vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Bahaya Kurang Tidur Yang Dapat Membunuhmu Secara Perlahan

Dampak mengerikan Dari Kurang Tidur

Selama ini kamu mungkin Selalu semangat menghabiskan 5 hari kerja atau bahkan lebih dengan sibuk beraktivitas, dan berpikir bisa membayar semuanya dengan beristirahat di akhir pekan. Saatnya mengubah pikiranmu dengan memikirkan apa dampak yang akan terjadi jika kamu sakit dan malah semakin sakit sehingga menuju waktu kematian. Pasti sangat ngeri sekali bukan untuk membayangkannya? Berikut ini beberapa bukti ilmiah yang jadi alasan kurang tidur bisa membunuhmu secara perlahan.

Kurang tidur membuatmu lebih banyak mengkonsumsi rokok dan minum

Buat kalian yang perokok aktif, pecinta kopi dan minuman keras, hati- hati! Menurut para peneliti di University of Copenhagen kurang tidur akan semakin mempersulit keinginanmu untuk mengurangi rokok, atau minuman yang sehat. Efeknya akan membuatmu menjadi kecanduan dan jadi tidak aktif secara fisik sehingga dapat merusak seluruh kesehatanmu.

Orang yang kurang tidur gampang terkena Flu

Sebuah penelitian di Australia 2009 menyimpulkan jika orang yang tidur kurang dari 7 jam, tiga kali lebih mungkin terserang pilek dibanding yang tidur 8 jam atau lebih. Masih ingat kan, Pilek berawal dari kamu yang terjangkit flu hingga alergi yang membuat kita jadi tidak produktif.

Kurangnya tidur dapat mempercepat kematian

Penelitian tahun 2007 di University of Warwick menemukan jika Pria yang rutin kurang tidur berkesempatan 21% lebih tinggi mempercepat kematian. Sedangkan wanita hanya akan mempercepat kematiannya sebanyak 5 % dibandingkan yang tidurnya  berkecukupan.

Kurang tidur juga dapat mengubah gen

University of Surrey menunjukkan jika kurang tidur akan mengganggu ratusan gen penting yang berpotensi memperbaiki kesehatanmu. Satu minggu kamu kurang tidur, maka akan memberi dampak negatif pada lebih dari 700 gen terkait stres, kekebalan tubuh, dan peradangan.

Kurang tidur akan lebih buruk dari orang yang sedang mabuk

Para peneliti dari Cambridge University dan Rand Eropa menemukan bahwa kurang tidur mempunyai dampak buruk pada pekerja, dibanding orang yang mabuk-mabukan setiap hari. Hasil pemantauan terhadap 21.000 pekerja di Inggris yang kurang tidur mengaku menurunnya suatu konsentrasi, tidak bersemangat, sering lupa, mengalami masalah pada pernapasan, dan sering sakit di bagian kepala.

Lebih besar kemungkinan terkena stroke

orang terkena stroke

Menurut peneliti dari University of Alabama di Birmingham, kurang tidur malam yang dilakukan secara rutin dapat membuatmu 4 kali lebih mungkin terkena penyakit stroke.

Kurang tidur membuat tubuh mudah gemuk

Tinjauan studi di PLOS Medicine pada tahun 2004 membuktikan jika tidur kurang dari enam jam per malam bisa menyebabkan peningkatan kadar hormon rasa lapar dan indeks massa tubuh.

Kurang tidur dapat mengganggu ingatanmu

Penelitian di Boston mengungkapkan jika kurang tidur bisa membuatmu melewatkan ingatan yang penting, baik yang sudah terjadi, maupun ingatan yang baru. Efekya hampir sama dengan orang yang tidak bisa mengingat akibat konsumsi 0b4t terlarang.

Kurang tidur membuatmu gampang cemas

Studi terbaru yang diterbitkan Journal of Neuroscience menyebutkan jika kurang tidur di malam sebelumnya bisa meningkatkan kecemasanmu di hari berikutnya. Bahkan, kamu akan merasa sangat cemas sekali untuk hal yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan.

Penutup

Jadi, masih ingin memanfaatkan waktu tidurmu untuk tetap beraktivitas meskipun sudah tahu efek bahayanya, Saya bukan nya menakut-nakuti tetapi saya hanya mengingatkan, jika sakit itu mahal, sehat itu murah, lebih baik mencegah dari pada mengobati, kita juga harus adil terhadap diri kita sendiri, mata kita , otak kita dan organ tubuh yang lain juga butuh waktu untuk istirahat, kita adalah manusia, bukan robot. See You Bye....

Posting Komentar

Posting Komentar