vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Industri kreatif yang maju pesat seiring berkembangnya zaman

Berbagai industri kreatif yang maju seiring berkembangnya zaman

Perkembangan zaman dan teknologi tidak cuman bermanfaat bagi beberapa perusahaan besar, tapi juga ada kesempatan bagi setiap orang maupun beberapa team atau kelompok tertentu.

Terbukti seiring berkembangnya zaman semakin banyak pula industri kreatif yang mampu berkembang.

Berikut ini adalah beberapa contoh kecil industri unik dan kreatif yang mampu berkembang pesat di zaman serba modern ini.

Industri fotografi dan film

Industri kretif fotografi dan film

Para fotografer dapat mengabadikan moment menggunakan kamera yang canggih, mulai dari kamera DLSR, mirrorles, kamera saku, atau mungkin lewat kamera bawaan samrtphone yang dimilikinya. Tidak sampai disitu, para fotografer juga bisa langsung mengupload fotonya ke berbagai media social atau bisa menjual royalti foto tersebut ke beberapa situs jual beli stock foto seperti iStockPhoto, Shutterstock, dan getty.

Industri desain dan percetakan

Industri kreatif desain dan percetakan

Apakah anda sedang mencari jasa desain grafis dan percetakan, tapi tidak mau ribet dengan kendala jumlah pesanan? Dengan adanya kemajuan TI, para klien bisa memesan desain yang diinginkan bahkan hanya dengan hitungan hari. Hasil cetaknya pun bisa didapat secara langsung, dan tentunya dengan tambahan biaya tertentu. Kemudahan dalam mencari berbagai jasa desain di internet adalah dampak dari majunya teknologi dan informasi saat ini.

Industri periklanan

Industri kretif periklanan

Berbagai macam iklan yang bertebaran di internet dimulai dari banner, iklan baris, entri advertorial, dan iklan video bisa menjadi lahan yang basah bagi pelaku di balik bidang periklanan tersebut. Bahkan, pemilik blog dan akun twiter yang notabene pembuatan dan pemeliharaan tidak terlalu mahal, bisa menjadi salah satu buzzer suatu produk atau suatu kampanye. Kita bisa beriklan tanpa batasan tempat dan suatu anggaran tertentu.

Industri fashion dan kerajinan tangan

Industri kreatif fashion dan kerajinan tangan

Persaingan di industri pakaian dan berbagai aksesoris merupakan yang paling ketat di antara beberapa industri kreatif lainnya. Jumlah seraching yang menggunakan kata kunci "toko fashion online" bisa mencapai jutaan, sedangkan untuk kata kunci "toko kerajinan tangan" juga tidak jauh berbeda. Salah satunya adalah tren tutorial hijab yang menginspirasi para desainer untuk berkreasi dengan model-model hijab terkini.

Industri musik

Kebiasaan kita yang mendengarkan musik yang sebelumnya hanya melalui kaset tape maupun piringan hitam, kini bisa bergeser pada musik digital dan streaming. Sebut saja iTunes dan Spotify yang menjadi gebrakan perubahan ini. Spotify berkembang menjadi salah satu situs streaming musik terbesar didunia.

Industri pariwisata

Industri kreatif pariwisata

Industri pariwisata lokal maupun luar negeri semakin terbantu dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi. Hal itu tidak lepas dari keterlibatan para ahli di bidang pariwisata, baik itu perusahaan jasa traveling, transportasi, traveler, fotografer, dsn videografer. Kemajuan IT dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata, salahsatunya adalah bali.

Industri Crowd sourcing dan Crowd funding

Zach Mueller menggalang dana dari kickstarter untuk sebuah projek kartu dengan kualitas desain yang sangat bagus. Sebagai pengguna internet, istilah ini sudah tidak asing lagi bagi para netizen karena beberapa situs web memang menerapkan bentuk Crowdsourcing, antara lain Wikipedia dan Kawal Pemilu. Sementara itu Crowdfunding adalah bentuk penggalangan dana demi mewujudkan suatu proyek bagi para pelaku industri kreatif yang memiliki kendala biaya. Kickstarter dan Indiegogo adalah salah satu tang terpopuler di internet, di Indonesia sendiri ada situs urun dsya wujudkan dsn kita bisa.

Industri startup

Industri kreatif startup

Perusahan merintis, lebih dikenal dengan sebutan startup, banyak didirikan oleh pengusaha sekaligus sebagai peneliti pada era modern kemajuan internet saat ini. Lahan startup di indonesia semakin tumbuh subur sejak kemunculan beberapa situs referensi startup seperti DailySocial dan startupbisnis. Siapa yang tidak kenal dengan kaskus? Komunitas terbesar di indonesia ini merupakan salah satu  contoh startup yang sukses dari segi tujuan dan finansial.

Industri game

Industri kreatif game

Industri game berkembang sangat pesat seiring kemajuan teknologi. Game yang tadinya cuman bisa dimainkan di PC dan konsol, kini bisa dinikmati di berbagai perangkat smartphone canggih. Aplikasi permainan unik dan kreatif pun sering kali kita temukan di indonesia, salah satu contohnya adalah tebak gambar. Tampilan permainan di berbagai konsol pun terlihat semakin relaistik dan mengasyikan.

Itulah beberapa industri kreatif yang muncul di ketatnya kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Apakah ada tambahan lain dari para pengunjung disini, silahkan bisa sampaikan di kolom komentar. see you byee..

Posting Komentar

Posting Komentar