vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara mengetahui kebohongan seseorang | Cara ampuh hadapi pembohong

Cara paling jitu mengetahui kebohongan seseorang

Setiap orang pasti tidak ingin dirinya dibohongi, seiring dengan perkembangan zaman. Para ahli psikolog telah banyak menemukan berbagai cara yang cukup ampuh untuk membaca kebohongan seseorang.

pembohong

Seperti kita ketahui memang tidaklah mudah untuk membaca gerak-gerik dan expresi dari seorang pembual atau si tukang bohong. Tapi ada beberapa ciri yang bisa kamu amati ketika seseorang sedang berbohong. mari langsung saja.

Lihat mataya

Jika matanya melihat ke kiri atas, maka dia sedang mengingat pengalaman yang terkait dengan pertanyaan anda. Jika matanya melihat ke kanan atas, maka dia akan sedikit mengarang sebuah jawaban karena belum siap dengan jawabannya. Jika matanya melihat ke kiri bawah, maka dia sedang mengambil fakta dari masa lalunya (jujur). Jika matanya melihat ke kanan bawah, dia sedang terhubung dengan perasaan seseorang, bukan sebuah rekayasa.

Melihat dari expresi mukanya

Amatilah mimik wajahnya, jika pipinya merona, lubang hidung yang melebar, dan kebiasaan tiba-tiba menggigit bibir, berkedip dengan cepat sampai menarik napas dalam-dalam ketika berbicara. Jika dia melakukan hal-hal seperti di atas biasanya itu suatu pertanda bahwa dia sedang berbohong kepada kamu.

Amati bahasa tubuhnya

Mengetahui dia sedang berkata suatu kebohongan atau tidak, kita bisa mendeteksi melalui bahasa tubuhnya. Tapi, cara ini sangat efektif dilakukan ketika dia sedang dalam kedaan sibuk. Contohnya, pertama-tama kita perhatikan tangannya. Jika dia meremas kedua tangannya disaat mengobrol denganmu atau dia mengelus wajah itu suatu tanda bahwa dia sedang dalam keadaan cemas atau sedang menutupi sebuah cerita yang sebenarnya.

Lihat senyuman dia

Perhatikan dengan teliti bagaimana cara dia tersenyum ketika kalian membicarakan sesuatu. contohnya, amati gerakan mulut dan matanya ketika dia sedang tersenyum. Jika dia tersenyum dengan lepas yang melibatkan semua bagian wajah itu tandanya dia jujur. Tetapi sebaliknya, jika dia tersenyum seperti mau gak mau (seolah terpaksa) itu tanda jika dia sedang berbohong

Cara berbicara

Para ahli psikolog untuk melihat atau merasakan bagaimana pola dalam bernafasnya, apakah cepat atau lambat.  Jika dia berbicara sangat cepat atau terlalu lambat, biasanya dia sedang tidak berkata dengan jujur.

Banyak menyentuh bagian tubuh

Saat sedang berbohong, biasanya ada suatu perubahan prilaku yang di lakukan. Mulai dari nada bicaranya, postur dan gerakan tangannya bisa berubah. Hal-hal sederhana seperti ini sering terjadi dan juga sering dilakukan untuk menutupi suatu kebohongan dari cerita yang kamu dengarkan. Disaat berbohong, dia juga terkadang akan sering menyentuh beberapa bagian tubuh tertentu, seperti leher, wajah, bibir.

Membuang wajah ketika di tanya

Wajar jika suatu pertanyaan yang kamu berikan adalah pertanyaan yang sulit dan kemudian dia membuang wajahnya atau memalingkan mukanya. Namun, jika hanya pertanyaan sederhana dia malah menghindari tatapanmu, maka kamu perlu curiga. Karena jawaban yang akan dia ucapkan bisa jadi adalah jawaban yang palsu.

Sifat defensif

Disaat kamu sedang memberikan pertanyaan, dia seakan sedang di pojokan dan dihakimi. Padahal kamu  hanya memberikan pertanyaan yang biasa saja. Dan yang lebih parahnya lagi malah dia terkadang melakukan sikap yang defensif, dengan berbalik marah kepada kita dan menuduh kamu terlalu curiga atau posesif.

Mengalihkan pembicaraan

Ketika dia sedang berusaha mengalihkan suatu pembicaraan secara halus ke topik yang lain, terdapat dua kemungkinan. Dia tidak begitu tertarik atau sedang berbohong. Jika setelah bahasan lain dibicarakan dia menghela napas yang panjang, ini karena dia sudah merasa lega karena tidak perlu lagi berbohong terhadap kamu.

Cermati apa yang di bicarakan

Kebanyakan orang yang berbobong akan memakai kata-kata seperti 'tapi','kecuali', 'sedangkan', karena rumitnya proses berpikir untuk melakukan suatu kebohongan. Dan tak jarang si pembohong sering melakukan pengulangan. Si pembohong juga akan sering menggunakan kata 'aku', 'punyaku', Di dalam cerita yang di sampaikan oleh si pembohong, kamu akan menemukan sedikit kata ganti pribadi.

Sekian dulu tulisan dari saya tentang cara jitu mengetahui kebohongan seseorang. Semoga tidak ada perseturuan hebat setelah kamu baca tips mengetahui kebohongan ini. bila ada kritik dan saran bisa di sampaikan di kolom komentar.
Posting Komentar

Posting Komentar