vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara mudah mencari ide untuk menulis artikel yang profesional

Didalam dunia Ngblog hal yang paling tersulit adalah membuat konten, hanya dengan beberapa langkah saja, membuat blog sekarang sangatlah mudah. Untuk mempercantik tampilan blog, kita hanya perlu mengganti template  yang sudah banyak dibagikan oleh para senior, baik itu yang gratis  maupun yang Premium.

Faktor yang menjadi kendala dalam membuat konten yang profesional

Namun untuk segi konten, inilah hal bisa di sebut gampang-gampang susah kalo menurt saya. Mungkin jika diri kita punya keahlian dalam suatu 'niche' tertentu maka akan sangat mudah bagi kita untuk membuat suatu konten yang original dan mempunyai ciri khas tersendiri dalam penyampaiannya. Tapi tidak sebaliknya.

cara menulis aritkel

Konten yang berkualitas adalah konten yang paling di sukai oleh mesin pencari.

Bahkan untuk berada di halaman pertama mesin pencari adalah blog yang sudah mendapatkan peringkat baik algoritma mesin pencari, (sebagai contoh mesin pencari seperti google). Lalu bagaimana membuat konten yang berkualitas ?

Konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan informasi secara detail kepada pembacanya, sehingga pembaca bisa berlama-lama menelusuri sebuah blog. Konten yang berkualitas bukanlah konten yang berisi basa-basi saja yang panjang lebar tidak jelas. Lalu bagaimana menemukan ide untuk membuat konten berkualitas?

Membaca Buku

Buku merupakan jendela dunia, namun saat ini internet sudah sebagian besar dapat melampaui istilah itu.  Walaupun demikian buku menjadi nomor satu dalam menemukan ide untuk bahan sebuah artikel, karena dari buku kalian bisa menemukan berbagai macam pengetahuan. Carilah referensi buku yang sesuai dengan tema artikel anda , supaya tulisan yang di hasilkan tidak keluar jalur dari niche blog yang anda miliki. Namun jika blognya gado-gado atau memiliki banyak tema, berarti anda tidak menyesuaikan saja.

Periksa Kolom Komentar

Dalam postingan di dalam blog usahakan untuk membuat kolom komentar, selain berfungsi untuk apa yang pembaca ingin sampaikan, kolom komentar juga bisa mendatangkan ide baru bagi penulis itu sendiri. Pembaca anda mungkin meminta informasi lebih lanjut tentang item tertentu yang tidak anda bahas dengan jelas di postingan artikel anda, atau mereka mungkin membagikan pendapat mereka sendiri tentang topik yang anda tersebut, yang bisa membuat jari anda gatal untuk menulis.

Temukan Ide Dengan Membaca Blog Lain

Membaca blog orang lain bukan berarti kita ingin mencuri ide nya dengan cara melakukan plagiat dan copy paste blog milik orang lain secara menyeluruh. Tapi membaca blog orang lain itu hanya untuk menambah wawasan anda dalam menemukan ide yang baik dalam menulis artikel.

Hal yang paling salah dan paling buruk di mata google adalah ketika artikel di blog anda tidak original. Bahkan yang paling buruk adalah mereka yang menggunakan alat atau software tertentu tanpa kerja keras untuk mencuri dari blog orang lain dan di posting di blog kita.

Lihat Informasi Di Media Social

Media social seperti facebook dan twitter bisa menjadi salah satu sumber informasi untuk membuat bahan suatu tulisan dalam konten yang berkualitas. Informasi yang anda dapatkan bisa di olah dan di bumbui dengan berbagai informasi lain yang akurat, Sehingga dapat menghasilkan artikel blog yang berkualitas.

Tetapi satu hal yang harus di ingat bahwa sumber informasi itu jangan sampai anda Copy Paste lagi, karena informasi tersebut sudah ter'index oleh mesin pencari. Lakukanlah penulisan ulang dengan gaya bahasa yang anda milki, Dengan tetap menghargai hak intelektual milik penulisnya, misalnya anda menyebutkan sumber informasi yang anda dapat dalam postingan kamu.

Berkunjung Ke Forum Komunitas

Biasanya di didalam forum komunitas seperti kaskus atau yang lainnya, tidak sedikit terdapat pertanyaan dari para pengunjung, anda bisa menyimak beberapa pertanyaan dari orang lain maupun anda bertanya sendiri untuk menemukan ide suatu konten.

Selain itu anda juga bisa menemukan  ide gagasan dalam menulis suatu postingan blog melalui tanya jawab yang ada di forum komunitas. Yang paling penting adalah carilah inspirasi yang sesuai dengan bidang atau keahlian yang anda pahami, agar lebih mudah dalam membuat artikel.

Lihat Sekeliling Anda

Gagasan dalam menulis suatu artikel bisa bersumber dari mana saja, termasuk di dalam kehidupan yang sedang anda jalani. Misalnya anda dapat menemukan ide dengan berlibur atau sedang bekerja. Dari kehidupan sehari-hari banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang bisa anada dapatkan, bahkan mungkin sebenarnya disanalah tercipta berbagai macam ide menarik yang bisa menjadikan tulisan yang berkualitas.

Anda juga bisa menemukan ide dalam menulis artikel sesuai dengan keahlian yang anda miliki, contohnya seperti keahlian anda dalam membuat kue, maka tulis lah tentang bagaimana cara pembuatan kue berdasarkan (mungkin)' jenis kue yang akan di bahas dan sebagainya. atau mungkin seorang pengajar, maka ceritakanlah kisah dan pengalaman saat mengajar anda sehingga bisa melahirkan teori teori baru dalam belajar.

Selain itu anda juga bisa melakukan diskusi bersama teman, kerabat, atau munngkin orang yang anda anggap memiliki pengetahuan dalam dalam bidang tertentu. Temukan ide menulis artikel melalui diskusi yang anda lakukan, yang penting adalah tingkat keakuratan yang anda dapatkan dari sebuah informasi.

Lakukan peneliti Kata Kunci Di Google Keywords

Dalam membuat postingan yang berkualitas baik, tidak ada yang dapat mengalahkan Google AdWords untuk menemukan ide dama menulis artikel. Google AdWords akan memberi dapat memberikan informasi tentang kata kunci yang berkualitas dan yang ingin di cari.

Temukanlah berbagai macam kata kunci yang sesuai dengan tema pada blog anda, kemudian buatlah judul yang berbeda pada konten dengan meletakannya kata kunci pada judul blog anda.

Google AdWords memang menjadi salah satu alat bagi Blogger dalam urusan menulis sebuah konten. Bahkan blog yang sudah terkenal banyak menggunakan google keyword karena paling maksimal dalam menemuna berbagai ide dan konten yang berkualitas.

Posting Komentar

Posting Komentar