vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara merubah tunning gitar | Dari standar Ke Drop D Atau Open Low Standar

Semua yang sudah saya tulis sebelumnya, Saya memakai standar tunning. Kali ini saya membahas tentang cara merubah tunning gitar. Tapi jangan takut, semua ini berlaku untuk tunning lainnya juga.

Pertama, mari kita lihat dari yang mudah. Penyetelan yang kendur berarti kalian menyetel semua senar secara merata pada gitar kalian. Misalnya, tuning E slack (kendur) (turun setengah langkah) atau tuning D (turun satu langkah penuh) adalah merupakan tuning slack yang umum.

Jadi nada yang mutlak dari semua nada akan terdengar lebih rendah, tetapi semua hubungan nada dan bentuk tetap utuh. Faktanya, praktik umum adalah bahwa kita terus menganggap senar E sebagai "E" meskipun nada absolutnya mungkin terdengar sebagai E, D, atau bahkan lebih rendah. Ini sebenarnya menunjukkan keefektifan pendekatan nada yang relatif selama semuanya digerakkan secara bersama, semuanya terdengar hampir sama. (Tentu saja jika kalian menggunakan tuner kromatik atau berkomunikasi dengan musisi lain yang tidak memiliki nada slack tuning yang sama dengan kalian, misalnya seorang pemain keyboard, kalian harus mempertimbangkan nada mutlak dari nada kalian.) rendah.

Hal-hal berubah sedikit ketika altered tunnings yang diubah digunakan. Varian tunning yang paling umum diubah adalah penyetelan drop D di mana senar E rendah diturunkan satu langkah ke D, sementara semua senar lainnya tetap dalam penyetelan standar.

Untuk menerapkan nada, interval, dan bentuk akor/arpeggio untuk menurunkan tuning D, kita harus mengkompensasi perubahan titinada ini dengan menaikkan semua nada satu langkah penuh (dua fret) pada senar keenam rendah. Di drop D, semua not dengan nama huruf pada senar keenam juga harus dinaikkan dua fret.

FYI: Drop D ke bawah setengah langkah adalah kombinasi dari drop D reguler dan penyetelan slack setengah langkah. Dalam penyetelan seperti ini, kami menganggap fretboard seolah-olah berada dalam penurunan D biasa dan hanya mengakui aspek tunning yang kendur, yang berarti bahwa semua senar terdengar setengah langkah lebih rendah di seluruh papan.

Jika kalian telah membangun gambaran mental yang cukup kuat tentang struktur musik, perubahan ini akan cukup mudah. kalian cukup melihat penyetelan "setara" penyetelan standar yang diubah, dengan pergeseran posisi yang cepat pada senar yang bersangkutan (disini senar 6 sebagai D). Cara termudah untuk menurunkannya adalah dengan menuliskan dan menjalankan sejumlah pola skala dalam penyetelan baru. Tidak butuh waktu lama, kalian akan belajar untuk "menerjemahkan" altered tunning dengan sangat mudah.

TIPS: Cobalah penyetelan yang dirubah ini dan tuliskan beberapa suara akord dan pola skala yang umum, ubah bentuk sesuai kebutuhan untuk mengimbangi perubahan tunning. (Dalam beberapa kasus yang lebih ekstrem lagi, tangga nada menjadi hampir tidak mungkin untuk dimainkan di senar tertentu. Lewati saja dan cari interval akord penting seperti 5th dan oktaf dalam kasus tersebut.)

Posting Komentar

Posting Komentar