vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Bahaya jika terlalu lama menggunakan smartphone

Smartphone atau biasa kita sebut ponsel pintar mungkin sudah tidak asing lagi oleh orang di seluruh dunia. Bahkan para pengguna smartphone tidak terkendali.

Beberapa bahaya jika kita terlalu lama menggunakan smartphone

Beberapa fitur dan aplikasi yang terdapat pada smartphone dapat membuat pemiliknya tidak ingin jauh dari yang namanya smartphone. Jadi, apa dampak yang ditimbulkan jika menggunakan smartphone secara berlebihan?

Resiko nyata dan berbahaya penggunaan smartphone yang berlebihan

Ada yang beranggapan jika smartphone dapat membuat hidup lebih mudah bagi beberapa orang setiap harinya, dengan adanya smartphone di genggaman tangan maka semua pekerjaan yang hanya bisa di kerjakan lewat komputer atau laptop kini bisa di ganti dengan smartphone. Pasalnya, inilah yang membuat samrtphone semakin berjaya pada dunia gadget di negara kita. Tetapi, penggunaan smartphone semakin membabi buta dan dapat menjadi hal buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa resiko nyata penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan.

Meningkatkan resiko jari dan peradangan

Jari-jari tangan, pergelangan tangan dan siku tangan adalah titik rawan yang paling banyak dikorbankan dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Efeknya tentu akan mulai kalian rasakan adalah kram yang sering terjadi pada jari dan beresiko mengalami peningkatan peradangan sendi (tendinitas). Solusinya dengan membatasi penggunaan smartphone ditiga titik area yang disebutkan di atas.

Rasa sakit pada leher dan punggung belakang

Sebagian besar pengguna samrtphone selalu melihat kebawah disaat menatap layar smartphonenya. Inilah yang menyebabkan rasa sakit atau perih di daerah leher dan punggung. Solusinya adalah dengan menyelaraskan smartphone dengan kepala kalian, maka rasa sakit di kedua area itu bisa kalian hindari.

Bahaya bagi kesehatan mata

Disaat sedang menggunakan smartphone dengan waktu yang begitu lama akan memberikan efek buruk pada organ mata, seperti pandangan mata mulai kabur, mata kering dan mata lelah. Solusinya adalah dengan menyesuaikan ukuran huruf pada smartphone, seringlah mengedipkan mata dan sesekali mengalihkan pandangan kearah lain dari samrtphone, dengan melihat benda yang jauh dan lebih jauh lagi.

Resiko terkena gejala Nomophobia

Nomophobia adalah ketakutan untuk menjalani hidup, jika kalian harus hidup tanpa smartphone di zaman seperti sekarang. Solusinya adalah jangan keseringan menge-cek smartphone dengan memasukannnya kedalam tas dan kantong saku kalian. Dan setidaknya menghabiskan satu hari tanpa adanya smartphone.

Merusak jam tidur malam

Ada berbagai banyak hal untuk memeriksa smartphone kalian, seperti pembaruan notifikasi jejaring social, email dan game. Inilah yang membuat seseorang terjaga sampai larut malam. Solusinya adalah dengan menjauhkan smartphone kalian dari tempat tidur atau kendalikan pikiran dan tangan kalian.

Itulah beberapa resiko tentang bahaya penggunaan smartphone yang terlalu lama

Apapun itu resikonya, tetaplah ingat bahwa kalian mempunyai kehidupan yang nyata dan lebih penting. hidup sehat, berpikir positif dan jagalah pikiran kalian. Jangan sampai kehidupan nyata kita di jajah oleh kecanduan smartphone. See you byee...

Posting Komentar

Posting Komentar