vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

10 Fakta Android yang menarik dan tidak banyak diketahui orang

10 Fakta Android yang jarang diketahui oleh banyak orang

Saat ini rasanya tidak ada yang tidak tahu tentang Android. Sebuah sistem operasi mobile yang saat ini dikembangkan Google, yang telah begitu banyak melahirkan gadget murah meriah dengan kualitas premium. (fakta android)

Namun, tahukah anda bawah sebelum itu Android telah melewati begitu banyak proses yang boleh dibilang tidak mulus dan kadang mengejutkan. Berikut ini adalah 10 fakta menarik atau mengejutkan tentang Android yang orang tidak banyak tahu.

1. Android bukanlah buatan Google

Saat ini, rasanya semua orang hanya mengetahui bahwa Android dikembangkan atau bahkan dibuat oleh Google. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Faktanya, Android adalah sebuah produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang bernama Android.inc, tepatnya pada tahun 2003. yang saat itu dipimpin Andy Rubin.

2. Android adalah sistem operasi untuk kamera digital

Pada awalnya, Android diciptakan bukan sebagai sistem operasi smartphone, melainkan sistem operasi untuk kamera digital. Baru dalam perkembangannya Android kemudian berubah menjadi sistem operasi untuk smartphone yang pasarnya jauh lebih besar.

3. Android.inc dibeli Google

Pada tahun 2005, Google mengakuisisi Android.inc. Sejak saat itu Google menjadi pemilik dan pengembang resmi dari sistem operasi Android.

4. Nama Versi Android dibuat berdasarkan urutan abjad

Dalam setiap release-nya. Android selalu diberi nama berdasarkan urutan abjad, mulai dari A, B C dan seterusnya. Android Astro (1.0), Bender (1.1), Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0), Froyo (2.2.x), Gingerbread (2.3.x), Honeycomb (3.0), Ice Cream Sandwich (4.0.x), Jelly Bean (4.x), Kitkat (4.4.x), Lollipop (5.x), Marshmallow (6.x), N (pada saat tulisan ini saya tulis masih berupa developer preview).

5. Nama Versi Kode Android bertema makanan penutup

Selain 2 versi awal (Astro dan Bender), semua versi Android dinamakan berdasarkan nama makanan penutup

6. Android berarti Robot Humanoid

Artinya adalah robot dengan bentuk yang menyerupai bentuk manusia. Android ini untuk logo dengan bentuk laki-laki, jika berbentuk perempuan biasa disebut Gynoid.

7. Bukan Android, melainkan Bugdroid

Dikalangan pengembang Google, logo Android ini ternyata tidak disebut Android, melainkan BugDroid. Hmm, mungkin pada awalnya OS Android ini terlalu banyak memiliki bug, sehingga saking sebalnya disebut BugDroid.

8. Prototype pertama Android menyerupai Blackberry

Prototype pertama Android yang pertama kali dibuat (sekitar tahun 2007) bentuknya sangat mirip dengan Blackberry. Prototype pertama Android tersebut diberi nama Sooner.

9. HTC Dream adalah smartphone resmi pertama Android

Pada tahun 2008, Google secara resmi merelease smartphone pertama dengan sistem operasi Android, yaitu HTC Dream .

10. Android Honeycomb adalah satu-satunya yang dibuat khusus untuk Tablet

Semua versi Android yang direlease Google dapat digunakan untuk smartphone dan tablet, kecuali Android Honeycomb yang hanya direlease untuk tablet saja.

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

Posting Komentar