vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara posisi jari saat bermain solo gitar | Paul gilbert Teknik

Cara posisi jari saat bermain solo gitar | Paul gilbert Teknik

Mengatasi pergeseran posisi pada fretboard gitar.

Cara yang bagus untuk terjun kepada topik ini adalah dengan digunakannya sebagai dasar yang paling umum digunakan yaitu pada Scale dalam rock, Minor pentatonic. GAMBAR 16 mengilustrasikan A minor pentatonic dimainkan pada posisi kelima.

A minor pentatonic

Sebagian besar pemain gitar telah memainkan Scale ini dan dalam posisi ini kurang lebih satu juta kali. Di bab ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara bermain itu "outside of the box" menggunakan posisi pergeseran yang memberi Kalian gerakan yang lebih besar dan fleksibilitas di atas fretboard.

Saat tangga nada ini dimainkan pada urutan posisi kelima, nada tertinggi adalah C (senar satu, fret kedelapan) dan nada terendah adalah A (senar keenam, fret kelima), dan kalian akan terjebak dalam keterbatasan itu pada batasannya. Pergeseran posisi batas open itu, memungkinkan kita untuk memainkan scale ini dari pos nada terendah mutlak, E rendah open string, ke salah satu nada yang tinggi kemungkinan sampai pada nada D pada fret ke-22 senar pertama.

GAMBAR 17 menggambarkan kenyamanan yang sangat efektif dengan cara yang dapat melintasi scale ini, dan juga seluruh fretboard, di tiga dan setengah oktaf pada A minor pentatonic.

Lick A minor pentatonic

Mengikuti nada pertama, Yaitu open low E, saya menekan pada nada G  fret ketiga dari  senar ke enam dan kemudian Hammer-on hingga nada A pada fret kelima. Saya kemudian pindah senar dan mulai dengan hammer dari fret ketiga ke fret kelima, lalu geser ke atas dari fret kelima sampai ketujuh. Ini mengikuti dan diturunkan dengan teknik hammer pada fret kelima hingga ketujuh pada senar D dan G.

Not berikutnya adalah kunci dari latihan ini: Menggunakan senar Open E tinggi untuk membunyikan nada berikutnya dalam Scale, saya memberikan kesempatan untuk menggeser semua menjadi naik sampai ke posisi fret 17 dan lanjutkan untuk memainkan sisa scalenya

Membuat suara dengan pergeseran posisi itu mulus dan bahkan bisa menjadi sedikit rumit, jadi ini merupakan ide bagus untuk memecah frasa menjadi potongan yang lebih kecil, seperti yang ditunjukkan pada GAMBAR 18. dibawah ini


Mulailah dengan mengulang enam nada pertama dari Scale dengan pergeseran posisi. Sekali memainkan mulai terasa nyaman, dan tambahkan beberapa not lagi dan terus melakukannya sampai seluruh 'kalimat' terasa nyaman dan mulus.  Membiasakan diri dengan not yang diperluas seperti ini akan memberi kalian feeling yang biasanya sangat eksklusif untuk para pemain keyboard.

Latihan pergeseran posisi yang baik (tapi mungkin memang sedikit gila) lainnya adalah untuk mainkan seluruh tangga nada pentatonik minor di posisi kelima hanya dengan menggunakan satu jari. Sebagaimana yang ditunjukkan pada GAMBAR 19, saya pertama kali memutar keseluruhan skala hanya menggunakan jari telunjuk saya, yang memaksa saya untuk memindahkannya ke atas dan ke bawah fretboard sangat cepat dan, semoga, akurat. 


Saya kemudian ulangi latihan dengan jari tengah, jari manis dan kelingking. Jenis latihan ini akan membuat kalian terbiasa membuat posisi instan untuk bergeser dengan masing-masing dari tiap jari-jari kalian. Lick pengubah posisi terakhir dalam hal ini ditunjukkan pada GAMBAR 20.


Ini terlihat sedikit gila karena saya berpindah-pindah antara dua posisi dengan sangat cepat. Di bar pertama, saya mulai di Posisi 10 dengan menggunakan string skipping, dari E tinggi ke G, untuk memainkan dua not pertama. Saya kemudian memainkan empat terakhir not di posisi ke-12. lick di bar 2 hampir identik, kecuali yang pertama dan not keempat pada lick itu dimainkan satu fret lebih rendah.  Ketika kalian mendapatkan semua ini hingga kecepatan, kedengarannya sedikit seperti synthesizer dengan lick yang lebih besar.

Semoga latihan ini dapat membantu kalian untuk menangani pergeseran posisi, dan saya harap kalian berlatih dengan senang dengan bermain tangga nada pentatonic minor dengan hanya menggunakan kelingking kalian.

Posting Komentar

Posting Komentar