vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Pengantar Studi (Riset) Pasar

Pengantar Studi (Riset) Pasar

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, penting untuk mengetahui siapa pelanggan kamu, apa yang mereka butuhkan dan bagaimana menjangkau mereka. Riset pasar dapat membantu kamu mendapatkan informasi yang akurat dan spesifik tentang pelanggan dan pesaing kamu, yang merupakan salah satu langkah penting bagi siapa pun yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis mereka. Permintaan pelanggan akan berdampak langsung pada semua aktivitas bisnis kamu dan akan menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis kamu.

Mengapa Melakukan Riset Pasar?

Lingkungan di mana perusahaan kamu beroperasi bisa sangat dinamis. Cara kamu bekerja dapat dipengaruhi oleh fluktuasi dalam situasi ekonomi, perubahan demografis, peraturan baru, atau perubahan teknologi. Riset pasar membantu kamu untuk:

  1. Lebih memahami kekhasan dan preferensi pelanggan kamu
  2. Temukan peluang untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kamu
  3. Pantau kondisi persaingan di pasar kamu
  4. Mengurangi risiko yang terkait dengan keputusan bisnis kamu
  5. Kembangkan dan selesaikan rencana bisnis jtamu

Bisnis yang mapan yang mempertimbangkan perubahan besar, seperti ekspansi atau relokasi, juga dapat menggunakan riset pasar untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Beberapa situasi umum lainnya juga dapat mengambil manfaat dari kontribusi studi pasar, termasuk:

  • Peluncuran kampanye iklan baru
  • Peningkatan produksi atau tingkat persediaan
  • Pengenalan rentang produk atau layanan baru

Bagaimana Cara Melakukan Studi Pasar?

Di atas segalanya, tetapkan tujuan yang jelas untuk riset pasar yang akan kamu lakukan. Kamu harus mulai dengan menentukan apa yang ingin kamu ketahui dan mengapa kamu membutuhkan informasi ini. Setelah kamu menentukan tujuan kamu, kembangkan strategi dan pilih teknik yang akan kamu gunakan untuk mengumpulkan informasi ini. Ada dua jenis penelitian utama: penelitian langsung dan penelitian tidak langsung.

Riset utama melibatkan pencarian data langsung dari pelanggan potensial kamu melalui survei, grup fokus, uji lapangan, dan banyak lagi. Kamu dapat melakukan studi sendiri atau menggunakan layanan perusahaan. Jika kamu memilih untuk melakukan riset sendiri, kamu akan mengurangi biaya dan mendapatkan manfaat dengan mengetahui lebih banyak tentang profil klien kamu.

Kerugian dengan penelitian utama adalah bahwa hal itu dapat memakan banyak waktu dan mahal, terutama jika kamu menggunakan layanan dari perusahaan pemasaran. Di sisi lain, metode ini memiliki keuntungan memungkinkan kamu untuk menargetkan kelompok-kelompok tertentu (seperti pelanggan kamu atau pasar geografis perusahaan kamu) dan untuk memberi kamu jawaban yang jelas atas pertanyaan-pertanyaan tepat yang akan kamu pilih untuk dimasukkan dalam studi kamu.

Penelitian sekunder melibatkan memanfaatkan sumber daya yang ada seperti demografi atau statistik industri dan menggunakan informasi ini untuk bisnis atau rencana pemasaran kamu sendiri. Penelitian sekunder menggunakan sumber daya yang sudah ada sebelumnya seperti pendaftar perusahaan, survei, studi penelitian, dan buku. Biasanya membutuhkan lebih sedikit waktu daripada pencarian langsung dan mungkin juga lebih murah.

Meskipun penelitian sekunder kurang terfokus daripada riset utama, penelitian ini tetap dapat memberi kamu informasi yang bermanfaat. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang dapat dijawab oleh penelitian sekunder:

  1. Apa kondisi ekonomi saat ini? dan Apakah mereka berubah?
  2. Apa tren umum dalam industri ini?
  3. Apakah ada pasar internasional untuk produk atau layanan saya?
  4. Siapa klien saya? (populasi, kelompok usia, tingkat pendapatan, tempat mereka tinggal, dll.)
  5. Bagaimana keadaan pasar kerja?

Data statistik dari badan statistik yang diakui atau asosiasi dan organisasi swasta juga merupakan sumber daya yang sangat diperlukan untuk studi pasar sekunder.

Apa Yang Saya Perlu Tahu?

Saat melakukan riset pasar, kamu mencari jawaban atas pertanyaan spesifik. Jawaban-jawaban ini dapat disediakan oleh penelitian primer atau sekunder. Kamu dapat mempertimbangkan beberapa pertanyaan berikut:

  1. Siapa klien saya?
    Mengetahui pelanggan kamu akan membantu kamu memilih lokasi untuk bisnis kamu, menetapkan harga, dan merencanakan strategi bisnis kamu. Tanyakan pada diri kamu pertanyaan-pertanyaan berikut: Siapa yang akan membeli produk saya?, dan Apa kebiasaan dan preferensi klien saya?.
  2. Apakah ada permintaan untuk produk atau jasa saya?
    Pastikan produk atau layanan kamu memenuhi kebutuhan pelanggan kamu.
  3. Siapa pesaing saya?
    Tentukan siapa pesaing utama kamu, cobalah untuk menilai kekuatan dan kelemahan mereka dan bandingkan bisnis kamu dengan para pesaing ini.
  4. Di mana klien saya?
    Dengan menempatkan pelanggan potensial kamu, kamu akan lebih mudah memilih lokasi untuk bisnis kamu, jenis promosi apa yang digunakan dan strategi pemasaran mana yang akan diadopsi. Ini juga memungkinkan kamu untuk menyadari perubahan dalam industri kamu dan bagaimana perubahan ini memengaruhi penjualan.
  5. Bagaimana saya akan menetapkan harga saya?
    Tujuan bisnis kamu adalah memaksimalkan laba sambil tetap kompetitif. Penetapan harga dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan bisnis kamu. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan harga yang dibebankan oleh pesaing kamu untuk produk dan layanan serupa dan mengevaluasi kemampuan kamu untuk mempertahankan harga pada tingkat yang telah kamu pilih selama periode berkelanjutan.
  6. Bagaimana saya harus mempromosikan produk atau layanan saya?
    Pastikan kamu menggunakan metode yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis kamu. Ketika memutuskan strategi komunikasi terbaik, pertimbangkan apa yang dilakukan pesaing kamu dan jenis media apa yang paling mungkin untuk menjangkau audiens kamu (media online sangat cocok untuk pasar remaja, misalnya).

Kamu mungkin merasa sulit untuk memperoleh informasi yang akan membantu kamu membuat keputusan bisnis terbaik, atau bahwa beberapa dari informasi ini mahal. Perlu diketahui, bagaimanapun, bahwa ada beberapa sumber daya statistik dan analitis yang terjangkau, selain layanan untuk membantu kamu menemukan jalan melalui semua data yang tersedia.

Posting Komentar

Posting Komentar