skala, semua nada, semua opsi.

Bagaimana pendekatan saya yang berbeda?

Nah, mari kita periksa pendekatan yang lebih umum. Biasanya kalian menemukan hal-hal seperti tangga nada, akord, arpeggio, dan pelatihan telinga disajikan sebagai konsep terpisah. Pertama, kalian menghafal sekelompok pola titik skala. Kemudian kalian menghafal banyak akord-beberapa dengan nama-nama banyak dan kalian kemungkinan akan bertanya-tanya berapa banyak dari ini yang akan benar-benar kalian gunakan. kalian dapat mempelajari beberapa teori musik. kalian mendengar tentang trik: ambil skala ini dan gunakan nada yang sama, tetapi gerakkan tiga langkah dengan cara ini, silangkan jari kalian dan mainkan mundur dan mode ini menjadi mode lain, dll. Tapi sepertinya tidak ada sajak atau alasan, atau jika ada, kalian menyerah karena tampaknya terlalu rumit. Selanjutnya, masing-masing skala area, akord, teori, dan lagu tetap terpisah. Dan banyak dari itu tampaknya benar-benar tidak relevan. Menghadapi hal ini, sebagian besar gitaris akhirnya menyerah dan menerima gagasan bahwa mereka "tidak kuat dalam teori". Dari mereka yang terus mendalami teori yang lebih detail, banyak yang menyadari bahwa ada pemahaman yang lebih mendalam yang belum mereka pahami.

Rahasia yang hilang adalah pengetahuan bahwa semua hal yang berbeda ini sebenarnya hanyalah aspek yang berbeda dari hal yang sama. Hal mendasar ini adalah struktur musik, terlihat melalui gitar, dan inilah sebenarnya melatih penguasaan dalam Fretboard. Mencapai kompetensi penuh dengan informasi ini akan menggerakkan kalian lebih dari sekadar menjadi gitaris dan masuk ke ranah musisi yang "murni", karena pengetahuan kalian tentang struktur musik sebenarnya bisa meluas ke instrumen apa pun.

Tetapi jika kalian seperti saya, kalian mungkin bertanya-tanya. Apa ini merupakan latihan yang instan? Berikut beberapa manfaat yang akan kalian peroleh dalam meghapal fretboard:
  • Belajar musik menjadi lebih mudah. Disaat kalian mendengarkan musik, maka kalian dapat langsung membayangkan bentuk dan pola pada papan fret gitar yang benar dalam pikiran kalian. kalian hanya tinggal mengambil gitar lalu memainkannya dengan benar (meskipun belum ngulik).
  • Membuat musik menjadi lebih mudah. kalian juga tidak perlu mencari nada yang kalian dengar dalam imajinasi kalian. Maka hasilnya, penulisan lagu menjadi lebih mudah dan cepat. Daripada mencanpur beberapa pola yang memakan waktu dan pikiran, dan pastinya sangat melelahkan dan itu demi menemukan ide baru. Maka dengan latihan ini kalian cukup mendengarkan pada imajinasi kalian saja dan berkreasi dari sana. kalian tidak akan lagi terikat pada gitar. Maka kalian dapat "menulis" musik disaat mengemudi, mandi, kerja, bermain, dll. Menarik bukan?
  • Ide musik kalian menjadi lebih jelas. Ide musik yang kalian "dengar" dalam imajinasi kalian menjadi lebih jelas. Tidak akan terdengar samar. Imajinasi akan mulai muncul lebih banyak dengan nada dan ritme tertentu.
  • Menggambar dari lingkup yang lebih luas. Melodi apa pun dalam gaya musik apa pun akan segera dirasakan, dalam istilah "absolutnya". Ketika melodi begitu mudah diasimilasi, apa pun yang kalian dengar lagu atau iklan apa pun, soundtrack film apa pun, ide musik apa pun dalam gaya apa pun dapat diterapkan pada 'project' musik kalian secara instan. kalian dapat menarik inspirasi dari mana saja.
  • kalian dapat membangkitkan suasana hati yang berbeda dengan bebas. kalian tahu cara menciptakan suasana hati apa pun dalam sekejap dengan mengetahui nada mana yang menciptakan setiap perasaan. kalian juga dapat bermain dalam konteks musik apa pun tanpa merasa ngelantur atau biasa disebut noodling.
  • Tidak ada lagi Not yang buruk saat berimprovisasi. Ketika koneksi fretboard gitar dan pikiran kuat sangat kuat, kalian tidak akan memainkan nada yang "salah dengar". kalian bermain dari telinga bagian dalam, dan kalian tidak membayangkan nada ngawur, kecuali jika itu adalah kualitas yang sengaja ingin kalian ciptakan! Itu tidak berarti kalian hanya berpegang pada nada skala yang "aman". kalian bebas untuk memanfaatkan bentrokan nada suara atau ketegangan melodi apa pun yang kalian suka, kalian juga tidak lagi terikat pada kumpulan lick yang telah dipelajari sebelumnya.
  • Tidak ada lagi "titik kosong" di fretboard. Tentu saja beberapa area pada neck gitar akan selalu lebih akrab daripada yang lain, kapan pun kalian merasakan dorongan feel yang spontan. untuk melakukannya maka Seluruh fretboard akan menjadi sepertu taman bermain kalian.
  • Mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang struktur musik. kalian dapat mengesankan teman dan mungkin musuh kalian dengan pengetahuan kalian yang lebih luas dan intuitif tentang struktur musik! 

Keterampilan ini benar-benar dapat menambah ilmu untuk memberi kalian lebih banyak kontrol artistik dan akan lebih banyak kepuasan pribadi sebagai seorang musisi. Itulah manfaat utama dari artikel ini

Gaya apa yang di mainkan?

Sebagian besar prinsip dan keterampilan yang diajarkan di sini melampaui gaya. Memang, itulah yang ingin saya tunjukkan kepada kalian bagaimana ide-ide yang sama dimainkan secara menyeluruh. Oleh karena itu, saya telah berusaha untuk menyentuh berbagai gaya termasuk rock, alternatif, metal, pop, klasik, jazz, blues, dll. kalian akan melihat bagaimana musik bekerja secara umum dan bagaimana mengarahkannya ke arah gaya yang berbeda.

Namun, saya seorang pemain rock. Namun pada saat yang sama saya percaya kesederhanaan sering memainkan peran yang lebih berharga daripada kompleksitas. Musik adalah tentang mengekspresikan dan menciptakan emosi. Jadi bermain gitar dengan tempo yang cepat (shredding) tidak selalu lebih baik, itu hanya lebih pada soal cepat. Dan bukankah sebuah pernyataan dibuat lebih kuat dan lebih berani ketika beberapa bagian yang tidak penting dihilangkan? Nyatanya, menulis musik yang bagus adalah proses mengetahui apa yang harus ditinggalkan dan apa yang harus dimasukkan dalam sebuah 'racikan'. Jadi hanya karena kalian dapat memainkan satu juta mil per jam, tidak berarti kalian harus melakukannya terus-menerus. Karena itu akan menjadi membosankan (setidaknya bagi saya). Pada titik ini gaya bermain solo saya telah menjadi hasil dari melodi. Tentu saya masih memainkan beberapa bagian yang cepat, tetapi ini bukan permainan berbasis lick. Itu hanya musik, lebih cepat atau lebih lambat, dikomposisikan atau diimprovisasi, itu adalah imajinasi langsung yang dikonversikan pada gitar. Di sini kalian akan melihat bagaimana melodi dan solo sebenarnya adalah dua ujung dari benang yang sama, dan semua prinsip yang berlaku untuk melodi juga berlaku untuk permainan solo.

Terlepas dari preferensi gaya saya, artikel ini tidak ditulis untuk membuat gaya kalian meniru gaya orang lain. aetikel ini tidak mendikte gaya. Ini menunjukkan kepada kalian prinsip-prinsip yang mendasarinya sehingga kalian memiliki kemampuan untuk menyerap apa pun dengan sangat cepat. Memang, kalian didorong untuk menganalisis situasi musik tertentu yang paling menarik minat kalian dan kemudian itu menjadi bagian dari diri kalian dan gayanya sendiri.

Apa yang harus dipelajari disini?

Singkatnya: kesabaran. Ini bukan artikel untuk di baca dan ditinggalkan dengan cepat saja. Belajar sebentar, lalu istirahat dan tarik napas. Biarkan ilmu  meresap sedikit demi sedikit. Cari konsep yang telah kalian pelajari di sini dalam musik lain yang kalian mainkan dan pelajari. Kemudian kembalilah pada artikel ini dan selesaikan bagian lainnya, atau tinjau satu bagian untuk mengaitkannya dengan lebih baik dalam pengalaman kalian. Ini merupakan artikel yang dapat kalian gunakan selama bertahun-tahun yang akan datang, terus-menerus meningkatkan kemampuan musik dan pemahaman kalian tentang gitar.

Dan juga, sadarilah bahwa ini bukan hal yang sangat mudah. Saya ulangi bahwa: Ini bukan hal yang sangat mudah! Beberapa keterampilan yang disajikan di sini mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk benar-benar memahami sepenuhnya. Jadi jangan khawatir jika kemajuan kalian merasa lambat. Ini adalah mata pelajaran yang agak sulit. Di balik latihan yang keras ini, percayalah bahwa itu dapat meningkatkan skill kalian. Sangat sedikit pemain yang mencapai sesuatu yang mendekati kemampuan penuh dengan ini. kalian tidak harus mencapai kemahiran penuh untuk menjadi pemain hebat, menulis lagu yang bagus, atau menjadi sukses dalam bisnis musik. Ya, keterampilan yang disajikan di sini dapat membantu kalian dalam pengejaran itu, tetapi itu bukan merupakan sebuah keharusan. Pikirkan materi dalam buku ini sebagai "kredit tambahan". Hanya perlu bagi kalian yang memiliki keinginan pribadi untuk membawa kemampuan kalian ke tingkat artistik tertinggi. Jadi, pujilah diri kalian sendiri karena telah mencoba belajar pada artikel ini, dan anggap saja setiap keuntungan di sini sebagai nilai tambah!

Namun, tantangan yang saya berikan kepada kalian di beberapa halaman ini tentu saja tidak dapat ditembus. Inspirasi yang kalian rasakan saat kalian maju, dikombinasikan dengan manfaat praktis dari keterampilan baru kalian, maka akan dapat mendorong kalian lebih maju. Hanya berharap itu menjadi "luka bakar yang lambat." Tetap ikuti programnya dan percaya pasti kalian akan menyerapnya secara bertahap, tanpa ragu.

Jadi di sini adalah bagaimana kalian harus mendekati memahami latihan ini. Luangkan sedikit waktu senggang setiap hari, menyadari bahwa kalian mendapatkan ilmu, sedikit demi sedikit. Kerjakan ini dalam kegiatan latihan kalian yang lain, termasuk buku gitar yang kalian punya, metode, latihan teknik, lagu, dan solo apa pun yang menarik bagi minat kalian masing-masing. Jangan menilai kemajuan kalian dengan berapa banyak halaman yang telah kalian selesaikan, atau dengan yang masih tersisa. Nilailah hanya dengan hasil positif khususnya peningkatan kesadaran kalian dalam mendengar, memahami, dan merasakan.

Setiap orang memulai pada tingkat yang mungkin berbeda untuk masing-masing dari berbagai keahlian yang disajikan di sini. Satu bagian mungkin mudah bagi kalian, sementara bagian lain mungkin tampak membingungkan bahkan itu di luar keyakinan kalian. Tidak apa-apa. Itu hanya berarti kalian membutuhkan waktu ekstra pada materi itu. Kembali dan tinjaulah sesuai kebutuhan kalain. Ingat, ini adalah pengembangan keterampilan yang perku kita kejar di sini, bukan hanya melalui latihan tertentu. Jadi, jika kalian menyelesaikan satu bagian tetapi merasa belum benar-benar menguasainya, latih kembalu atau buat latihan serupa versi kalian sendiri. Apa pun yang diperlukan, teruslah mengasahnya.

Terakhir, saya harus menyebutkan bahwa ada beberapa contoh permainan yang cukup menantang disini, tetapi mengasah teknik fisik kalian bukanlah inti dari Penguasaan Fretboard. Di sini mereka menggambarkan konsep yang ada. Untuk alasan ini, saya tidak memainkannya dengan cepat dan lambat, tetapi hanya dengan tempo penuh. Jika kalian merasa kurang siap untuk menangani sesuatu dari teknik, saya mendorong kalian untuk menerapkan konsep dari Mekanika Kecepatan untuk Gitar Utama dan mengembangkan kemampuan kalian seperlunya.

Staf pada Musik (terutama gitar)

kalian tidak perlu menjadi pembaca penglihatan yang mahir untuk memahaminya, karena staf musik sebagian besar bersinggungan dengan pendekatan saya terhadap fretboard. Staf hanyalah sarana untuk mengkomunikasikan ide-ide musik. Ini bukan satu-satunya cara untuk melakukannya. Dalam musik, bagaimanapun merupakan suara dan bukan notasi tertulis pada halaman.

Namun, staf adalah cara praktis untuk menunjukkan beberapa jenis ide musik dengan sangat jelas. Jadi bila perlu atau membantu saya akan menggunakan staf, terutama di Bagian III. SEBAGAI titik awal untuk metode ini, kalian harus terbiasa dengan nada pada staf musik dan nada yang sesuai pada gitar, setidaknya dalam posisi terbuka. Jika ini benar-benar materi yang baru bagi kalian, ambillah buku bacaan untuk gitar yang kalian punya, atau metode dasar gitar untuk mempelajari setidaknya dasar-dasar dalam membaca notasi staf sebelum masuk jauh ke dalam pada artikel ini.

Karena artikel ini di buat untuk mengetahui dasar dalam latihan gitar yang lebih serius, jadi untuk memulai praktek latihan yang efisien saya akan menuliskannya pada artikel selanjutnya, semoga kalian paham dengan tulisan yang saya buat di atas. Karena itu merupakan pengetahuan dalam pembelajaran menguasai fretboard, jika kalian tidak membaca ini, ada kemungkinan pada artikel latihan selanjutnya kalian hanya sekedar praktek tanpa ada pengembangan dari diri kalian sendiri, ok terimakasih
Posting Komentar

Posting Komentar