vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Beberapa game yang bisa mengetest moral kamu

Kehidupan, sebagaimana kita ketahui selalu bermuara pada pilihan yang kita buat dalam hidup kita

Hal ini lah yang membuat para developer game mencoba menciptakan game dengan "Moral System".

Mengenal lebih jauh apa itu 'Moral System'

Expresi bermain game

Masuknya genre yang mengetest moral dalam game

Dalam dua generasi terakhir dari perkembangan sistem game, masuknya "Moral System" yang mempengaruhi plot dan karakter telah menjadi fitur yang menonjol di berbagai banyak judul game.

Versi sederhana dari fitur gameplay ini menawarkan ending yang berbeda tergantung kepada sang player itu sendiri, apakah ia ingin menjadi orang baik atu orang jahat di dalam game tersebut. Developer game menggunakan mereka untuk menguji etika pemain dengan beberapa keputusan yang benar-benar sulit yang nampaknya dibangun semata-mata untuk kamu merasa bersalah atas apa yang telah kamu pilih.

Berikut ini adalah game yang dapat mengetest seberapa jauh moral kamu

Saya akan menghindari mengungkap secara luas cerita dalam beberapa game berikut, karena game-game ini akan lebih terasa efeknya bila kamu sendiri yang memainkannya. ok langsung saja.

This war of mine (11 bit studios)

Disaat banyak developer game berlomba-lomba untuk menciptakan game perang yang keren dan menyenangkan untuk dimainkan, 11 bit studio, Developer game ini justru membuat sesuatu yang terlihat beda, mereka mencoba membuat game yang dimana menceritakan sudut pandang lain dalam perang.

Dalam game ini kamu bukanlah seorang perajurit perang yang handal dalam medan perang, dan juga bukan ahli strategi dalam memimpin suatu perang. Tapi kamu hanyalah seorang penduduk sipil biasa yang harus bertahan hidup ditengah-tengah kerusuhan perang yang sedang berlangsung. Jangan harap kamu akan mendapat pengalaman yang mengasyikan di dalam game ini, malahan justru sebaliknya.

Semua orang pasti tahu apa itu perang, seperti yang pernah kita lihat di buku sejarah, televisi maupun film. Tapi yang kita baca dan tonton itu hanyalah sebagian kecil dari apa yang namanya perang. Saya yakin perang yang kita tahu hanyalah sebatas kekuatan tentara atau berdasarkan sudut pandang pahlawan nasioanal, bagaimana cara mereka untuk menang, bagaimana strategi mereka untuk mencapai kemenangan, atau segala sesuatu yang membuat mereka menjadi di ingat dan di kenal. Tapi pernahkah kamu melihat perang dari sudut pandang penduduk sipil yang terjebak di dalam perang? bagaimana mereka makan? bagaimana mereka tidur? bagaimana mereka berkomunikasi antara satu sama lainnya ketika perang sedang berlangsung di negara mereka. Game ini akan memberikan kamu pengalaman untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi salah satu dari mereka, disini kamu harus mencari sumber daya untuk membangun tempat berlindung, mencari bahan makanan dari sampah, mencuri dari orang yang tidak berdaya, mencuri obat-obatan dari rumah sakit yang juga merawat korban perang, bahkan harus membunuh hanya demi untuk mendapatkan bahan makan yang tak seberapa, semua itu dilakukan hanya untuk bertahan hidup dari perang yang sedang berlangsung.

Jadi, jika kamu kehabisan makanan dan stok obat, apakah kamu bisa dengan gampang mencuri atau membunuh dari orang lain yang tidak bersalah? apakah kamu tega mencuri dari rumah seorang kakek dan nenek yang sedang sakit-sakitan? apakah kamu tega membunuh anggota keluarga yang juga jadi korban perang hanya untuk mencuri stok makanan mereka? ketika ada seorang anak yang mengetuk pintu rumahmu dan meminta sedikit makanan dan obat untuk ibu mereka yang sakit, apakah kamu rela memberikannya dimana stok kamu juga sangat-sangat terbatas sekali. jawabannya hanya sang player sendirilah yang menentukannya. This war of mine benar-benar pandai mempermainkan perasaan pemainnya, membuat pemainnya benar-benar merasa dilema dan bersalah, ditambah dengan alunan background music yang bagus, membuat kita seolah-olah benar-benar merasakan penderitaan para korban perang ini.
The Walking Dead Season 1 dan 2 (Telltale game)
the walking dead cover game
Game ini adalah game spin-off dari universe komik The walking dead karya Robert Kirkman. Game ini sama juga dengan TV serinya, tetapi menceritakan tentang karakter lain yang berbeda, bahkan bisa dibilang cerita dalam game ini lebih kuat dari TV serinya maupun komiknya. The Walking Dead sendiri adalah sebuah game interaktif atau biasa disebut 'choice matter' artinya suatu pilihan yang kita pilih dalam game ini akan mempunyai dampak yang berbeda dan akan ada konsekuensinya sendiri-sendiri, bahkan game ini akan membuat dampak emosional yang sangat kuat terhadap pemainnya sendiri. Dapat disimpulkan bahwa Telltale betul-betul dapat membuktikan keahlian mereka dalam menyuguhkan sebuah cerita emosional  dan brutal tentang bertahan hidup, pendewasaan, dan hubungan antar sesama manusia.

Jika kalian sedang mencari game zombie yang kalian dapat bunuh secara brutal dan membabi buta, berarti kalian telah salah game, karena zombie dalam game ini lebih bertekad untuk menguji moral kamu, kenapa? karena semua pilihan dalam game ini TIDAK ADA PILIHAN YANG BENAR ATAU SALAH, contohnya adalah ketika ayah, ibu, dan temanmu terjebak dalam kepungan zombie dan kamu hanya bisa menyelamatkan satu orang, maka siapakah yang akan kamu pilih untuk diselamatkan? yang satu selamat sementara yang lainnya mati. Ya itu adalah sekilas gambaran kecil dalam game ini, akan banyak pilihan moral lainnya yang akan kalian temui ketika memainkan game ini.

Dalam season 2 game ini, tokoh utamanya adalah seorang anak kecil yang bernama Clementine, yang merupakan salah satu survivor dalam season 1 nya, bisa coba kalian bayangkan kita bermain dengan sudut pandang seorang anak kecil dalam "zombie apocalypse" sungguh sangat miris, apalagi dengan ditambahnya banyak pilihan yang sulit yang akam menguji moral kamu.

Bahkan sebuah sekolah di norwegia pernah menggunakan game ini untuk mengajarkan moral dan etika, berikut link videonya jangan lupa untuk mengaktifkan anotasi/subtitle karena video youtube ini memakai bahasa norwey.
Fallout Series (Bethesda)
Fallout seires (bethseda) walpapper
Pernahkah Kalian membayangkan kondisi dunia setelah terjadi perang nuklir? apa yang mungkin akan terjadi dan kehidupan bagaimana yang akan dihadapi oleh orang-orang yang selamat? Nah, di dalam game ini kamu akan merasakan bagaimana situasi dan kondisi setelah perang nuklir. Dimana akan sangat sulit sekali mencari tempat tinggal yang bebas dari radiasi selain tempat perlindungan yang ada di bawah tanah atau biasa di sebut 'vault'. Mereka yang beruntung dapat tinggal di dalam vault, sedangkan bagi sisanya yang tidak tinggal di dalam vault, mereka harus menghadapi ganasnya kehidupan di 'wasteland'.

Game fallout ini mengambil pendekatan yang lebih bernuansa ke arah moralitas atau karma, tergantung sebagaimana kamu bertindak di dunia ini, siapa yang kamu bunuh dan siapa yang kamu selamatkan, bagaimana kamu memperlakukan player lain/NPC, dan terdapat pilihan yang kamu buat dalam plot game itu sendiri.

War, war never change
Spec Ops: The line (Yeger development, 2k games)
Spec Ops: The line preview
Dalam game, film, dan media lainnya, kita mungkin pernah melihat berbagai macam pahlawan, tidak peduli dari mana asal mereka, kebiasaan maupun kelemahan mereka. Dalam berbagai macam kasus mereka akhirnya bisa mengatasi rintangan dan pada akhirnya mereka bisa berhasil mencegah bencana maupun menumpas kejahatan. Terkadang pahlawan harus mengabaikan suatu rencana yang sudah di buat dan diberikan oleh atasan untuk "melakukan apa yang dianggapnya benar" dan pada akhirnya dapat menghindari suatu bencana yang akan terjadi. Bahkan dalam beberapa kasus mereka malah gagal melakukannya, mereka bahkan tetap berjuang sekuat tenaga, dan mengambil hikmah dari suatu kegagalan agar mereka sukses dalam misi heroik selanjutnya. Kadang kita membutuhkan sesosok pahlawan, seseorang yang akan maju dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Namun ada waktu dan tempat untuk segalanya, dan itu semua berlaku untuk pahlawan juga.

Tidak setiap setiap situasi membutuhkan pahlawan, beberapa situasi tertentu kadang perlu di tata dengan rencana yang sangat baik, kerja sama tim, dan semua orang harus melakukan bagiannya masing-masing. Adanya rantai komando karena alasan itu, dan kebanyakan pahlawan tidak termasuk dalam rantai itu. Seseorang yang mencoba menjadi pahlawan dimana tidak ada yang di perlukan, dapat menimbulkan suatu kekacauan daripada kedamaian. Game Space Ops: The Line ini mengeksplorasi konsep itu,

Space Ops: The Line bukan game "first person shooter" biasa. Game ini  bersetting di dubai yang kala itu sedang terkana badai debu, dimana kolonel angkatan AS sudah hilang usai misi penyelamatan. Game ini memposisikan kamu sebagai salah satu dari 3 orang Delta Force yang telah menyadari bahwa misi penyelamatan mereka tidaklah seperti yang di harapkan. Game ini akan menguji rasa moralitas kamu seperti bagaimana apa yang kamu pilih, apakah kamu akan memilih untuk membantai tentara AS yang berpikir kamu adalah musuh mereka atau tidak. Game ini akan memaksa pemain untuk bertahan dari beberapa peristiwa psikologis yang akan membuat kamu bertanya-tanya apakah suatu keputusan yang kamu pilih itu benar atau tidak. Space Ops: The Line akan membuat suatu kesan yang kuat pada kamu.

Saya hanya bisa memberikan 4 game ini, karena 4 game ini pernah saya mainkan, tamatkan dan mempunyai dilema moral bagi pemainnya. Mungkin ada yang mau nambahin, silahkan koment di bawah. Jangan lupa mampir di artikel saya selanjutnya. Bye

Posting Komentar

Posting Komentar