vdl1jvhUREXimeotdlAVPOH1KmIdVXgDADlOoIMv
Bookmark

Tips Aman Saat NgkostTips Ngontrak Bareng Temen di Perantauan [Mahasiswa Rantau preferred]

Tips Ngontrak Bareng Temen di Perantauan [Mahasiswa Rantau preferred]

Tips Aman Saat NgkostTips Ngontrak Bareng Temen di Perantauan [Mahasiswa Rantau preferred]

Kalian seorang mahasiswa? merantau dan sedang mencari ilmu di tanah orang? Pastinya kalian sudah tidak asing lagi sama yang namanya kontrakan dan kost-kostan? pasti pengalaman di idang itu sudah banyak sekali. Nah, pada artikel kali ini lebih di khususkan untuk mahasiswa baru atau yang baru kenal sama yang namanya dunia rantau, ingin mencoba-coba ngontrak bareng temen.

Biasanya jika ngontrak sama teman ada aja masalah yang membuat keharmonisan suasana kontrakan pecah. Makanya, Saya akan berikan beberapa tips ini yang akan membuat kamu dan temen-temen kamu lebih awet dan gak akan ada masalah. Oke langsung saja ke pembahasannya?

Tips ngekost dengan teman di perantauan

1. Cari Teman yang satu Pemikiran

Cari Teman yang satu Pemikiran

Ini yang menurut saya penting sekali, dan harus kamu lakukan jika kamu mempunyai niatan untuk ngontrak di tanah perantauan. Soalnya, teman yang punya satu pemikiran sama kita akan jauh lebih mudah untuk menyatu. Contohnya kecilnya, kamu punya pemikiran "jika tidak perlu membersihkan kontrakan setiap hari, cukup seminggu sekali". Tetapi teman kamu yang satunya ingin setiap hari membersihkan kontrakan agar bersih, soalnya dia perfeksionis. Nah, kan bisa jadi bahaya? Makanya cari temen yang pemikirannya sama seperti kamu! Dan tentunya agar lebih asik lagi dan nyambung juga saat diajak ngobrol.

2. Buat Jadwal Piket

jadwal piket kontrakan

Poin ini juga tidak kalah pentingnya, Contohnya, kamu tinggal di kontrakan yang mempunyai 5 kamar dan otomatis pasti kamu punya 4 orang temen lainnya yang juga tinggal di satu petak itu juga kan? Iritologi, biasa anak rantau. Biar kalian tidak pada makan hati setiap hari, mending kalian buat jadwal piket setiap harinya. Jadi semua yang tinggal di kontrakan bakalan dapat jatah kerja, dan tidak cuman jadi mandor aja yang hanya diam di dalam kontrakan. Poin ini juga bisa dibuat jadwal membersihkan rumah bareng-bareng. Seperti sistem gotong royong. Misalkan seminggu sekali, kalian punya kesepakatan untuk sama-sama membersihkan halaman rumah, kamar, ruang istirahat, kamar mandi, dan lain sebagainya. Jadi suasana kebersamaannya akan terasa sekali.

3. Ada yang tidak Suka? Omongin Secara Langsung!

berbicara kepada teman

Hal kecil semacam ini yang biasanya membuat suatu pertemanan di dalam kontrakan bisa rapuh! Misalkan kamu ada rasa tidak suka dengan salah satu temen kamu, mungkin karena dia tidak pernah mengikuti kerja bakti di kontrakan, atau mungkin karena dia suka jorok atau bagaimana. Pada ininya kebiasaan yang membuat kamu kesal sekali. Nah, Perasaan itu jangan suka dipendam dalam hati maupun diomongin ke temen kamu yang lainnya dari belakang. Seharusnya kamu langsung memberanikan diri untuk ngomong secara langsung didepan temen yang tidak kamu suka, kamu beri sedikit nasehat agar tifak membuat ulah yang dapat dibenci oleh teman kontrakan lainnya. Pasti semua udah dewasa? Dan dengan cara seperti itu, seseorang bisa berubah.

4. Buat Iuran (Kas) Kontrakan

Buat Iuran (Kas) Kontrakan

Ini juga tidak kalah pentingnya. Usahakan setiap hari kalian selalu mengisi uang kas untuk kontrakan, yang nantinya bakal digunakan untuk bayar sesuatu seperti membayar listrik, air, wi-fi (kalo di kontrakannya pasang wi-fi), atau jika kalian ingin masak sendiri, uang iurannya bisa dibelikan berbagai macam bahan-bahan dapur. Dengan cara ini kalian juga bisa dipastikan kalian bisa lebih irit, karena perantauan pasti kalian sering sekali makan diluar? Jika makan dirumah, pasti lebih irit. Coba dimulai dari 10 Ribu perhari, tidak berat juga gaeyss. Kasih duit iuran ke teman kamu yang dapat dipercaya, seolah-olah kamu menganggap dia merupakan bendahara di kontrakan kamu.

5. Sering Berinteraksi dengan Sesama Penghuni Kontrakan

interaksi antar orang

Poin paling penting sekali , meskipun 4 poin di atas yang juga tidak kalah penting. Ini yang sering banget membuat suatu perpecahan diantara teman kontrakan. Biasanya, orang yang seperti ini yang membuat kesal sekali. Makanya, usahakan setiap hari kalian usahakan untuk selalu berinteraksi. Jangan hanya sekedar basa- basi enggak jelas nanya kabar (kan kalian satu kontrakan?). Banyakin juga kumpul bersama diruang keluarga maupun diluar rumah agar kalian semakin kompak, dan membuat orang yang belum satu pemikiran sama kamu bakalan ikut berubah. Dengan cara ini dijamin kalian bakalan merasa klop sekali! '

6. Pilih Temen yang Bener, Takutnya Dia....

No Image Available

Jika kalian mempunya rencana ingin ngontrak di tanah perantauan, kalian juga mesti pintar dalam hal memilih teman. Bukan hanya harus milih temen dari sifat, kelakuan sama tingkah lakunya aja. Tetapi kalian juga mesti tahu gerak gerik temen kalian, latar belakang temen kalian dan hal yang sedikit pribadi dari temen kalian. Bukan apa-apa, takutnya temen kalian mempunyai penyakit yang bisa membuat kalian susah. Tapi kalo kalian mempunyai penyakit itu juga, ya tidak masalah juga sih, Itu penyakit dengan definisi "rasa ketertarikan romantis dan/atau seksual atau perilaku antara individu berjenis kelamin atau gender yang sama. Atau yang biasa dikenal sama MAHO/HOMO/GAY. Jujur sekali, saya takut sekali kalau nantinya salah milih temen kontrakan hanya karena satu masalah yang kampret ini

Nah, beberapa poin di atas tadi semoga bisa kalian praktekan jika kalian mempunyai rencana ingin ngontrak bareng sama teman. Sata yakin, tidak sedikit dari Netizen yang juga lagi menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa. Byee....

Posting Komentar

Posting Komentar