vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara Bermain solo gitar di atas riff dan progresi

Soloing over riffs dan progressions (Bermain solo di atas riff dan progresi)

"Bagaimana bermain solo di atas progresi akord?" Selama bertahun-tahun, ini adalah pertanyaan paling umum yang ditanyakan kepada saya oleh para teman saya. Ini juga sulit untuk dijawab karena tidak hanya ada satu cara untuk melakukannya. Ini adalah tentang masalah "Style" atau gaya. Jawaban yang benar untuk pemain jazz akan sedikit berbeda dari jawaban yang akan diberikan kepada pemain blues, rock, atau metal. Ini juga masalah pada pilihan diri pribadi kita. Melodi atau kualitas solo seperti apa yang ingin kalian ciptakan? Pendekatan yang berbeda menghasilkan kualitas hasil yang tentu akan berbeda pula. Tetapi pada intinya semua itu berdasar pada menciptakan suatu melodi di atas progresi. Bermain solo hanya cenderung sedikit lebih cepat dengan hiasan yang lebih kompleks atau terkadang bahkan seluruh "subroutines" dalam gerakan melodi yang lebih besar. Jadi ya, mungkin untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan mencoba melakukan ini dengan memulai panduan yang paling sederhana dan melanjutkan ke yang paling rumit atau lebih detail.

  1. "Aturan" pertama cara memainkan progresi akord adalah dengan menemukan kunci progresi dan bermain di dalamnya. (Tentu saja jika progresi 'meminjam' dari kunci lain untuk sementara, kalian perlu mengakomodasi ini dalam solo kalian.)
  2. kalian selalu dapat menghilangkan nada. Tidak ada hukum yang mengatakan kalian harus memainkan setiap nada yang tersedia. Jadi untuk solo di atas perkembangan natural minor, pilihan yang mudah adalah pentatonik minor. kalian juga dapat dengan bebas menambahkan nada. Chromatics tidak ada konsekuensinya secara harmonis. Jadi misalnya, dalam situasi apa pun di mana pentatonik minor bekerja, maka scale blues (ditambahkan ♭5) juga akan berfungsi. Dan kalian dapat menambahkan nada lainnya. Namun perlu diingat bahwa menambahkan nada ke tangga nada tidak sama dengan mengganti sebuah nada. Memainkan nada ♭6 saat pada kunci dan tangga nadanya terdapat nada ke-6, mungkin akan terdengar seperti nada yang salah (kecuali kalian menggunakan ♭6 dan 6 secara bersamaan). Jadi apa yang sebenarnya saya katakan di sini adalah bahwa kalian dapat dengan bebas menambah kunci tetapi tidak berbenturan dengannya.
  3. Jika progresi jarang secara harmonis, kalian bebas untuk "mengisinya" dan menyelesaikannya sesuai keinginan diri kalian. Untuk tangga nada yang tidak ditentukan dalam progresi atau riff yang mendasarinya, kalian mungkin bebas menggunakan varian nada apa pun (atau tidak menggunakannya sama sekali). Jadi pada progresi A5-G5 sederhana, yang terdiri dari nada A, E (A5), dan G, D (G5), tangga nada potensial dapat mencakup A minor pentatonik, A blues, A natural minor, A Dorian, A Phrygian, A Phrygian dominan, A Mixolydian, dll. (Tetapi melodic minor atau harmonic minor  bukanlah pilihan yang bijaksana, karena G♯ pada tangga nada tersebut akan berbenturan dengan akord G5.) Biarkan telinga kalian belajar menentukan not yang paling pas dan tepat.
  4. Akhirnya, bahkan not yang "salah" akan terdengar 'masuk' jika kalian menggunakannya dengan terampil. Dalam situasi di mana kunci menunjukkan nada ke-6 mayor, misalkan kalian menggunakan nada ke-6 minor. Bahkan ini bisa berhasil, namun, jika kalian menggunakannya sebagai tetangga nada atas untuk memperindah nada ke-5 atau nada pendekatan yang diubah, yang menarik ke nada ke-6 mayor. Sebenarnya ada cara yang cukup mudah untuk melakukan ini "dengan cepat". Jika sebuah nada terdengar masam, bending saja segera hingga terdengar bagus, lalu lanjutkan seolah-olah tidak terjadi apa-apa! Pada akhirnya, kalian dapat memainkan nada apa pun yang kalian suka, selama kalian membuatnya terdengar unik dan 'masuk'!

Jadi satu-satunya "aturan" yang mencakup semua ini: Selama not yang kalian pilih tidak secara khusus berbenturan dengan backing chord, maka itu bukan masalah besar. Dan jika mereka bentrok, kalian bisa mengambil tindakan dengan bermain cukup cepat atau dengan semacam ada tujuan pada not dari tangga nadanya.

Namun, bagaimana dengan blues? Hal ini sebagian besar didasarkan pada premis kunci pendukung utama tersirat yang bentrok dengan nada kecil (biasanya ♭3 dan ♭7) dimainkan pada lead. Inilah yang disebut nada "biru" yang memberi nama gaya ini. Jadi beberapa bentrokan akan terdengar baik-baik saja, bahkan mungkin akan diinginkan. Kita harus merevisi aturan clashing kita kemudian, untuk ini: jangan bentrok dengan backing chord kecuali kalian menyukai clash dan kedengarannya bagus.

Sepertinya kita akan kembali ke "tanpa aturan". Dan mungkin itu  benar. Ini semua tentang memutuskan dengan bijak aturan mana yang harus dilanggar dan dalam konteks apa. Jadi saran terbaik saya adalah menanamkan semua pengetahuan ini dan kemudian ikuti telinga batin kalian sendiri.

Sekarang mari kita bicara tentang masalah mengikuti akord yang mendasarinya dalam sebuah progresi. Sekali lagi, tidak ada "aturan" di sini, hanya pilihan yang akan menghasilkan hasil yang berbeda:

  1. kalian dapat mengikuti sedikit progresi akor dan memainkan tension/release nada akordnya untuk menciptakan suara yang lebih melodis.
  2. kalian dapat mengabaikan akord yang mendasari progresi dan memainkan lick lurus berdasarkan tonik. Ini dapat menciptakan "melodic suspension" yang halus antara solo dan akord yang mendasarinya, yang diselesaikan saat progresi bergerak kembali ke tonik.
  3. kalian dapat memperpanjang harmoni akord dalam progresi jika kalian mau. Cukup tambahkan nada ke-7 atau ke-9 pada triad, misalnya. Di sini harmoni akord pendukung hanyalah keynote (1) dan gitar utama memproduksi tangga nada, mode, dan arpeggio sesuka hati. Di antara dua ekstrem ini, ada spektrum pilihan yang lengkap.
  4. Selalu waspada terhadap nada suara paralel dan perubahan kunci dalam perkembangan yang mendasarinya. kalian harus berubah dengan progresi ini. kalian juga dapat memasukkan perubahan nada suara paralel jika kalian sedang waspada dengan mencatat akord dalam progresi yang 'ambigu' dan memungkinkan untuk diperpanjang menjadi nada suara paralel.

TIPS: Jangan lupa tentang metode "cepat dan kotor" dalam memainkan progresi: cukup mainkan lick yang diambil secara umum dari keseluruhan kunci (tanpa memperhatikan akord yang mendasari progresi) dan kemudian ikuti telinga kalian untuk mendukung operan nada di sana-sini, meminjamkan sedikit "melodisisme" untuk beberapa hal. Pendekatan ini membagi perbedaan antara 1 dan 2 di atas, Dan cukup mudah untuk diterapkan. Ini bisa di bilang merupakan sebuah "taruhan" terbaik kalian untuk berimprovisasi.
Posting Komentar

Posting Komentar