vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Diminished Scale Dan Arpeggio | latihan scale diminished arpeggio

Diminished scale dan arpeggios

Akord Diminished 7th merupakan Diminished triad (1-♭3-♭5) dengan tambahan double flatted 7th (♭♭7 ) Ini tidak biasa karena setiap nada dari akord adalah minor 3 yang berjarak sama. Ini memberikan jenis kualitas "slippery" yang unik, karena mungkin telinga kalian tidak dapat mengidentifikasi nada apa pun sebagai nada yang lebih dominan daripada nada lainnya. Yaitu, tidak ada nada yang langsung terlihat.  Bahkan, salah satu dari empat nada bisa menjadi akarnya. Di bawah ini adalah bentuk posisinya.

FYI: ♭♭7 secara enharmonis sama dengan nada ke-6 mayor. Namun, dalam diminished akord 7th, ia berfungsi seperti akor 7th (harmoni 3rd di atas akord 5th), oleh karena itu diberi nama.

Karena nada diminished 7th adalah interval yang sama dari tiga fret, memperluas pola melalui kelima area leher dengan sangat mudah. Cukup geser tiga fret dan ulangi, berulang-ulang.
Bentuk diagonalnya benar-benar diagonal. Pola ini juga dapat dipindahkan secara bebas ke atas atau ke bawah dalam peningkatan tiga fret dan tetap pada arpeggio yang sama (pembalikan yang berbeda, tetapi akord yang sama).
FYI: Setiap akord/arpeggio diminished 7th sebenarnya memiliki empat kemungkinan nama yang berbeda karena salah satu dari empat nada tersebut dapat dilihat sebagai akarnya.  Jadi pola ini dapat berupa A°7, C°7, E°7, atau G♭°7 (atau persamaan enharmonik).  Semuanya hanyalah inversi satu sama lain.
Secara harmonis, ada dua cara berbeda untuk menggunakan diminished 7th dalam musik modern: kalian dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan, atau kalian dapat membuat nada diminished tone. Secara klasik, nada diminished 7th memberikan tarikan yang kuat untuk menyelesaikan akord dengan akarnya satu setengah langkah lebih tinggi. Lick pertama di bawah ini menggabungkan resolusi klasik (neo klasik). Lick kedua menolak untuk diselesaikan dan hanya memanfaatkan ketegangan untuk mewarnai nada suara dengan sangat gelap.

FYI: "Tonalitas diminished 7t" 
dalam istilah ada sedikit kontradiksi. Nada-nadanya berjarak sama dan oleh karena itu tidak ada yang secara alami menampilkannya sebagai akar yang jelas. Jadi merupakan struktur 'tanpa nada', artinya tidak memiliki pusat tonal.  Namun, pusat nada dapat dikenakan padanya dengan menggunakan progresi, riff, atau drone.

Untuk membuat Diminished Scale, kita cukup menambahkan nada di antara setiap nada akor dari Diminished 7th arpeggio. Ada dua cara berbeda untuk melakukan ini, yang memberi kita dua kemungkinan skala Diminished yang berbeda. Yang pertama dimulai seperti tangga nada natural minor, dengan Whole dan Half step. Ini secara teknis dikenal sebagai skala diminished, tetapi biasanya disebut sebagai whole-half step diminished scale untuk membedakannya dari bentuk lainnya.  Pilihan lainnya dimulai seperti mode Phrygian, pertama dengan Half step dan kemudian Whole Step. Ini adalah skala Half-Whole Dimished Scale. Pola yang ditunjukkan di bawah ini memisahkan nada akord diminished 7th (berwarna hitam) dari nada skala yang ditambahkan (berwarna abu-abu). Perhatikan bahwa tangga nada ini sebenarnya memiliki delapan nada yang berbeda, bukan tujuh, seperti mode diatonis

TIP: Sama seperti diminished 7th arpeggios, scale diminished juga diulang setiap tiga fret. Ini membuat penghafalan semakin mudah! Berlatihlah menggeser pola tangga nada ini dalam peningkatan tiga fret ke atas dan ke bawah papan fret untuk memainkan tangga nada yang sama di area neck gitar lainnya.
FYI: Diminished 7th memiliki nada ke-7 yang double flatted (
♭♭), yang merupakan nada yang sama dengan na ke 6. Karena itulah cara kita mempelajari nada relatif ini sebelumnya, begitulah labelnya di atas. Whole-Half Scale kemudian memiliki dua 6.  (Secara teknis salah satunya adalah ♭♭7, tetapi menggunakan label itu tidak terlalu membantu di sini, itu hanya menukar dua 6th dengan dua 7th.) Masalahnya adalah kita berurusan dengan skala delapan nada, atau oktatonik, jadi satu nada harus muncul dua kali. Skala setengah utuh memiliki dua nada ke 3, tidak ada nada ke 4, dan dua  nada ke 5. (Secara teknis, ia memiliki ♭3, 4, ♭5, dan ♭♭6). Tangga nada oktatonik tidak cocok untuk sistem penomoran nada nada diatonic kita, tapi kita bisa mengaturnya, Hal utama di sini adalah memisahkan nada akord dari nada non-kord.
Posting Komentar

Posting Komentar