vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara Memahami Pesaing Bisnis Kamu, dan mengetahuinya

Cara Mengetahui dan Memahami Pesaing Bisnis Kamu

Mengetahui siapa pesaing kamu dan apa yang mereka tawarkan dapat membantu kamu membedakan produk, layanan, dan pemasaran kamu. Ini akan memungkinkan kamu untuk menetapkan harga kamu secara kompetitif dan membantu kamu menanggapi kampanye pemasaran yang merugikan dengan inisiatif kamu sendiri.

Kamu dapat menggunakan pengetahuan ini untuk menciptakan strategi pemasaran yang memanfaatkan kelemahan pesaing kamu dan meningkatkan kinerja bisnis kamu sendiri. Kamu juga dapat mengevaluasi ancaman apa pun yang ditimbulkan oleh pemain baru di pasar kamu dan oleh pesaing saat ini. Pengetahuan ini akan membantu kamu bersikap realistis tentang skala potensial kesuksesan kamu.

Panduan ini menjelaskan cara menganalisis siapa pesaing kamu, bagaimana meneliti apa yang mereka lakukan, dan bagaimana bertindak atas informasi yang kamu dapatkan.

Siapa Pesaing Kamu?

Semua perusahaan harus menghadapi persaingan. Bahkan jika kamu adalah satu-satunya restoran di kota, kamu harus bersaing dengan bioskop, mall, dan bisnis lain di mana pelanggan kamu akan membelanjakan uang mereka. Dengan meningkatnya penggunaan Internet untuk membeli barang dan jasa dan mencari tempat untuk pergi, kamu tidak hanya bersaing dengan tetangga terdekat kamu. Bahkan, kamu bisa bersaing dengan perusahaan dari negara lain.

Pesaing kamu dapat menjadi perusahaan baru yang menawarkan produk pengganti atau serupa. Persaingan bukan hanya bisnis lain yang dapat mencegah kamu menghasilkan uang. Bisa jadi produk atau layanan lain dibuat sehingga kamu harus menjual atau mencari lisensi sebelum orang lain melakukannya.

Dan jangan hanya mencari apa yang sudah ada di pasar. Kamu juga harus selalu waspada terhadap potensi persaingan baru. Kamu bisa mendapatkan petunjuk tentang keberadaan pesaing dari berikut ini:

  1. Direktori bisnis lokal
  2. Kamar Dagang setempat kamu
  3. Iklan
  4. Alat pers
  5. Pameran dan pameran dagang
  6. Kuesioner
  7. Menemukan produk dan jasa serupa di Internet
  8. Informasi yang diberikan oleh pelanggan
  9. Mencari produk yang sudah dipatenkan yang mirip dengan milik kamu

Apa Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pesaing Kamu

Perhatikan bagaimana pesaing kamu melakukan bisnis. Memeriksa:

  1. Produk atau jasa yang mereka berikan dan bagaimana mereka memasarkannya kepada pelanggan
  2. Harga yang mereka tetapkan
  3. Cara mereka mendistribusikan dan menyampaikan
  4. Perangkat yang mereka gunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan layanan dukungan yang mereka tawarkan
  5. Nilai merek dan desain mereka
  6. Jika mereka berinovasi - metode dan produk bisnis
  7. Jumlah staf atau karyawan mereka
  8. Bagaimana mereka menggunakan TI, misalnya, jika mereka didorong oleh teknologi dan menawarkan situs web dan alamat email
  9. Siapa yang memiliki bisnis dan orang macam apa itu
  10. Laporan tahunan mereka, jika itu adalah perusahaan publik
  11. Kegiatan media mereka; periksa situs web mereka serta surat kabar lokal, radio dan televisi dan semua iklan luar ruang

Bagaimana mereka memperlakukan pelanggan mereka

Cari tahu sebanyak mungkin tentang pelanggan pesaing kamu, seperti:

  1. Siapa mereka
  2. Apa produk atau jasa yang dibeli oleh pelanggan berbeda dari mereka
  3. Apa kekuatan dan kelemahan yang dilihat pelanggan di pesaing kamu
  4. Jika ada pelanggan lama
  5. Jika mereka memiliki arus masuk pelanggan baru-baru ini

Apa yang mereka rencanakan

Cobalah melampaui apa yang saat ini terjadi dengan menyelidiki strategi bisnis pesaing kamu, misalnya:

  • Jenis pelanggan apa yang mereka targetkan
  • Produk baru apa yang mereka kembangkan
  • Sumber keuangan apa yang mereka miliki

Ketahui Pesaing Kamu

Baca tentang pesaing kamu. Carilah artikel atau iklan di pers perdagangan atau dalam publikasi mainstream. Baca materi pemasaran mereka . Periksa daftar mereka di direktori dan buku telepon. Jika ini adalah bisnis online, mintalah untuk mencoba layanan mereka.

Apakah mereka mendapatkan lebih banyak publisitas daripada kamu, mungkin melalui jaringan atau sponsor acara?. Jika pesaing kamu adalah perusahaan publik, baca salinan laporan tahunannya.

Kunjungi pameran

Pada pameran dan pameran dagang, periksa mana dari pesaing kamu yang juga dipamerkan. Lihatlah bilik pameran dan kegiatan promosi mereka. Perhatikan jika mereka sibuk dan mengunjungi mereka.

Berkunjung ke Web

Lihatlah situs web pesaing kamu. Lihat bagaimana mereka dibandingkan dengan kamu. Periksa bagian interaktif dari situs mereka untuk melihat apakah kamu dapat melakukan yang lebih baik di situs web kamu sendiri. Apakah informasinya gratis?, Apakah mereka mudah ditemukan?.

Situs web bisnis sering memberikan banyak informasi yang biasanya tidak diungkapkan oleh perusahaan; dari sejarah perusahaan hingga biografi staf. Gunakan mesin pencari untuk menemukan produk serupa. Cari tahu siapa lagi yang menawarkan mereka dan bagaimana caranya. Situs web dapat memberi kamu kiat yang baik tentang apa yang dilakukan perusahaan di seluruh dunia dalam industri kamu.

Organisasi dan sumber referensi

  • Asosiasi perdagangan atau profesional kamu, jika berlaku
  • Kamar dagang lokal
  • Direktori dan laporan survei di perpustakaan bisnis apa pun

Bicaralah Dengan Pesaing Kamu

Bicaralah dengan pesaing kamu. Hubungi mereka untuk meminta salinan brosur mereka atau minta seorang anggota staf kamu atau seorang teman untuk mampir dan mengambil materi pemasaran mereka.

Kamu dapat meminta daftar harga atau menanyakan berapa harga barang standar dan apakah ada diskon volume. Ini akan memberi kamu gambaran tentang diskon yang diberikan oleh pesaing dan volume berapa. Telepon dan kontak langsung juga akan memberi kamu gambaran tentang gaya perusahaan, kualitas dokumentasi mereka, dan kesan awal yang mereka berikan kepada pelanggan.

Kemungkinan besar kamu akan bertemu dengan pesaing di acara sosial dan komersial. Berbicara dengan mereka. Bersikap ramah - mereka adalah pesaing, bukan musuh. Kamu akan mendapatkan ide yang lebih baik dari mereka dan kamu mungkin saling membutuhkan satu hari, misalnya dengan bekerja sama untuk menumbuhkan pasar baru untuk produk baru.

Dengarkan pelanggan dan pemasok kamu

Maksimalkan kontak dengan pelanggan kamu. Jangan hanya bertanya apa pendapat mereka tentang kinerja kamu, tanyakan kepada mereka pesaing mana yang mereka beli dan bagaimana kamu membandingkannya dengan mereka.

Gunakan pertemuan dengan pemasok kamu untuk menanyakan apa yang dilakukan pelanggan lain mereka. Mereka mungkin tidak memberi tahu kamu semua yang ingin kamu ketahui, tetapi ini adalah awal yang baik.

Gunakan akal sehat dengan informasi apa pun yang mereka berikan kepada kamu. Misalnya, ketika pelanggan mengatakan harga kamu lebih tinggi daripada pesaing, mereka mungkin hanya mencoba menegosiasikan harga yang lebih baik.

Bagaimana Bertindak Dalam Kaitannya Dengan Informasi Yang Kamu Dapatkan Tentang Persaingan

Evaluasilah informasi yang kamu temukan tentang pesaing kamu. Ini akan memberi tahu kamu jika ada celah yang dapat kamu manfaatkan di pasar. Ini juga harus menunjukkan jika ada kejenuhan pemasok di sektor-sektor tertentu di pasar kamu, yang dapat mengarahkan kamu untuk fokus pada sektor yang kurang kompetitif.

Buat daftar semua yang kamu temukan tentang pesaing kamu, bahkan yang kecil. Mengkategorikan informasi menjadi tiga kategori:

  1. Apa yang dapat kamu pelajari dari informasi ini dan perbaiki
  2. Apa yang mereka lakukan lebih buruk darimu
  3. Apa yang mereka lakukan seperti kamu

Apa yang dapat kamu pelajari dari informasi ini dan perbaiki

Jika kamu yakin bahwa pesaing kamu melakukan sesuatu yang lebih baik daripada kamu, kamu harus bereaksi dan membuat beberapa perubahan. Itu bisa apa saja dari meningkatkan layanan pelanggan, mengevaluasi harga kamu dan memperbarui produk kamu untuk mengubah cara kamu memasarkan, desain baru dari dokumentasi kamu dan situs web kamu, dan perubahan pemasok.

Cobalah berinovasi, jangan meniru. Sekarang setelah kamu masuk, dapatkah kamu melakukan lebih baik, menambahkan lebih banyak nilai?. Pesaing kamu mungkin tidak memiliki hak atas ide-ide mereka saat ini, tetapi ingat aturan tentang paten, hak cipta, dan hak desain.

Apa yang mereka lakukan lebih buruk dari kamu

Manfaatkan celah yang telah kamu identifikasi. Itu mungkin berada dalam jajaran produk atau layanan, pemasaran atau distribusi, bahkan dalam cara merekrut dan mempertahankan karyawan.

Reputasi layanan pelanggan sering dapat membuat perbedaan antara perusahaan yang beroperasi di pasar yang sangat kompetitif. Perbarui upaya kamu di bidang ini untuk memanfaatkan kegagalan yang kamu temukan di antara pesaing kamu.

Namun jangan puas dengan kekuatan kamu saat ini. Penawaran kamu saat ini mungkin masih perlu ditingkatkan dan pesaing jamu mungkin juga mengevaluasi kamu. Mereka dapat mengadopsi dan meningkatkan ide-ide bagus kamu.

Apa yang mereka lakukan seperti kamu

Mengapa mereka melakukan hal yang sama dengan kamu, terutama jika kamu tidak terkesan dengan hal-hal lain yang mereka lakukan?. Mungkin kamu berdua perlu melakukan beberapa perubahan. Analisis area-area umum ini dan lihat apakah kamu melakukan hal yang benar.

Posting Komentar

Posting Komentar