vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Pemasaran produk. Apa arti pemasaran produk? simak penjelasannya

Pada dasarnya, pemasaran adalah tentang menentukan nilai produk atau layanan kamu dan kemudian menyampaikan informasi itu kepada konsumen.

Siapa pelangganmu?

Sebelum kamu mulai menjual apa pun, kamu harus tahu kepada siapa kamu menjualnya. Untuk membuat profil umum pelanggan kamu, kamu dapat mengelompokkannya berdasarkan karakteristik demografi, seperti:

  1. Umur
  2. Jenis kelamin
  3. Status sipil
  4. Tempat tinggal
  5. Ukuran dan deskripsi rumah tangga
  6. Pendapatan, khususnya pendapatan sekali pakai (uang untuk dibelanjakan)
  7. Tingkat pendidikan
  8. Pekerjaan
  9. Minat, perilaku pembelian
  10. Latar belakang budaya dan etnis

Misalnya, produsen pakaian akan mempertimbangkan sejumlah target pasar: balita, atlet, kakek-nenek, remaja, dan wisatawan. Profil umum dari masing-masing pasar potensial ini akan mengungkapkan mana yang paling realistis, yang memiliki risiko paling kecil, dan mana yang dapat menguntungkan.

Setelah target pelanggan kamu ditentukan, kamu perlu menentukan kebutuhan dan preferensi mereka.

  1. Tantangan apa yang mungkin mereka hadapi dengan produk atau layanan kamu?
  2. Apa kebutuhan dan harapan mereka untuk produk atau layanan ini?
  3. Apa yang mereka inginkan?
  4. Berapa biaya mereka?
  5. Di mana mereka berbelanja?
  6. Bagaimana mereka membuat keputusan tentang pengeluaran?

Unsur-unsur ini hanyalah sebagian kecil dari segala hal yang dapat kamu pelajari tentang calon pelanggan kamu.

Untuk membuat profil pelanggan kamu dan memahami kebutuhan mereka, kamu perlu melakukan riset pasar.

  1. Lakukan riset pasar
    Pelajari tentang riset pasar: bagaimana mereka dapat meningkatkan keputusan bisnis kamu dan bagaimana melakukan kampanye riset pasar.
  2. Demografi
    Temukan data yang memberi tahu kamu tentang karakteristik populasi seperti lokasi, usia, pendapatan, pendidikan, dan banyak lagi.

Empat "P"

Apakah seseorang akan membeli apa yang kamu jual?

Pakar pemasaran setuju bahwa ada empat faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Keempat faktor ini disebut sebagai "bauran pemasaran" atau "empat P".

  1. Produk : Apa yang akan kamu jual
  2. Harga : Berapa banyak yang dapat kamu kenakan untuk produk kamu
  3. Tempat : Di mana orang akan membeli produk kamu?
  4. Promosi : Bagaimana kamu akan memasarkan produk kamu?

Keberhasilan keempat elemen ini akan sangat memengaruhi pendapatan perusahaan kamu.

Produk

Apa yang akan kamu jual?

Untuk mengetahui apa yang harus kamu jual, kamu perlu memahami kebutuhan pelanggan target kamu dan menyesuaikan produk kamu dengan kebutuhan mereka. Semakin kamu memenuhi harapan pelanggan kamu, semakin besar peluang bahwa ia akan membeli produk kamu, merekomendasikannya kepada orang lain, dan kembali untuk berbisnis dengan kamu.

Beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat membuat produk meliputi:

  • Produksi massal atau pengukuran massa: Apakah produk kamu akan diproduksi secara seri?, Apakah akan sama untuk semua orang yang membelinya atau kamu lebih suka menawarkan produk yang dipersonalisasi kepada semua orang yang berbisnis dengan kamu?
  • Barang-barang konsumsi, barang-barang yang dipikirkan dengan baik, barang-barang mewah atau barang-barang yang tidak diinginkan: Apakah orang-orang membeli produk kamu secara teratur ketika mereka melakukan belanja (barang-barang konsumen); adalah produk Anda yang mana orang ingin membuat perbandingan harga dan merek sebelum membuat keputusan (pembelian yang dipikirkan dengan matang); Apakah itu sesuatu yang istimewa yang jarang mereka beli, seperti hadiah mahal atau barang mewah (barang mewah); atau Apakah itu sesuatu yang sebenarnya tidak mereka inginkan, tetapi masih harus dibeli (tidak diteliti dengan baik)?. Menentukan kategori yang dimiliki produk kamu akan menentukan harganya, tempat untuk menjualnya, dan cara mempromosikannya.
  • Produk baru atau produk yang ada: Jika produk kamu baru, kamu perlu menciptakan permintaan pasar (meyakinkan orang bahwa mereka membutuhkannya). Jika kamu membuat versi baru dari sesuatu yang sudah ada, kamu harus menunjukkan kepada orang-orang bahwa produk kamu lebih baik atau lebih murah daripada produk yang ditawarkan oleh pesaing kamu.
  • Uji produk kamu: Ketika kamu tahu siapa pelanggan potensial kamu dan kamu telah meneliti kebutuhan mereka, serta kamu telah membuat produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Namun, apakah kamu mengalami kesulitan?. Produk kamu mungkin memiliki detail kecil atau besar yang tidak menyenangkan orang. Pastikan untuk mendapatkan umpan balik dari orang-orang yang sesuai dengan profil audiens target kamu.

Kamu juga perlu mempertimbangkan tahap apa produk kamu dalam siklus hidupnya: detail ini dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan dan profitabilitas bisnis kamu.

Harga

Berapa banyak yang dapat kamu kenakan untuk produk kamu?

Harga yang kamu minta akan mempengaruhi jumlah penjualan dan kuantitas yang terjual. Jika harga kamu terlalu rendah, pelanggan kamu mungkin menganggap produk itu berkualitas rendah atau kamu hanya akan menghasilkan terlalu sedikit keuntungan. Jika harga yang diminta terlalu tinggi, konsumen dapat membeli produk kamu dalam jumlah yang lebih sedikit.

Untuk menetapkan harga yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  1. Biaya yang terkait dengan produksi produk (termasuk biaya input langsung dan biaya tidak langsung)
  2. Harga yang dibebankan oleh kompetisi
  3. Harga yang pelanggan bersedia membayar atau dapat membayar untuk produk kamu.
  4. Pengaturan Harga (Pelajari tentang faktor-faktor yang akan membantu kamu menentukan harga yang akan dikenakan untuk produk atau layanan kamu).

Tempat

Di mana orang akan membeli produk kamu?

  • Lokasi mengacu pada tempat kamu akan menjual produk dan metode distribusi.Apakah kamu akan menjual produk kamu sendiri secara langsung kepada konsumen atau akankah kamu menjualnya kepada pedagang besar atau pengecer yang akan menjualnya untuk kamu?
  • Jika kamu menjualnya sendiri, akankah kamu menjualnya melalui Internet atau apakah kamu akan memiliki lokasi sebenarnya?
  • Apakah kamu akan memilih lokasi tempat audiens target kamu berbelanja?

Jika kamu baru dalam bisnis, berpikir tentang metode distribusi baru, atau mencoba menjual produk kamu di luar negeri, sumber daya berikut mungkin berguna:

  • Memilih lokasi dan tata letak
    Bertanya-tanya di mana untuk memulai bisnis kamu dan bagaimana mengembangkannya ketika saatnya tiba.
  • Manajemen Rantai Pasokan
    Manajemen yang efektif dari rantai pasokan akan dapat membantu kamu mengatur proses yang sedang berlangsung, dari pra-produksi hingga distribusi.
  • Ekspor
    Merangsang ekspansi bisnis kamu dengan menjual produk atau jasa di luar negeri.

Promosi

Bagaimana kamu akan memasarkan produk kamu?

Agar orang-orang membeli produk kamu, mereka perlu mengetahui bahwa produk itu ada, untuk memiliki kesan positif dan diyakinkan bahwa mereka membutuhkan atau menginginkannya. Ada berbagai taktik yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk kamu kepada calon pelanggan, termasuk:

  1. Periklanan tradisional (televisi, radio, koran, majalah, dll)
  2. Periklanan internet, media sosial, dan teknik promosi online lainnya
  3. Partisipasi dalam pameran dagang dan acara lainnya
  4. Pemasaran langsung melalui telepon (telemarketing), surat, dan e-mail
  5. Mendaftar dengan direktori bisnis.

Pendekatan yang tepat untuk bisnis kamu bergantung pada anggaran dan target audiens kamu. Pastikan untuk mempromosikan produk kamu di mana orang akan melihatnya dan memiliki visibilitas terbaik untuk uang yang diinvestasikan (juga disebut "Return on Investment").

Memaketkan produk kamu juga merupakan bagian penting dari taktik promosi, terutama jika produk kamu terkena produk pesaing. Kamu harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Bagaimana pesaing kamu mengemas produk mereka?
  • Jenis kemasan apa yang akan menarik pelanggan target kamu?
  • Apakah orang dapat menemukan fitur dan manfaat utama dari produk kamu dengan melihat kemasannya?

Pesan yang kamu sampaikan dan citra merek yang kamu buat adalah yang paling penting untuk membuat orang tahu dan menghargai produk kamu. Pesan kamu harus meyakinkan orang bahwa mereka membutuhkan atau menginginkan produk kamu, dan itu akan berharga. Merek kamu harus cukup menarik bagi orang untuk mengingat dan memikirkan bisnis dan produk kamu ketika tiba waktunya untuk membeli atau merekomendasikan produk kepada teman-teman mereka.

Bagaimana pengaruh pemasaran terhadap bisnis kamu?

Pemasaran bukanlah kegiatan otonom; itu terintegrasi sempurna dengan fungsi lain dalam perusahaan kamu.

  • Kegiatan penelitian dan pengembangan kamu harus fokus pada pembuatan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Tim produksi kamu harus dapat menanggapi permintaan yang kamu buat untuk produk kamu dan memenuhi janji yang kamu buat untuk kualitas produk.
  • Strategi SDM kamu harus fokus pada perekrutan dan pelatihan orang-orang yang akan menjual produk kamu dan siapa yang akan membangun citra yang kuat dari bisnis kamu.
  • Pakar keuangan kamu harus memutuskan dan memberikan pendapat mereka tentang harga produk kamu, ketika datang ke diskusi.
  • Tim hukum kamu perlu menilai implikasi privasi dari berbagai teknik pemasaran yang kamu pertimbangkan.
  • Tim lingkungan kamu perlu memeriksa kemasan produk dan memastikan bahwa itu hanya berdampak kecil terhadap lingkungan, namun tetap menarik.

Seperti yang kamu lihat, pemasaran jauh dari aktivitas bisnis yang terisolasi. Memang, kamu harus mempertimbangkan hal tersebut ketika membuat keputusan manajemen apa pun

Posting Komentar

Posting Komentar