vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Extended Chord | Latihan chord dasar extended

Extended Cord Voicing

Extended Chord adalah nada di atas satu oktaf, termasuk nada ke 9, 11, dan 13. Suara untuk beberapa bentuk umum yang dapat dipindahkan ditunjukkan di bawah ini. Untuk memainkan akord dengan nama huruf tertentu, kalian harus menggeser bentuk root yang dapat dipindahkan ke atas atau ke bawah ke nada dasar itu.

Akord ke-9 adalah ke-7 dengan interval ke-3 lainnya ditumpuk di atas. Berikut adalah tiga jenis nada ke 9 dengan arpeggio. Akord ke-9 Standar menggunakan nada 1-3-5-♭7-9 (sebuah nada ke-7 yang dominan dengan nada ke-9 sebagai tambahan). Minor 9 menggunakan nada 1-♭3-5-♭7-9 (minor ke-7 dengan tambahan nada ke-9). Nada ke-9 mayor menggunakan nada 1-3-5-7-9 (7 nada mayor ke-7 dengan nada ke-9 tambahan).
TIPS: Kami memiliki pilihan saat memainkan arpegio dari akord tambahan ini: apakah kami menyertakan root oktaf atas dan nada ke 3? Jika kita melewatkannya, kita mendengar arpeggio dalam arti yang "lebih benar", yang berarti susunan interval ke-3 yang paling jelas terdengar. Jika kita memasukkannya, itu mulai terdengar lebih seperti skala di oktaf atas. Di bawah ini beberapa Root atas dan Root ketiga disertakan, dan ada juga yang tidak. Perhatikan perbedaan kualitas arpeggio yang dihasilkannya.
Terkait erat dengan akord ke-9 adalah add9 dan sus2. Perbedaan antara akord ke-9 dan akord add9 adalah bahwa akord add9 tidak memiliki nada ke-7. Dan Akord sus2 tidak memiliki 7 atau 3.
TIP: Add9 dan sus2 hampir dapat ditukarkan, karena nada yang ke-2 dan ke-9 mengacu pada nada yang sama. (Biasanya akord ke-2 dari sus2 juga berada dalam oktaf yang lebih tinggi seperti add9.) Perbedaannya adalah bahwa add9 mencakup nada yang ke-3 (1-3-5-9), sedangkan sus2 menggantikan nada yang ke-3 dengan yang ke-2 (1- 2-5). Kita dapat menyimpulkan bahwa nama "sus2" digunakan karena yang ke-2 lebih mengidentifikasi fungsinya sebagai pengganti yang ke-3.
Jika kita terus menumpuk interval ke-3 pada interval ke-9, kita membuat akord ke-11. Nada ke-11 adalah satu oktaf ditambah dengan nada ke-4. Family akord dari ke-11 adalah 9sus4. Dalam hal ini kami memiliki yang ke-4 (11) menggantikan yang ke-3.

Jika kita menambahkan harmoni ke-3 lagi di atas akord ke-11, kita mendapatkan akord beast ke-13. (Nada ke-13 sama dengan nada ke-6. Tambahkan nada ke-3 lagi di atasnya dan kalian kembali ke akarnya.) Akor ke-13 berisi setiap nada dalam tangga nada diatonis: 1-3-5-7-9(2 )-11(4)-13(6). Hanya dengan memisahkan nada-nada oktaf atas, kita menghindari bunyi "kluster nada" yang bising.
TIPS: Sama seperti akord ke-9, ada banyak variasi akord ke-11 dan ke-13, termasuk dominan (11 dan 13), mayor (maj11 dan maj13), dan minor (min11 dan min13), serta variannya. Nada ke-11 biasanya dihilangkan dari akord ke-13 dengan nada ke-3 mayor (yang mencakup variasi mayor dan dominan) karena berbenturan dengan nada ke-3 dari akord tersebut. (Ingat, nada ke-11 sama dengan nada ke-4, hanya saja satu oktaf lebih tinggi.) Ketika nada ke-11 disertakan, nada ini sering dinaikkan setengah langkah untuk membuat akord 13♯11. Dalam akord minor ke-13, akord ke-11 biasanya dibiarkan tidak berubah karena tidak berbenturan dengan akord ♭3rd.
Ini adalah akord yang besar (banyak not dalam satu chord), dengan banyak nada, jadi kita tidak mungkin bisa memainkan semua nadanya pada gitar, beberapa nada harus dihilangkan dan kehadirannya tersirat. Secara umum, nada "warna" biasanya disertakan- seperti 3rd, 7th, dan ekstensi tertinggi dari akord (tergantung apakah itu akord 9, 11, atau 13) -sementara nada ke-5 dan bahkan akar kadang-kadang mungkin dihilangkan. Misalnya, jika kita memainkan akord A13, kita dapat menyuarakannya dari bawah ke atas: A-G-C♯-F♯ (1-♭7-3-13). Meskipun ada beberapa penghilangan di sini (5, 9, dan 11), suara ke-13 masih jelas karena yang terpenting adalah warna nadanya (dalam hal ini, ke-3, ke-7, dan ke-13) ada.
Berikut adalah beberapa arpeggio akord extended yang menggunakan teknik sweeping/tapping dan sweeping/tapping/sliding. Dengarkan suara yang tidak biasa saat mereka menekan ekstensi oktaf atas dan kemudian kembali ke "Solid ground." Mainkan dengan cukup cepat dan kalian akan melihat mengapa saya menyebutnya "arpeggio gila". Mereka memiliki sedikit rasa jazzy, tetapi mereka cukup nyaman dalam bermain solo rock atau metal, serta progresif atau fusion, gaya apa pun di mana teknik lead akan dihargai dan gitaris dapat menjadi sorotan sejenak.
TIPS: Percepat cara memainkannga agar terasa lebih "menyatu" bahkan lebih, memang ini sangat sulit untuk dimainkan dengan tempo yang cepat. Berikut adalah beberapa tips latihan: 1) Pisahkan menjadi potongan-potongan kecil; latih setiap bagian berulang kali untuk meningkatkan kecepatan kalian. 2) Jangan bermain-main. Jika not tertentu menjadi berantakan saat di mainkan, mulailah dengan tempo yang pelan. Jangan mengorbankan nada yang tidak bersih demi kecepatan, atau kalian tidak akan pernah membuatnya terdengar halus dan jernih. 3) kalian mungkin lebih suka tapping dengan jari tengah sehingga kalian dapat terus memegang pick antara ibu jari dan telunjuk. Ini membuatnya lebih mudah untuk beralih dengan cepat antara memetik dan tapping.
Sekarang buat beberapa sweep/tapping kalian sendiri dimainkan ke dalam solo. Atau lebih baik lagi, buatlah urutan empat atau lima ini secara berurutan dan tinggal para pendengar kalian yang merasakan!

Akord yang diubah adalah akord extended yang di mana ekstensi ke-5 atau salah satu ekstensinya sharp atau flat. Mengapa hanya nada-nada ini yang dapat diubah? Nah, karena jika kalian mengubah nada lainnya (root, 3, atau 7), maka kalian akan mengubah seluruh fondasi akord. Berikut adalah beberapa jenis akord yang diubah. Mainkan masing-masing dan periksa suaranya. Kemudian lihat apakah kalian dapat mengembangkan beberapa arpeggio.

Fretboard Mapping

Dengan menggunakan diagram di bawah ini, petakan nada di seluruh fretboard gitar kalian. Dari Root yang diberikan di bawah ini, temukan dan tulis dalam setiap nada yang mungkin berada di setiap area fretboard gitar
Posting Komentar

Posting Komentar