vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Bahaya kerja shift malam bagi wanita jika terus menerus

Kenali resiko kerja shift malam jika dilakukan secara terus-menerus

Bekerja dengan sistem shift yang sudah di tentukan adalah salah satu solusi yang tepat bagi mereka yang bekerja part time.

polusi Asap pabrik

Namun tentunya sistem ini juga mempunyai kelebihan serta kekurangan. Pada umumnya sistem kerja shift dibuat supaya karyawan yang memiliki pekerjaan sampingan atau aktivitas lainnya masih tetap bisa menjalaninya seperti biasa.

Ancaman pada pekerja shift malam, jika dilakukan terus menerus

Namun akhir-akhir ini berbagai studi menunjukan adanya ancaman gangguan pada kesehatan bagi mereka yang mendapat giliran dalam kerja shift malam dan terbiasa bekerja sampai larut malam. Secara medis, bagi mereka yang mendapat giliran bekerja secara sistem shift malam dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka waktu yang panjang terumatam bagi wanita.

Karena pada hakikatnya bekerja saat di malam hari akan dianggap sama dengan bergadang, karena mengganggu waktu tidur. Dibawah ini adalah bahaya dari kerja malam secara terus menerus yang bisa mengancam kesehatan, terutama bagi kaun wanita.

1. Waktu tidur tidak teratur

Rata-rata orang yang menjalankan kerja shift malam akan mengalami masalah tidur, termasuk insomnia, dikarenakan mengalami konflik dengan jam biologis. Para pekerja shift dapat didefinisikan dalam kelompok yang kekurangan tidur. Para pekerja shift umumnya akan sedikit lebih sulit untuk tidur pada siang hari karena mengalami pertentangan dengan jam alamiah pada tubuh.

Hilangnya waktu tidur kita saat bekerja dengan sistem shift malam harus di bayar dengan waktu tidur di siang hari. Walaupun mungkin dengan begitu akan mengurangi waktumu untuk kumpul bersama keluarga. Buatlah ruangan tidur yang tenang dan gelap, juga hindari mengkonsumsi kafein berlebih dan alkohol.

Karena bagaimanapun juga bagi para pekerja dengan sistem shift malam yang berharap kehidupannya bisa kembali normal lagi, bagi mereka tetaplah tidak ada pilihan, tetap harus ada yang di korbankan

2. Menambah berat badan

Disaat kamu bekerja dalam shift, selera untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi cenderung akan lebih meningkat. Kondisi ini sesuai dengan banyaknya para peneliti yang menghubungkan kurangnya waktu tidur dengan kenaikan berat badan yang terjadi secara drastis. Obesitas dapat memicu masalah pada kesehatan, seperti meningkatnya resiko untuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Untuk mengatasi masalah seperti ini kalian bisa membawa makanan sendiri dari rumah dan menghindari jajanan yang tidak sehat. Hindari menggabungkan kafein dengan karbohidrat (seperti muffin atau kopi) karena akan berdampak tidak baik, yang dimana dapat merangsang lonjakan insulin dan menyebabkan penambahan berat badan.

3. Kecelakaan dalam bekerja

Selain dapat mengganggu kesehatan kita dari dalam, bekerja shift malam juga dapat memancing resiko terjadinya kecelakaan dalam bekerja. Resiko kecelakaan ini hampir 50% lebih tinggi daripada pekerja yang normal.

4. Beresiko dalam masalah kehamilan

Mereka yang bekerja dengan sistem shift malam hari memiliki resiko keguguran 85% lebih tinggi daripada mereka yang bekerja di waktu normal. Bahkan, sebuah penelitian pada tahun 2010 di italia memperlihatkan hubungan antara bekerja dengan sistem shift dan resiko kelahiran dini dan berat bayi yang lahir lebih rendah.

5. Resiko lebih tinggi terkena kanker

Menurut data yang di kumpulkan dari US Nurses Health Study, di mana melibatkan 240.000 perawat dan dengan pengamatan selama 30 tahun menunjukan, perempuan yang bekerja dalam sistem shift malam selama beberapa tahun memiliki resiko lebih tinggi mengidap kanker. Mulai dari kanker payudara, usus besar, dan endometrum. Hal ini disebabkan dengan meningkatnya jumlah melatonin di dalam tubuh.

Untuk mencegah hal ini kalian bisa berkonsultasi pada dokter tentang kemungkinan untuk mengkonsumsi suplemen melatonin. Suplemen ini cenderung lebih aman, tetapi cukup kompleks dan kalian membutuhkan saran dari para ahli untuk menggunakannya.

Itulah bahaya dari kerja shift malam secara terus menerus yang dapat mengancam pada kesehatannya. Jika tidak mempunyai pilihan lain selain bekerja dengan sistem shift malam ini. Carilah solusi untuk mencegahnya, seperti tidur yang cukup pada siang hari demi kesehatan tubuh kita sendiri. see you byee..

Posting Komentar

Posting Komentar