vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Alasan Orang Takut Hantu Dan Tips Menghilangkan Rasa Takutnya

Beberapa alasan orang takut Hantu

Suatu hal yang sudah tidak asing lagi kita jumpai jika seorang manusia mempunyai rasa takut kepada hantu. Hantu itu sendiri "hanya" sebuah makhluk halus yang sebenarnya tidak dapat dilihat oleh kasat mata, atau lebih tepatnya, makhluk halus adalah jin.

Jin sendiri dapat sewaktu-waktu mempunyai kontak secara langsung dengan manusia, entah hanya berupa perasaan, sentuhan, berbagai suara, bau, bahkan menampakan secara wujud. Kita semua juga mungkin sudah tahu jika manusia dan jin adalah sama-sama makhluk Allah yang diciptakan untuk beribadah kepadaNya. (QS. Adz Dzariyat: 56)

Pertanyaan paling mendasar, mengapa kebanyakan daru kita takut kepada hantu yang nyatanya itu adalah jin?

Kenali rasa takut itu

Tidak Sedikit orang yang berkata,
Takut itu hanya kepada Allah!
Tetapi ketika melihat seekor kecoak saja mereka terbirit-birit, lalu berkata
Kan rasa takutnya berbeda!

Maka dari itu, kenali dahulu berbagai macam rasa takut itu supaya kita tidak menjadi orang yang merasa paling tahu. Allah swt. memberikan Berbagai macam perasaan kepada makhlukNya, yakni salah satunya adalah rasa takut. Dan rasa takut itu pun banyak macamnya. Bahkan rasa takut itu sendiri merupakan salah satu ujian yang Allah berikan kepada kita (Al-Baqarah: 155).

Kenapa kita mempunyai rasa takut terhadap hantu?

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia saja sudah memberikan arti yang Bermacam-macam bagi kata "takut" itu sendiri. Tetapi yang paling banyak dikenal terutama bagi kalangan muslim adalah Takut kepada Allah SWT. Ini merupakan rasa takut yang sudah tidak bisa dikompromikan lagi.

Rasa takut ini mempunyai keunikan dari berbagai macam rasa takut lainnya. Karena rasa takut ini justru menjadikan seseorang yang dilanda rasa takut tersebut menjadi lebih dekat kepada yang ditakuti, sementara rasa takut yang lain malah justru menjauhi objeknya.

Kemudian, rasa takut secara naluri.

Takut kepada hantu sudah masuk dalam kategori ini. Takut kepada ular, serangga, dan sejenisnya juga termasuk pada kategori ini. Mungkin Pobia juga dapat dikategorikan sebagai rasa takut yang dialami oleh naluri manusia.

Terakhir, Takut yang berarti khawatir.

Rasa takut yang seperti ini yang sebaiknya kalian hindari. Contohnya Takut jabatan hilang, harta habis, takut tidak naik kelas, takut akan musibah, dan lainnya yang berkaitan dengan hal atau kejadian yang sebaiknya dihindari. Rasa takut ini dapat menyebabkan rasa lupa diri kepada Allah dan bahkan syirik. Al-Quran sendiri sudah menjawab bahwa orang yang mengikuti petunjuk Allah tidak akan merasa takut dan tidak akan bersedih hati.

Selanjutnya saya akan melanjutkan ke bagian yang lebih spesifik. Segala sesuatu mempunyai alasan tersendiri, Lalu mengapa rasa takut kepada hantu mesti terjadi? Mungkin beberapa kebanyakan orang sudah paham jika ada orang yang takut pada kecoa alasannya karena makhluk tersebut jorok, kotor dan membuat orang merasa jijik. Begitu pula jika ada orang yang takut pada hewan seperti ular adalah karena ular tersebut mempunyai racun yang sangat mematikan, sehingga lebih baik dihindari.

Lalu apa yang menyebabkan orang takut kepada hantu?

1. Hantu mempunyai bentuk yang menyeramkan

Ini sudah jelas. Kalian semua pun tahu hal tersebut. Jangankan hantu, orang tua kalian saja ketika mereka sedang marah maka beberapa dari kalian memilih untuk tidak melihat ke arah wajah mereka karena tentu saja, itu merupakan rasa takut kalian.

Hantu ditakuti karena mempunyai bentuk yang mengerikan. Dan saya yakin, jika hantu mempunyai wajah seperti Agnes Monica pasti kalian malah akan meminta tanda tangan dan berfoto selfie. Tapi sayang, hantu yang ada kebanyakan wajahnya sudah tidak enak untuk dilihat, dan  terkadang tubuhnya tidak lengkap pula. Sudah lebih dari cukup untuk membuat seseorang yang ketakutan sampai pipis di celana.

2. Muncul secara mendadak

Rasa kaget dan rasa takut sebenarnya berbeda tipis karena disini targetnya adalah sama-sama memacu hormon adrenalin. Bedanya, jika kaget hanya terjadi sesaat.

Dan jika seandainya hantu-hantu tersebut mengetuk pintu terlebih dahulu lalu mengucapkan salam dan meminta izin balikan lagi sebelum memunculkan dirinya kepada kalian, saya jamin rasa takut kalian tidak sebanyak pada hantu yang munculnya secara tiba-tiba dan mendadak.

3. Hantu bergerak dengan sangat cepat

Beberapa gerakan yang dilakukan secara abnormal oleh pera mantan pacar hantu melengkapi rasa takut kalian secara total. Jangankan hantu, kalian suruh teman kalian untuk bergerak secara tidak normal dan dengan sangat cepat menghampiri kalian saja setidaknya terbetik sedikit rasa takut di dada kalian.

Melihat hantu yang muncul secara tiba-tiba dan berwujud menyeramkan saja sudah cukup untuk membuat merinding , apalagi jika ditambah dengan melakukan berbagai gerakan yang tidak normal dan bergerak secara sangat cepat dan berpindah-pindah. Naluri kalian akan diacak habis-habisan dengan peristiwa peristiwa tersebut.

4. Takut Mati

Ada anggapan bahwa apabila seseorang melihat orang yang mati atau hantu maka hal tersebut adalah suatu pertanda jika dia akan meninggal dunia dalam jangka waktu dekat. Bahkan di beberapa negara di dunia ada sebuah mitos jika ketika seseorang melihat penampakan hantu maka umurnya di dunia sudah terpangkas.

5. Takut Jika Kesurupan

Fenomena orang yang kesurupan memang kerap sering terjadi dan tidak cuman di Indonesia saja, namun juga di berbagai banyak negara. Ketakutan orang Pada hantu juga salah satunya disebabkan oleh hal ini. Seseorang takut dengan hantu karena "sesuatu" ini dapat memasuki raganya dan melakukan sesuatu hal yang tidak di inginkan dan disadarinya. Dalam artian bahwa tubuhnya tidak lagi dalam kontrolnya.

6. Doktrin

Doktrin merupakan salah satu hal yang paling kuat yang menjadikan seseorang takut pada hantu. Doktrin dalam hal ini seperti contohnya ketika di saat masih kecil, seseorang telah sering ditakut-takuti atau jelaskan jika hantu itu bewajah jelek, menakutkan, berbahaya dan lain-lain. Selain itu, penanaman imej dari hantu juga semakin kuat dengan bombardirnya cerita serta film atau berbagai sesuatu yang berasal dari beberapa media baik cetak maupun online tentang sosok yang biasa disebut hantu.

7. Sugesti

Secara psikologis, manusia mempunyai sisi ketakutan akan sesuatu yang gelap dan belum diketahui sebelumnya. Ditambah berbagai cerita atau pemberitaan dan film tentang hantu, maka rasa takut akan sesuatu yang belum diketahui tersebut semakin besar. Contohnya saja, ketika ada suara aneh pada malam hari maka secara otomatis orang-orang yang mempercayai dan takut hantu akan menyimpulkan jika suara tersebut adalah bunyi yang muncul karena gangguan "sesuatu" itu.

Beberapa Tips Menghilangkan Rasa Takut Terhadap Hantu

  • Yakinkan pada diri kalian masing-masing bahwa kalian ingin menghilangkan rasa takut itu, percayalah jika Hantu tidak ada yang membunuh manusia, rasa takut sebenarnya bisa hilang hanya drngan menggunakan pikiran kita saja, jangan terlalu berlarut memikirkan semua tentang hantu ketika berada di tempat sepi dimanapun.
  • Rasa takut terkadang timbul ketika kita sedang berada di dalam kegelapan (bagi yang takut terhadap kegelapan). Ketika tidur, janganlah mematikan lampu sebab dapat membuat kalian menjadi takut. Setiap bagian elemen dari tempat tinggal kalian jangan sampai ada yang tidak mempunyai suatu penerangan. Lihatlah sumur angker yang di dalam televisi, di gambarkan dengan suasana yang selalu gelap. Agar kalian tidak terbawa suasana film horor di tempat tinggal kalian, sebaiknya di bagian wc,dapur, dan tempat tidur setidaknya wajib memiliki penerangan
  • Jika kalian merasa takut, segeralah pergi ke tempat yang terdapat keramaian. Orang-orang yang sering berada di dalam keramaian cenderung tidak akan merasa takut terhadap hantu. Justru sebaliknya orang yang sering menyendiri itulah yang biasanya selalu di serang oleh rasa takutnya sendiri.
  • Selalu berpikir rasional, pastikan jika hantu itu ada atau tidak? Jika tidak ada kenaoa kita musti takut?
Posting Komentar

Posting Komentar