vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Beberapa Developer Game Yang Beda Dan Unik

Beberapa Developer game yang beda dan unik

Intinya developer itu yang membuat suatu game, sedangkan pubhliser game itu yang mengeluarkan game tadi ke pasaran, dan terkadang memang developing dan publishing game itu di lakukan oleh pihak atau perusahaan yang sama, sepintas seperti itulah gambarannya. Jadi developer game itu beda dengan pubhliser game

Mari kita bahas beberapa developer game yang unik dan beda dari yang lain

Paradox Development Studio (PDS)

Paradox Development Studio (PDS)

PDS adalah sebuah perusahaan game yang terlahir dan berlokasi di swedia, perusahaan ini sekarang sudah besar, mereka sudah banyak merilis game-game dari pengembang game lain. Namun yang membuat developer unik adalah game-game yang di hasilkannya sendiri adalah game yang masuk pada kategoru anti mainstream.

Di saat orang-orang umumnya mencari game dengan grafik yang aduhai, dan bisa membuat asyik karena ceritanya bagus, PDS malah terkenal dengan game-game grand strategi yang bisa membuat kepala pecah (saking rumitnya). Bedanya Game strategy dan grand strategy adalah jika strategi bisanya jangkauannya pendek (contohnya: perang seperti seri Total War), dan Grand Strategy jangkauannya lebih luas karena biasanya kita mengontrol negara secara menyeluruh dan diharuskan memperhatikan semuanya, mulai dari keadaan ekonomi dunia, hubungan realisai antar negar, beberapa krisis didunia, danvtentunya dengan PERANG.

Sebenarnya persentase orang-orang yang menyukai jenis game seperti ini jumlahnya sangat sedikit. Bahkan beberapa majalah game sering kali dibahas kalo DPS ini terlalu jago dan berani bermain di kategori yang sempit ini. Tapi sekarang ini DPS masih tetap berjaya di kancah game anti-mainstream ini karena mereka konsisten dan game yang di hasilkannya bagus dan inovatif. Bahkan mereka punya fanbase yang solid banget menurut saya.

Beberapa game yang terbaik keluaran mereka adalah Europa Universalis series, Crusader Kings series, Victoria series, dan Heart of Iron series.

Jadi yang membuat mereka beda adalah mereka membuat game yang rumit dan susah (setidaknya pas baru belajar) dan audience-audience yang terbatas dan sempit

Maxis

maxis developer

Siapa yang tidak kenal dengan game the sims dan sims city. Dua seri maut ini zaman sekarang sudah benar-benar terkenal, tapi sekarang kita akan membahas developernya. Maxis sendiri sebenarnya merupakan anak perusahaan developer game lain, yaitu EA tapi jika dibanding dengan EA, mereka relatif lebih di anggap baik, karena EA itu terlalu kapitalis.

Maxis termasuk dalam kategori unik dwn beda buatan, karena mereka adalah orang yang pertama membuat game yang bertema simulasi (sim city) dan mereka juga yang pertama kali membuat game dengan mode sandbox, dimana para player bebas melakukan apa yang mereka mau dan tidak ada batasan jelas antara kalah dan menang dalam game tersebut.

Game mereka yang paling terbaru pastinya Sims 5 yang baru saja rilis. Game mereka yang terkenal adalah : The Sims series, Sim City series, dan Spore. Mereka unik karena mereka adalah inovator game jenis sandbox yang kita kenal sampai sekarang.

Sport Interactive Games (sigames)

sport interactive game

F*ck you FIFA and EA...

Mungkin ini gambaran dari Sigames dan football Managernya, soalnya sigames adalah perusahaan yang relait kecil tapi langsung bersaing dengan perusahaan yang mempunyai sumber tidak terbatas seperti EA. Dan yang lebih mantap lagi adalah mereka bisa di bilang unggul daripdada EA dalam game managernya, bahkan ketika EA memiliki lisensi untuk menggunakan nama dan logo resmi dari klub-klub sepakbola FIFA.

Kelebihan yang dimiliki oleh sigames dan football manegernya adalah realitas, kompleksitas, dan fitur yang mereka miliki atau dengan kata lain mereka memiliki kualitas yang bisa mengalahkan EA dan FIFA managernya.

Jadi keunikan sigames ini bisa menjadi pelajaran hidup buat kalian karena uang bukanlah segalanya, ya mungkin begitulah karena kalo kalian mempunyai kualitas, kalian bisa mengalahkan mereka yang mempunyai sumber daya yang besar (baca:duit)

sport interactive game

Shining Rocks Software (SRS)

SRS adalah developer yang membuat game banished, apakah kalian tahu game banished? itu lo, game simulator membangun desa. Gamenya mirip Sims City, tapi ini yang di bangun desa, kedengarannya mungkin sepele, tapi kalau kalian main pasti akan terpukau, karena di buat lebih cantik daripada Sim City (Sim City 5). Bahkan Banished sendiri dibuat karena kekecewaan developernya kepada game SimCity.

Dimana letak keunikan developer SRS ini dalam game yang unik? SRS unik karena yang namanya SRS ini cuma terdiri dari satu orang saja yaitu Luke Hodorowicz. Gila kan? satu orang bisa membuat gane yang (menurut saya) sangat epic... kalo tidak percaya bisa di coba untuk memainkan game banished, pasti kalian akan berdetak kagum dangan gamenya, sizenya kecil, grafik bagus, kompleks tapi mudah dimengerti fiturnya oke, yang pastinya keren abis buat Luke Hodorowicz.

Kenapa saya sangat salut kepada Luke Hodorowicz ini, karena dia bisa programming, membuat sound untuk gamenya dan membuat artwork untuk gamenya, dan semuanya tidak setengah-setengah, dan hasilnya mantap abis.

Telltale Games

Telltale game logo

Apakah Kalian pernah bermain game Visual Novel? Game yang lebih berat pada ceritanya dan biasanya di buat oleh perusahaan-perusahaan developer game dari jepang. Nah Telltale ini sebenarnya spesialist untuk game seperti Visual Novel ini, tapi menurut saya mereka membuat gamenya di kemas dengan sangat epic, karena selain cerita yang apik, mereka juga jagi membuat tambahan beberapa fitur action dari game storytelling mereka  yang membuat game mereka tidak pernah membosankan.

Mereka juga ahli membuat cerita yang bercabang-cabang, tergantung pilihan yang dipilih oleh playernya sendiri, jadi kalian bermain tidak akan merasakan kebosanan karena kalian bakal penasaran dengan dampak dari plilhan lain yang kalian pilih.

Artwork dari beberapa game mereka juga mempunyai karakter yang enak di pandang tetapi selalu konsisten, menurut saya kalo dari segi cerita buat game, mereka belum ada lawannya, karena mereka biasanya bisa mengadaptasi sesuatu yang epic jadi lebih epic lagi, misalnya saat membuat game Walking Dead serial TV dan Game Wolf Among Us dsri komik Fable, dua gem tersebut sangat recomended banget.

game of trone

Nah itulah Beberapa Developer game yang unik menurut saya, kalo kalian mempunyai ide lagi silahkan koment di bawah.. 

Posting Komentar

Posting Komentar