vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Cara menulis artikel agar lebis SEO di Blog

Pertanyaan yang sering muncul tentang penulisan artikel yang SEO

Sebelum saya menulis dengan panjang lebar dalam post ini tentang cara menulis artikel di blog, Cara mudah menulis Artikel agar lebih SEO di blog, ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan, Pertanyaan nya adalah bagaimana cara memposting artikel yang telah kalian tulis agar bisa terbaca oleh pengunjung? Apakah Pengunjung datang ke blog anda dengan sendirinya tanpa berbuat apa-apa? Apakah dengan artikel yang minim bisa mendatangkan pengunjung yang banyak di blog? Atau mungkinkah jika memiliki artikel yang banyak dapat mendatangkan pengunjung blog anda?

Semua pertanyaan itu lebih baik anda sendiri yang menjawabnya dengan menganalisis postingan yang sudah anda tulis.

Cara penulisan artikel yang SEO friendly

Cara menulis artikel agar lebis SEO di Blog

Disini saya hanya ingin menjelaskan sedikit cara atau trik singkat tentang cara menulis postingan yang baik dan cara mempostingnya di blog.

Cara Menulis Artikel Agar lebih SEO

1.Judul Artikel

Ada bebarapa orang yang mengatakan apalah arti sebuah judul. Judul itu mempunyai peran yang sangat vital ketika akan membuat sebuah tulisan. Judul akan menggambarkan semua isi dari tulisan secara ringkas, sehingga terkadang ketika orang hanya membaca judulnya saja mereka sudah tahu gambaran kecil dalam suatu tulisan.

Dalam memberikan judul untuk sebuah artikel blog, lebih baik di buat pendek daripada terlalu panjang. Judul yang di buat harus sesuai dengan isi tulisan anda dan jangan sampai keluar dari pembahasan tulisan artikel yang anda buat.

Seharusnya judul dari artikel dibuat menggunakan kata-kata yang banyak dicari? Menurut saya hal ini sangatlah penting. Penggunaan kata-kata yang banyak di cari memang sangat bagus untuk SEO, jangan membuat judul dengan kata-kata yang kurang peminatnya. Pengalaman ini sudah saya rasakan di awal membangun blog. Pada awalnya saya merasa bahwa judul blog ngasal juga tidak apa-apa, tanpa memikirkan kata kunci yang banyak dicari, hasilnya pengunjung yang datang di blog saya sangat lah sedikit. Tetapi setelah saya buat artikel dengan judul yang mantap, ternyata ada sedikit perubahan yang terjadi.

2.Isi Artikel

Membuat artikel yang berkualitas baik itu tidak semudah meng'copy paste tulisan orang lain lalu di publish. Blog yang melakukan hal ilegal yang tidak menghargai hak cipta orang lain akan di anggap sebagai blog sampah, karena pemiliknya tidak sedikit pun mempunyai keunikan dan kreasi untuk membuat hal yang baru.

Jika ingin membuat artikel yang sama dengan orang lain, caranya lebih baik pelajari dulu artikel tersebut dengan baik. jika anda sudah menguasainya maka buatlah tulisan yang maknanya sama tetapi dari segi tulisan dan gaya bahasa yang berbeda. Selain itu kembangkan lagi tulisan anda sehingga terlihat berbeda dan mempunyai nilai lebih dimata para pengunjung blog anda. Jangan lupa isi dari tulisan anda dengan memberi varian yang berbeda sehingga akan menambah daya tarik ketika di baca.

Ciri artikel yang baik adalah artikel yang di kembangkan dan dikreasikan sendiri tulisannya. Misalkan anda ingin membuat artikel tentang makanan , maka setidaknya anda harus tau bahan-bahan, bumbu dana cara memasak makanan tersebut.

Dalam menulis artikel, hal yang harus perhatikan adalah kata-kata dan kalimat yang akan di gunakan nanti. Lebih baik gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pengunjung, kalau ada bahasa ilmiah atau bahasa daerah dalam suatu artikel, usahakan untuk memberikan penjelasannya.

3.Jumlah karakter

Ada sebagian blogger menyarankan agar artikel blog memiliki lebih dari 600 kata (2 halaman offiice word), ada juga sebagian menyarankan agar lebih dari 1000 kata (3 halaman office word). Mungkin menurut saya hal itu ada benarnya juga, semakin banyak kata  yang terdapat pada suatu artikel maka akan semakin baik mesin pencari google mengindeks nya. Namun yang perlu di garis bawahi adalah kata-kata yang anda tulis harus berkualitas, bukan kata yang asal-asalan saja.

Bagaimana kata-kata yang terdapat dalam artikel kurang dari yang disarankan oleh para master blogger? Menurut saya tidak menjadi masalah, yang penting jangan terlalu sedikit (kurang dari 300 kata), intinya maksud dan tujuan dari artikel yang di tulis mudah menyampaikannya dan dapat dipahami isinya dengan baik oleh pengunjung.

Bagaimana cara mengecek kata dalam artikel?. Caranya sangat gampang, yaitu dengan menggunakan MS. Office Word. Alurnya seperti ini, Buka Microsoft Office Word >Buat tulisan > Klik tab review > Klik menu word count.

Gambar atau video pendukung

Gambar atau video dalam membuat artikel jangan di jadikan sebagai yang utama. Usahakan untuk meminimalisir gambar atau video, perkaya kata-kata yang ada di dalam artikel. Gambar menurut saya jangan lebih dari tiga, Kalaupun lebih maka itu khusus untuk blog tutorial agar dapat mempermudah pengunjung dalam memahami atau mengetahui apa yang sedang di jelaskan.

Video dalam artikel sebaiknya hanya satu saja, karena blog bukan untuk menyebarkan video. Kalau ingin meyebarluaskan video ada baiknya menggunakan youtube dan manfaatkan dengan lebih baik.

Internal dan external link

Apa yang di maksud Internal dan External link?. Bagi para master blogger internal dan external link mungkin sudah suatu hal yang tidak asing lagi di telinga, namun bagi pemula internal dan external link menjadi suatu pertanyaan.

Internal link adalah link yang mengarah pada blog anda sendiri. Sedangkan external link adalah link yang di arahkan ke blog atau website lain. Nah itu sedikit penjelasan singkatnya menurut saya.

Memanfaatkan internal dan external link di dalam artikel blog tidak boleh sembarangan. Kedua link tersebut harus sesuai dengan tema pada artikel, jangan sampai postingannya A link yang di tanam di dalam artikelnya B. Menempatkannya juga harus tepat pada kata-kata yang mirip dengan judul internal atau external link itu, Sehingga para pengunjung bisa langsung mengkliknya.

Jumlah link yang di tanam pada suatu artikel janganlah terlalu banyak, cukup dua atau tiga saja, karena nanti akan sangat menggangu kepada para pengunjung.

Menulis langsung di blog atau di aplikasi

Pertanyaannya bolehkah kita menulis dulu di aplikasi lain? atau harus langsung menulis dari blog saja? Keduanya bisa saja, jika anda ingin menghemat kuota internet, maka lebih baik menulis artikel anda menggunakan aplikasi office word, notepad, atau yang lainnya terlebih dahulu. Jika menulis di office word maka sebelum dimasukan ke blog terlebih dahulu anda copy dan paste kan di dalam notepad, kemudian copy lagi dari notepad lalu paste kan ke dalam blog. Kira-kira begini urutannya; Artikel di word > Notepad > Blog.

Jika harus memilih antara mana yang lebih baik, maka lebih baik menulis di blog secara langsung, agar bisa langsung tersimpan dan dikelola, dan satu lagi agar tidak terdeteksi sebagai artikel yang copy paste oleh blog.

Manfaatkan Label

Apa yang di maksud label atau kategori? Mungkin bahasa keren seperti sekarang dapat menjelaskan bahwa label itu tag/hastag yang berfungsi untuk mengelompokan artikel dari jenis temanya, dan juga dapat dimanfaatkan untuk membuat artikel terkait di postingan blog.

Selain untuk mengelompokan artikel di blog, label mempunyai fungsi juga untuk meningkatkan SEO postingan. Misalnya saja label postingan tentang 'Kuliner', maka ketika orang mencari artikel tentang kuliner, maka artikel yang anda buat merupakan salah satu calon yang diperhitungkan untuk masuk dalam halaman utama mesin pencari.

Jadwal Potingan

Apakah kalian orang yang sibuk? jika iya, anda mungkin harus memikirkan untuk membuat sebuah jadwal untuk mempublikasikan artikel anda.

Manfaatkan fitur ini untuk anda yang tidak punya cukup waktu untuk membuat artikel, namun ketika banyak waktu luang untuk membuat artikel maka buatlah artikel yang banyak. Dari beberapa artikel yang sudah anda buat, tinggal menjadwalkan waktu untuk mempublikasikannya, agar blog anda tetap terus update dan terlihat baik dimata google.

Tautan Permanen

Tautan permanen adalah url yang nantinya akan mengarahkan pembaca ke postingan blog. Tautan permanen in juga salah satu tips untuk menaikan SEO artikel anda, sehingga antara judul artikel dan tautan permanen haruslah sama. Tautan permanen biasanya dibuat secara otomatis oleh blog, Namun biasanya  jika terlalu banyak karakter maka tautan permanen akan terpotong

Contohnya seperti judul postingan ini 'Cara mudah menulis Artikel agar lebih SEO di blog'. tautan permanennya otomastis 'https://www.netcrot.com/2023/12/tips-menulis-dan-memposting-artikel.html'. 

Tautan permanen khususnya seperti ini 'https://www.netcrot.com/2023/12/Cara-menulis-artikel-agar-lebih-seo.html.html

Cara memposting Artikel di blog

Tips menulis dan memposting artikel di blog dengan baik dan benar agar lebih SEO caranyapada dasboard blogger klik tab'Entri Baru' lalu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Setelah masuk kedalam entri baru, ketik judul pada kolom judul.
  • buat atau ketik artikel pada kolom postingan blog dengan mode 'Compose', isi juga internal link dan external link (jika ada)
  • masukan kode script HTML pada mode 'HTML' (jika ada)
  • Buat label sesuai judul dan postingan anda
  • buatlah tautan permanen dengan memilih mode khusus jika tautannya belum sesuai judul 
  • pratinjau terlebih dahulu postingan anda (agar lebih terjaga), lalu publikasikan
Posting Komentar

Posting Komentar