vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Gangguan psikologis paling langka dan aneh di dunia, Bahaya!!

Beberapa gangguan psikologis yang berbahaya

Psikologis dibagi menjadi dua bagian yaitu, neurosis dan psychosis. Jika Neurosis sedikit serius, si penderita sadar dengan kondisi mentalnya. Tegapi jika psychosis lebih duarius dan berdampak dengan emosional dan netral yang mungkin tidak disadari oleh si penderitanya.

Sekarang kita bahas gangguan kejiwaan paling aneh yaitu psychosis. Mari kita simak.

Aboulomania

Gangguan kejiwaan ini dapat meneyebabkan seseorang menjadi kebingungan untuk menentukan suatu pilihan yang simple dari suatu keputusan. Penderita umumnya normal dan sangat sulit untuk dibedakan dari orang normal lainnya. Tapi, masalahnya akan muncul ketika beberapa pertanyaan menyerang. Penderita akan menunjukan wajah serius tetapi tidak bisa menentukan suatu pilihan. Ini sangatlah berbahaya, kalau sudah masuk dalam pilihan hidupnya apalagi ngerjain ulangan, bisa jadi sampai kapanpun ujian itu tidak akan beres. Contohnya, si penderita akan kebingungan untuk rencana keluar nanti malam, untuk sekedar jalan-jalan atau tidak, berpikirnya mungkin akan memakan waktu sampai berjam-jam.

Kleptomania

Apakah kalian pernah bermain The Sims 3? Ketika kalian sedanga bermain The Sims 3 kalian akan menemui karakter yang suka mencuri (tapi bukan berarti pekerjaannya robber). Kleptomania adalah suatu kondisi psikologis seseorang untuk terobsesi mencuri barang orang lain tetapi dia tidak membutuhkannya. Barang yang di curi oleh si penderita ini pun tidak pilih-pilih, barang dengan nilai yang rendah juga akan di embat, sperti baut, penghapus, pensil, korek gas dan lain-lain. Dan jika sudah di curi barangnya tidak akan dijual lagi dan biasanya juga tidak dipake, malahan bisa saja di buang begitu saja.

Obbesive Compulsive Disorder (OCD)

OCD adalah gangguan psikologis yang dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang. OCD sangat sulit di kontrol dan melakukan sesuatu tanpa alasan yang cukup jelas. Cocntohnya seperti kamu sedang menaiki tangga, dan secara tiba-tiba kamu ingin turun tangga lagi, setelah di bawah kamu malahan ingin naik lagi. Kamu sering terobsesi untuk selalu mencuci tangan kamu walaupun tangan kamu sudah bersih. Kamu telah mengunci pintu dan kamu masih ingat sudah mengunci pintu, tetapi kamu malah balik lagi kesana untuk mengecek apakah pintu sudah benar-benar terkunci atau belum. Penderita ini tidak dapat menghentikannya.

Alice In The Wonderland Syndrome

Dari namanya seperti judul suatu film. Gangguan kejiwaan ini memiliki nama pendek yaitu Micropsia. Gangguan ini membuat penderitanya melihat sesuatu lebih kecil dari aslinya, seperti layaknya menjadi raksasa, dan jika melihat sesuatu akan lebih jauh dari aslinya. Contohnya, sebuah rumah akan terlihat seperti sebesar mobil jika dilihat oleh si penderita ini. Penyakit ini disebabkan oleh banyak sebab, salah satunya adalah TUMOR OTAK. gangguan ini disebabkan karena otak tidak dapat tehubung dengan mata dalam pengjriman data.

Amnesia

Penyakit amnesia ini mungkin dari kalian sudah paham betul ataupun masih ada yang mengalami? Amnesia adalah suatu kondisi dimana seseorang dapat kehilangan ingatannya dari semua informasi dan pengalaman selama hidupnya. Tetapi nyatanya ingatan itu dapat dipulihkan dengat mengingat dan melihat kembali sesuatu baik tempat, kondisi dan seseorang yang special sehingga kemungkinan lebih cepat bagi si penderita untuk menemukan jati dirinya yang asli. Tetapi amnesia juga bisa bersifat permanen, jika disebabkan oleh suatu benturan keras di area otak yang berfungsi memproses memori dan si penderita harus memulain kehidupannya yang baru

Capgras Syndrome

Gangguan ini menyebabkan delusi kesalahan dalam identifikasi. Kondisi ini menyebabkan, si penderita halusinasi (berkhayal) memandang seseorang yang dicintainya (anggota keluarga atau pasangan) sebagai penipu, karena merasa orang yang dilihatnya seperti sama dengan orang yang dikenalnya. Tapi jika didekati, si penderita merasa bahwa orang tersebut seperti bukan orang yang dikenalnya selama ini dan di anggap sebagai seorang penipu ini disebabkan karena cedera otak  yang disertai dengan penyakit seperti dementia, epilepsi atau schizophrenia. Kondisi ini membuat si penderita bingung karena merasa orang yang dilihatnya terlihat sama dengan orang yang dikenalnya. Tetapi si penderita jika didekati, dia akan merasa bahwa orang tersebut adalah bukan orang yang dikenalnya selama ini dan di anggap sebagai seorang penipu. Penderita ini bisa mengenali wajah tapi setelah itu merasa asing karena tidak muncul kedekatan emksionalnya. Ini sangat berbahaya sekali.

Somnambulism

Gangguan ini biasanya dikenal dengan nama 'sleep walking' yang biasanya terjadi ketika tidur dan tiba-tiba terbangun (secara tidak sadad) dan melakukan sesuatu  pekerjaan dengan normal. Beberapa penderita ini ada yang berjalan dengan santai, tetapi ada juga yang lari seperti sedang di kejar sesuatu, mungkin karena faktor yang ada didalam mimpi yang sangat mengerikan. Umumnya, si penderita berjalan dengan mata terbuka lebar. Kondisi seperti ini biasanya diderita oleh anak-anak, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa. Penderita ini dapat berbicara dengan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan keahliannya yaitu dalam kondisi yang tidak sadarkan diri.

Pica Syndrome

Syndrome ini dapat menyebabkan si penderitanya sendiri untuk memakan sesuatu yang tidak lazim, yang orang normal akan muntah jika melakukannya. Ketika melihat apa yang dimakan oleh si penderita ini, ada 5 jenis penyakit ini:

  • Coprgaphy: Suka makan face/ pisang goreng melayang yang biasa dijual di sungai.
  • Geophagy: Suka makan tanah, pasar, tanah liat dan sebagainya.
  • Hylaphagia: Suka makan gelas
  • Tricophagia: Suka makan rambut atau wool
  • Uropaghia: Suka minum urine.

Yang suka makan teman termasuk yang mana yah?? mungkin Coprgaphy..

Penyakit pica menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat cukup berbahaya bagi si penderitanya, karena banyaknya sesuatu yang berbahaya dalam tubuhnya seperti gastrointestinal blockages. Beberapa penelitian menemukan bahwa penyakit ini sering dialami oleh wanita hamil (mungkin karena ngidam yang terlalu extreme), anak-anak dan orang autis.

Alien Hand Syndrome

Gangguan kejiwaan ini disebabkan oleh trauma oleh suatu kecelakan otak, operasi bedah otak atau stroke yang menyebabkan infeksi pada otak. Penderita ini merasakan bahwa tangannya tidak dapat menyatu dengan jiwa dan raganya, seperti ada yang mengontrol lagi dari luar. Penderita ini tidak dapat mengontrol gerakan tangannya sendiri. Masih menjadi suatu misteri tentang apa yang menjadi penyebab pastinya.

Multiple Personality Disorder

Syndrome ini sering juga disebut dengan DID (Dissociative Identity Disorder) adalah sebuah kondisi psikologis yang dapat menyebabkan seseorang merasa mempunyai 2 identitas/kepribadian atau lebih yang tentunya berbeda. Jika si penderita sedang memasuki kepribadian yang satu, maka si pendreita tidak akan ingat tentang kepribadian yang satunya lagi. Setiap kepribadian yang berbeda maka berbeda pula tingkat pengetahuannya, cara bicaranya, sifatnya, moodnya, pribadinya, serta berbeds pula cara dia menyampaikan biodata dirinya seperti nama, umur, alamat, dan jenis kelamin. Sayangnya, para ahli psikolog belum menemukan apa yang menjadi penyebabnya.

Apapun syndrome nya, semoga kita dijauhi dari hal-hal di atas. bila ada masukan atau kritik kalian bisa di sampaikan di kolom komentar.

Posting Komentar

Posting Komentar