vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Aplikasi Android Untuk Belajar Pemrograman, 5 terbaik

Proggrammer adalah seseorang yang berseni melalui coding-coding di komputer. Kumpulan coding yang diciptakan oleh mereka menghasilkan suatu karya yang sangat brguna untuk kehidupan kita sehari-hari. Tak perlu banyak modal untuk menjadi seorang programmer. Anda hanya membutuhkan Pc  untuk membuat dan menjalankan sebuah program. Di tahun 2017 ini, bukan hanya Pc saja yang dapat melakukan kedua hal tersebut, Smartphone yang berbasis androidpun tidak mau kalah. Anda juga dapat menjalankan program atau coding tersebut di smartphone android.

5 Aplikasi Android Untuk Belajar Pemrograman

5 Aplikasi Android Untuk Belajar Pemrograman

Belajar coding memang susah-susah gampang. Kebanyakan susahnya daripada gampangnya :p. Ditambah lagi dengan melihat huruf-huruf pada laman kerja coding yang akan membuat anda menjadi bosan apalagi anda melakukan coding selama berjam-jam dalam sehari . Otak anda bisa jadi mumet liat tu coding. Memang begitulah belajar coding yang saya alami, memang semua itu susahnya diawal, ketika anda sudah dapat menguasainya maka anda akan menertawakan betapa bodohnya anda pada tahap pembelajaran. Hakikat membuat sebuah program, bukan hanya menguasainya. Akan tetapi, anda harus dapat membuat suatu karya dari bahasa program yang anda kuasai. Ketika anda sudah membuat suatu karya baik itu web maupun software barulah anda pantas disebut sebagai seorang proggrammer

Nahh… Pada tulisan ini saya akan  mereview beberapa aplikasi android untuk belajar pemroggraman  yang sudah pernah saya gunakan dalam tahap pembelajaran pemrograman. Simak aplikasinya dibawah ini.

1. Proggramming Hub, Learn To Code

Inilah salah satu aplikasi untuk belajar pemrograman terbaik di android. Pada aplikasi ini terdapat banyak bahasa pemrograman yang populer seperti  Java, C, C++,  HTML, CSS, PHP, MySQL, dll. Dengan aplikasi ini anda dapat belajar pertahap. Yakni anda akan dilatih sesuai level & Kemampuan anda. Intinya sangat mudah menggunakan aplikasi ini. Anda dapat mendownload aplikasinya di google, karena sudah lengkap

2. Solo Learn

Solo Learn

Nahh… Kalau yang satu ini cocok sekali buat anda yang suka belajar pemrograman tapi sering bingung, dengan aplikasi solo learn ini anda dapat bertanya ke komunitas-komunitas programmer lainnya jika sedang kebingungan ketika proses pembelajaran. Kurikulum yang digunakan oleh Solo Learn ini yaitu tingkatan. Yakni Beginner, Entermediate, Dan Tingkan Lanjut (advanced). Solo Learn juga menyediakan kuis-kuis pemrograman yang anda minati. Adapun bahasa yang disediakan oleh solo learn ialah bahasa-bahasa pemrograman yang populer seperti  Java. JavaScript, Phyton, MySQL, HTML, CSS, PHP, dll.

3. Code Hub

Code Hub menyediakan dua bahasa pemrograman yakni HTML5 & CSS. Aplikasi yang satu ini cocok sekali buat anda yang ingin menjadi seorang web designer. Di aplikasi ini anda akan disuguhkan dengan materi-materi serta contoh program yang mudah dipahami. Jika anda bingung atau ragu dalam proses pembuatan sebuah program anda dapat bertanya pada forum yang disediakan oleh Code Hub. Bukan hanya itu, Code Hub juga menyediakan video yang sangat membantu dalam proses pembelajaran program tersebut. Tentunya dengan adanya video tersebut anda akan lebih paham dan mengerti tentang materi yang anda pelajari. 

4. TreeHouse

Aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi yang telah saya jabarkan diatas. TreeHouse akan menyajikan kepada anda materi pembelajaran dalam bentuk video. Sehingga, sangat mudah untuk dipahami. Setelah anda menonton video tersebut. Anda akan diberikan kuis tentang video yang telah anda tonton. Selesai menjawab kuis, anda dapat mempraktikan apa yang telah anda pelajari dari video tersebut. TreeHouse menyediakan bahasa-bahasa pemrograman yang populer, diantaranya : HTML, CSS. Java, Swift, Objective C, Ruby, PHP, & Phython.

5. Lightbot : Code Hour

Lightbot : Code Hour

Sebenarnya aplikasi yang satu ini, bukan untuk belajar pemrograman. Aplikasi Lightbot ini adalah sebuah game yang bergenre puzzle yang sulit dikerjakan. Sama halnya dengan pemrograman. Pemrograman butuh logika yang kuat agar dapat menciptakan suatu karya. Game ini sendiri sangat cocok untuk pemula, karena ini akan mengajarkan konsep-konsep dasar pemrograman. Saya sendiri masih memainkan game ini. Biasanya saya memainkannya ketika sedang bingung atau lupa dalam pembuatan sebuah program. Intinya game ini akan melatih logika untuk lebih bekerja keras.

Jadi, Apa yang telah saya tulis diatas adalah 5 aplikasi yang saya rekomendasikan kepada anda untuk belajar pemrograman. Anda dapat memilih satu atau semua dari yang saya bagikan diatas. Tentunya semual hal yang saya tulis adalah pengalaman saya.

Semoga Bermanfaat.

Salam Crot

Posting Komentar

Posting Komentar