vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Exotic Dan Ethnic Scale | Mengenal Scale unik pada gitar

Exotic Dan Ethnic Scale

Exotic Dan Ethnic Scale

Bagi yang penasaran, berikut beberapa keanehan yang bisa disimak.Siapa tahu?  Salah satunya dapat mengilhami lagu yang mengerikan dalam diri Kalian. Alih-alih memberi Kalian bentuk aneh scale dalam fretboard, saya hanya akan menjelaskan struktur nadanya saja, karena pada titik ini hanya itu yang Kalian perlukan. Mainkan satu oktaf dari setiap tangga nada di posisi utama (seperti mulai dari A pada fret ke-5). Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memilih skala yang sudah Kalian ketahui yang cukup dekat, dengan beberapa nada yang sama, dan kemudian cukup ubah nada sesuai kebutuhan "dengan cepat". Untuk melangkah lebih jauh, Kalian selalu dapat memetakan bentuk posisi penuh dan bahkan pada bagian fretboard lainnya jika Kalian mau.
TIPS: Dalam membedah Scale di bawah ini, akan sangat membantu jika Scale dipotong menjadi dua bagian.  Bagian bawah yang mencakup nada 1-2-3-4 disebut tetrachord rendah.  Bagian atas yang mencakup 5-6-7 dan akar oktaf (8) disebut tetrachord tinggi.
1.) Tetrachord atas tangga nada Double Harmonic sama dengan nada Minor Harmonic, dengan karakteristik minor ke-3 yang diapit oleh setengah langkah pada 5-♭6-7-8. Tapi Double Harmonic juga menempatkan struktur lain seperti itu di Tetrachord rendah (sama seperti Phrygian dominan pada 1-♭2-3-4). Double Harmonic dikenal sebagai skala Gypsy atau Bizantium.

Double Harmonic: 1-♭2-3-4-5-♭6-7

2.) Tangga nada Harmonic Mayor memiliki tetrachord Harmonic Minor tinggi yang sama, tetapi bagian Rendah dari tangga nada mayor adalah standar.

Harmonic Major: 1-2-3-4-5-♭6-7

3.) Hungarian Gypsy Minor adalah skala Natural Minor dengan nada ke 4 yang Dinaikan. Ini menciptakan karakteristik "struktur Harmonic" dari tangga nada minor ke-3  yang diapit setengah pada pada nade ke 2-♭3-♯4-5.  Ini juga memberi kita barisan kromatik pada ♯4-5-♭6.

Hungarian Gypsy Minor: 1-2-♭3-♯4-5-♭6-♭7

4.) Tangga nada Hungarian Minor adalah tangga nada minor harmonik dengan nada ke-4 yang ditinggikan.  Ini menciptakan skala dengan dua struktur anak tangga minor ke-3 yang diapit setengah. (Tidak seperti Double Harmonic, struktur bawah muncul di antara nada 2-5.) Hungarian Mayor memiliki nada ♯2 (sama dengan ♭3) dan 3 mayor. Sedikit aneh memang.

Hungaria Minor: 1-2-♭3-♯4-5-♭6-7
Hungaria Mayor: 1-♯2-3-♯4-5-6-♭7

5.) Skala yang penuh teka-teki sama anehnya dengan namanya. Ini dimulai seperti Phrygian dominan, kemudian berubah menjadi Whole tone Scale, dan akhirnya berubah menjadi kromatik saat mengarah ke root atas. Itu terdengar aneh.

Enigmatic: 1-♭2-3-♯4-♯5-♯6-7

6.) Tidak tahu siapa orang Neapolitan itu, tapi saya lebih suka es krim mereka daripada Scalenya.  Neapolitan Mayor tidak memiliki Mayor ke-3.  Seperinya, bagian atas Mayor Scale sudah cukup baginya. Kalian dapat menganggap Neapolitan Mayor sebagai tangga nada melodic minor dengan ♭2nd. Neapolitan Minor memiliki tetrachord Rendah yang sama dengan Neapolitan Mayor, tetapi bagian Tingginya adalah Natural Minor. Nama lain untuk Neapolitan Minor, seperti yang mungkin kalian perhatikan, adalah mode Phrygian.

Neapolitan Major: 1-♭2-♭3-4-5-6-7
Neapolitan Minor: 1-♭2-♭3-4-5-♭6-♭7

7.) Tangga nada Bebop atau "bop" mulai digunakan di era jazz bebop. Yang pertama adalah mode Mixolydian dengan tambahan nada ke-7 utama di antara nada ♭7th dan nada dasar. Yang kedua adalah mode Mixolydian dengan tambahan ♭3rd. Ini semua adalah tangga nada oktatonik, atau "delapan nada".

Bebop Dominan: 1-2-3-4-5-6-♭7-7
Bebop Minor: 1-2-♭3-3-4-5-6-♭7
Bebop Half-Diminished: 1-♭2-♭3-4-♭5-5-♭6-7

8.) Berikut adalah beberapa keanehan yang perlu dipertimbangkan. Major Locrian memiliki nada tinggi Locrian, tetapi mengubah step nada ke-2 dan ke-3 menjadi mayor. Lydian minor memiliki nada yang lebih rendah dari Lydian tetapi mengubah bagian atas tangga nada menjadi Natural Minor. Tangga nada atas adalah nama lain dari tangga nada Lydian Dominan, yang merupakan nada ke-4 dari melodi minor. Tangga nada keseluruhan dari nada utama adalah tangga nada standar dengan tambahan mayor 7th, menciptakan urutan kromatik tiga nada yang mengarah ke Root (akar) oktaf. Skala tambahannya benar-benar terdengar sangat aneh. Ini adalah skala simetris lain yang mengganti Minor 3th dengan setengah langkah (half step).

Major Locrian: 1-2-3-4-♭5-♭6-♭7
Lydian Minor: 1-2-3-♯4-5-♭6-♭7
Overtune (Lydian Dominant): 1-2-3-♯4-5-6-♭7
Leading Whole Tone: 1-2-3-♯4-♯5-♯6-7
Augmented: 1-♯2-3-4-5-♭6-7

9.) Tangga nada yang biasanya kita kaitkan dengan "suara Timur Tengah" adalah nada Phrygian Dominan. Skala ini juga menggunakan nama Spanish, Flamenco, Spanish-flamenco, Yahudi, dan Phrygian Mayor. Ini digunakan secara luas dalam gaya etnis di seluruh Mediterania, Balkan, Timur Tengah, dan Afrika utara. Ini tentu saja bukan kebetulan, ia menyebar melalui daerah-daerah ini dengan munculnya kerajaan Moor dan Mohammedan selama Abad Pertengahan. Tapi tentu saja, ini bukan satu-satunya skala yang digunakan di wilayah ini. Kalin perlu Pertimbangkan ini juga:

Arabian: 1-2-3-4-♭5-♭6-♭7 (Sama dengan Major Locrian)
Egyptian: 1-2-4-5-♭7 ("Mode" ke tiga Minor Pentatonic)
Algerian: 1-2-♭3-4-5-♭6-7
Persian: 1-♭2-3-4-♭5-♭6-7
Mohammedan: 1-2-♭3-4-5-♭6-7 (sama dengan Harmonic Minor)
Byzantine: 1-♭2-3-4-5-♭6-7 (Sama dengan Double Harmonic)
FYI: Ada lebih banyak hal untuk menciptakan suara spesifik dari gaya musik etnik daripada hanya menggunakan rangkaian nadanya. Instrumentasi yang digunakan, serta cara nada-nada itu digunakan secara melodi, ditambah seluruh pendekatan ritmis dan harmonik, harus diperhitungkan untuk menciptakan gambaran sonic yang total.
10.) Tangga nada Hindu sama dengan Mixolydian dengan nada ♭13, atau nada ke-5 dari melodi minor. Namun, musik tradisional India sebenarnya didasarkan pada skala semitone, yang terdiri dari dua belas nada kromatik musik Barat, ditambah nada-nada yang berada di antaranya!

Hindu: 1-2-3-4-5-♭6-♭7

11.) Musik oriental paling sering didasarkan pada tangga nada pentatonik. Tangga nada Cina tidak hanya ditentukan oleh Pentatonic tetapi juga metode harmonisasinya yang unik. (Nada di sebelah kanan garis miring dalam rumus Cina adalah nada harmoni.)

Japanese: 1-♭2-4-5-♭6
Hirajoshi: 1-2-♭3-5-♭6
Chinese: 1/4-3/5-♯4/6-5/7-7/9 (Harmoni muncul di sebelah kanan garis miring)
Mongolian: 1-2-3-5-6 (sama Seperti Major Pentatomic)
Oriental: 1-♭2-3-4-♭5-6-♭7

12.) Berikut adalah beberapa pentatonik yang lebih tidak biasa lagi yang kita dengar pada umumnya. Yaitu tangga nada: Pelog, Kumoi, Iwato, dan Bali.

Pelog: 1-♭2-♭3-5-♭6
Kumoi: 1-♭2-4-5-♭6
Iwato: 1-♭2-4-♭5-♭7 (sama seperti Japanese)
Balinese: 1-♭2-♭3-5-♭6

Semua Scale aneh ini bisa menjadi luar biasa, sampai beberapa orang mungkin bertanya, "Berapa banyak Scale yang benar-benar saya butuhkan?"  Untungnya, tidak semuanya. Tangga nada yang perlu kalian hafal adalah fungsi dari tujuan musik kalian sendiri, dan rentang gaya di mana kalian ingin mencapai sebuah "fasilitas" dalam nada.

Namun bahkan untuk pemburu skala yang paling ambisius, pada titik tertentu masalah Scale akan merasaa pusing. Kalian akhirnya maju ke titik di mana kalian mengetahui kualitas intim dari sebuah music, dan kecenderungan dari setiap skala nada, serta berbagai pengaturan skala di mana setiap nada dapat muncul atau di butuhkan. Ketika kalian mencapai tahap ini, kalian benar-benar telah melampaui skala itu. Bagaimanapun juga, tangga nada hanyalah jumlah dari semua nada individu yang membentuknya. Jadi ketika kalian mengetahui blok bangunan nada dengan baik, maka kalian bebas membuat scale sendiri sesuai kebutuhannya.

Sebenarnya, pada akhirnya kalian mencapai titik di mana kalian mungkin menyadari, berbagai pola skala yang ada di bawah jari kalian, tetapi kalian tidak memainkannya atau bahkan "keluar" darinya.  kalian bermain dari rasa melodi dalam pikiran kalian sendiri. Pola-pola yang terbentuk sendiri di bawah jari-jari kalian adalah hasil sampingan dari proses dan bukan dari penyebabnya. Ketika ini terjadi, maka kalian telah melampaui scale!
Posting Komentar

Posting Komentar