vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Kumpulan kata mutiara islami menyentuh hati

Kumpulan kata kata bijak islami tentang berbagi masalah manusia

Aku jamin rumah di dasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah di tengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaknya. (Al Hadits)

Aku tidak pernah berdialog dengan seseorang dengan tujuan aku lebih senang jika ia berpendapat salah. (Imam Syafi`i)

Kata-kata yang lemah dan beradab dapat melembutkan hati dan manusia yang keras (Hamka)

Setiap ucapan Bani Adam itu membahayakan dirinya (tidak memberi manfaat), kecuali kata-kata berupa amar ma`ruf dan nahi munkar serta berzikir kepada Allah. (Al Hadits)

Barangsiapa memperbanyak perkataan, maka akan jatuh dirinya. Barangsiapa jatuh dirinya, maka akan banyak dosanya. Barangsiapa banyak dosanya, maka nerakalah tempatnya.(Al Hadits)

Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu, melainkan Allah akan menampakannya melalui raut mukanya dan ketergelinciran mulutnya. (Utsman bin `Affan)

Iringilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya dan pergaulilah semua manusia dengan budi pekerti yang baik.(Al Hadits)

Hendaknya kau senang pada majelis  yang tidak memuliakanmu, memberi salam kepada orang yang kau jumpai, dan meninggalkan perdebatan sekalipun engkau di atas kebenaran. (Al Hadits)

Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam, bila ia memanggilmu penuhilah, bila dia meminta nasihat kepadamu nasihatilah, bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya=semoga Allah memberikan rahmat kepadamu), bila dia sakit jenguklah, dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya). (Al Hadits)

Jangan berteman dengan orang yang hanya mau menemanimu ketika kamu sehat atau kaya, karena tipe teman seperti itu sungguh berbahaya sekali. (Imam Al-Ghazali)

Apabila kamu melihat seseorang sedang memanjatkan doa kepada Allah, tapi di sisi lain perbuatannya tidak sesuai dengan hukum syara, maka jauhilah orang itu.(Abdul Qasim an-Nawwawi)

Berhati-hatilah dari berteman dengan: Ulama yang bersikap tak peduli, pecinta ajaran sufi yang bodoh serta pemimpin-pemimpin yang lalai. (Sahl bin Abdullah)

Teman yang tidak membantu dalam kesulitan seperti halnya musuh. Tanpa saling membantu maka hubungan teman tak akan lama. Telah kucari teman sejati dalam setiap masa, akan tapi usahaku itu sia-sia belaka. (Imam Syafi`i)

Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya.

(Mutiara Islami)

Ketika seorang muslim bertanya kepada Rasulullah tentang siapa yang harus ia hormati, Rasulullah menjawab Ibu, Ibu, Ibu lalu yang terakhir adalah ayah. (Al Hadits)

Jika kekuasaan dapat dibeli, Jual Ibu Anda untuk membelinya. Anda selalu dapat membelinya kembali. (Mutiara Islami)

Surga itu terletak di telapak kaki ibu. (Mutiara Islami)

Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan. (Hamka)

Peliharalah anak-anakmu dan perbaikilah budi pekerti mereka. Sesungguhnya anak-anak itu adalah hadiah Allah kepadamu. (Al Hadits)

Apabila mati seseorang anak Adam, terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang diambil orang manfaatnya dan anak yang saleh mendoakannya. (Al Hadits)

Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanya lah yang membuatnya menjadi seorang yahudi, seorang nasrani maupun seorang majusi. (Al Hadits)

Ada tiga perkara pada diriku, aku tidak menyebutkannya kecuali supaya dapat diambil pelajaran, Pertama aku tidak mendatangi penguasa (sulthan) kecuali jika diundang. Kedua, aku tidak masuk pada dua orang kecuali setelah keduanya mempersilakanku masuk diantara mereka. Ketiga, tidaklah aku menyebutkan seseorang setelah dia pergi dari sisiku kecuali kebaikan-kebaikan. (Al Ahnaf bin Qais)

Hal-hal yang bisa menyebabkan badan lemah antara lain : Banyak makan makanan yang rasanya masam, sering bersedih, banyak minum air tapi tidak makan sesuatu, serta sering melakukan hubungan seksual. (Imam Al-Ghazali)

Telah kurangkum pendapat 70 orang shiddiqin. Mereka sebagian besar berpendapat bahwa banyak minum bisa menyebabkan banyak tidur. (Ibrahim bin Khawwas)

Makanan dua orang itu cukup untuk tiga orang dan makanan tiga orang cukup untuk empat orang. (Mutiara Islami)

Rasulullah SAW, tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukai maka beliau memakannya dan kalau tidak menyukai maka beliau tidak memakannya (tanpa mencela). (Al Hadits)

Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. (Al Hadits)

Posting Komentar

Posting Komentar